pharadoxAvatar border
TS
pharadox
Pandangan Tentang Indonesia ~Japan TV Show~



Konon kita bangga dengan sebutan sebagai negara dengan penduduk yang ramah tamah, sopan santun dan menjunjung tinggi kesetiakawanan. Tapi tunggu dulu jangan terlalu kita bangga dengan sebutan “kuno” itu. Untuk membuktikan apakah nilai kesopanan dan keramahan kita bukan hanya cerita masa lalu, tentu kita perlu mendengar penilaian dari orang lain.


Quote:



Beberapa orang Jepang tidak tahu kalau Indonesia itu eksis. Entah merekanya yang memang buruk di mata pelajaran geografi atau karena negara kita masih kalah populer dibanding negara-negara Asia Tenggara lainnya, tapi mereka benar-benar ga tau tentang Indonesia. Beberapa malah mengira Indonesia itu negara yang sama dengan India. Kenapa? Soalnya dalam Bahasa Jepang, India disebut Indo, yang menjadikannya mirip-mirip dengan Indonesia.

Bagian paling menyakitkan adalah hilangnya negara kepulauan Republik Indonesia dari peta dunia yang dipajang di festival tahunan salah satu kampus, seperti gambar di atas. Referensi tentang Indonesia hanya masih berkutat pada budaya Jawa dan Bali.

Compare to other South East Asian countries, pamor kita masih kalah dengan Thailand dan Malaysia. Rata-rata orang Jepang pernah ke Thailand atau pengen kesana, sedangkan nama negara kita kadang tidak bisa mereka sebutinbutin dengan benar. Bahkan, di perpus kota Fukuoka, Malaysia punya rak pribadi khusus, sedangkan kita tidak punya. Begitu juga dengan di festival akbar "Dontaku". Malaysia punya pawai sendiri, sedangkan Indonesia, kita terbagi atas pawai "Bali" dan "Pelajar Indo Fukuoka". Dan penampilan kita sama sekali tidak spesial.


Quote:


Seperti yang dijelaskan di atas, orang Jepang lebih mengenal Jakarta dan Bali daripada Indonesia. Itupun mereka mengenalnya melalui tayangan komersil dari Indonesia, tanpa tahu detilnya. Berikut video salah satu acara di TV Japan mengenai Jakarta dan Bali


Quote:


Setelah melihat tayangan di atas, apakah agan tertawa karena kocak? bangga? malu? hanya mengiyakan? atau justru termotivasi untuk mengubah negeri ini jadi lebih baik?


Sources : Berbagai Sumber
Diubah oleh pharadox 11-10-2014 18:43
0
6.2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.