Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

diandraresaAvatar border
TS
diandraresa
BBM Naik? Tenang, Nih Tips Irit Mengatasinya
Di sini agan semua udah pada tahu lah, pasca presiden kita ngumumin kenaikan BBM jadi Rp 2.000 imbasnya harga sembako dan ongkos kendaraan umum pada naik semua.

Banyak yang protes ada juga yang diem doang meratapi nasib. Tapi kalau menurut saya yah gan percuma kamu protes juga toh udah terjadi, yang penting sekarang gimana kamu bisa hidup hemat tapi tetap bisa fun dan gak kekurangan gizi dan uang. Nih tips dari saya gan, semoga membantu agan semua di sini yah :

• Kurangi ke mall deh
Buat kamu yang anak mall, mending kurangi deh, daripada lapar mata akhirnya beli barang gak penting deh. Ke mall cukup dua minggu sekali kalau yang biasanya seminggu sekali. Atau kalau bisa sebulan sekali aja ke mall. Selebihnya jalan-jalan di taman kota atau museum kan bisa. Murah, hemat, dan belajar sejarah juga kan di museum. Piknik di taman kota tuh asyik kok sambil bawa bekal terus nikmatin matahari sore ngeliatin air mancur. Sekarang kan taman kota udah banyak yang direnovasi gan. Balik ke zaman dulu pas bokap nyokap jalan-jalan tuh, yang ke pantai, taman kota. Mall kan zaman dulu belum seperti sekarang yang banyak banget.

• Masalah transportasi
Ada beberapa penyelesaian gan. Pertama kurangi deh pemakainan kendaraan pribadi, hitung ongkos kalau lebih murah naik angkot atau metromini yah udah mending naik itu aja. Kedua misalnya nih kantor ortu dengan sekolah atau kampus dan kantor kamu searah, sejalan maksudnya. Ya udah nebeng aja, daripada keluar duit lagi buat ongkos kan? Ketiga kalau jarak rumah dengan tempat aktivitas dekat ya jalan kaki atau naik sepeda. Pintar-pintarlah mengatur biaya transport ini, kalau ada yang bisa diirit yah lakukan untuk penghematan.

• Buat kebun sendiri
Wew, tenang gan. Gak akan sulit kok. Kamu cukup menanam seperti cabai, sayur seperti tomat atau daun pEpaya. Bumbu masak dapur yang bisa kamu tanam di halaman rumah searching aja di google, banyak kok artikel tentang itu. Ini salah satu cara penghematan bahan memasak di dapur yang juga ikutan naik.

• Cari uang tambahan
Kalau gaji dirasa gak cukup coba cari uang tambahan deh dengan part time ngerjain proyek sampingan atau jualan online, tapi jangan sampe kerjaan utama kamu gak dikerjain yah.

• Buat perencanaan
Mulai biaya transport, bayar listrik, makan, pulsa, cicilan kredit, bayar telpon, hiburan, dll. Susun di awal bulan atau sebelum gajian. Jadi dari awal kamu udah tahu berapa perkiraan biaya yang dibutuhkan selama sebulan, seenggakanya kalau ada catatan bisa lebih terkontrol gan. Tapi jangan hanya di atas kertas, patuhi yah, disiplin dengan rencana yang dibuat.

• Nabung dan investasi
Biarpun BBM naik, nabung dan investasi tetap jalan dong. Ini kan untuk masa depan kamu, gak ada yang tahu kan apa yang akan terjadi nanti. Nabung minimal 10% aja, kalau emang biaya hidup kamu udah berat banget. Kalau kamu masih ada dana sisihkan deh 30% buat nabung dan investasi. Biarpun berhemat kamu tetap bisa meraih #KebebasanFinansial asal cermat mengatur finansial kamu.

sumber
Diubah oleh diandraresa 24-11-2014 08:17
0
1.3K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.2KThread5.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.