Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye

clarisatsAvatar border
TS
clarisats
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Hellooooooooooo agan kaskuser sekalian!
Tulisan saya akan mengulas seputar penggunaan meme internet (simbol atau lelucon yang simbolis yang merepresentasikan sesuatu) dalam mengkampanyekan brand atau produk tertentu. Meme internet ini cukup efektif dan terbilang murah karena hanya membutuhkan kreativitas dan bukan melulu uang.

Terlintas dalam benak saya bagaimana serial Ada Apa Dengan Cinta alias AADC yang sudah belasan tahun lalu tapi masih bisa menarik perhatian sampai hari ini. Usut punya usut, secara ilmu advertising, para konsultan yang berada di belakang brand AADC menggunakan meme internet untuk mengkampanyekan AADC lagi kepada khalayak muda hari ini. Dengan mengambil tema ringan dan lucu, nama AADC kembali menjadi viral (bak virus yang menyebar) dan memenuhi benak anak muda Indonesia dalam waktu singkat.

Ini contoh meme internet yang cukup legit dan mudah diingat:
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye

Karena meme internet ini lucu dan mengambil tema "Bekasi" yang sedang hot jadi perbincangan, efek AADC seakan tidak terbendung dan herannya, kekonyolan ini juga tidak serta merta merusak nama AADC. Justru, semakin banyak masyarakat yang tahu.

Sekarang, saya juga mau mengulas satu meme internet yang saya ramalkan akan jadi fenomena. Intinya adalah tentang upaya dari tim marketing buku "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" yang juga menerapkan meme internet sebagai sarana promosi.

Buku yang serius disulap seketika jadi konyol dan ringan. Entah, saya belum dapat data penjualan pastinya, tapi dari aspek brand recognition, ide membuat meme internet ini cukup fresh.

Sekedar pengetahuan saja, tim marketing dari buku "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" sudah cukup mewarnai jagad kaskus dan kalau diperiksa, sudah meminta perhatian lebih dari 40.000 kaskuser dalam sekejap.

Ini thread promosi yang menurut saya cukup cerdas karena tidak langsung "menghajar" sasaran tapi strategi soft sellingnya cukup brilian, yakni menggunakan metode testimoni. Pernahkah kita melihat iklan pasta gigi yang menggunakan metode serupa? Bahkan, penulis buku ini sampai mendekati grup band CJR untuk jadi duta brand demi menarik perhatian anak remaja. Worth a try.

Link: http://www.kaskus.co.id/thread/53734...rdaskan-miris/
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye

Link: http://www.kaskus.co.id/post/542144d...8b46897c8b456d
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye

Nah, berikutnya, ide yang sedang dikembangkan oleh tim marketing "TIGA TAHUN DARI SEKARANG"

Beberapa yang saya temukan adalah
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye
Bodoh Tapi Brilian! Penggunaan Meme "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" Untuk Kampanye

Well, tim marketing "TIGA TAHUN DARI SEKARANG" ini bisa menjadi contoh kasus bagaimana meme internet "menjual" lebih efektif dan melekat di benak masyarakat daripada beriklan secara terang-terangan. Sebenarnya kelihatan sederhana, kalau kaskuser sekalian suka baca 9gag.com, saya rasa situs itulah yang jadi inspirasinya.

BC, BD, BE - Be Creative, Be Dynamic, Be Extraordinary.
Cheers,
Clarisa T.
Intermatrix Communication
0
21.3K
130
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.