jimmy.k3Avatar border
TS
jimmy.k3
Gempa 6,8 SR Getarkan Jepang
*Liputan6.com, Tokyo -* Gempa bumi 
kembali mengguncang Jepang. Kali ini gempa dengan catatan awal 6,8 Skala Richter mengguncang Jepang tengah pada Sabtu malam.

"Guncangan panjang dirasakan dan dokumen-dokumen berjatuhan dari rak, tapi belum ada laporan tentang kerusakan," kata seorang pejabat di Desa Ogawa, Prefektur Nagano  dekat pusat gempa seperti dilansir NHK, Sabtu (22/11/2014) malam.

Namun NHK melaporkan Badan Meteorologi Jepang tidak mengeluarkan peringatan tentang tsunami. Dilaporkan pula, kereta-kereta api berkecepatan tinggi dihentikan. Namun sejauh ini belum ada laporan kerusakan serius dari gempa tersebut.

Sementara, Reuters mewartakan, guncangan dirasakan warga di ibukota Tokyo yang berjarak 110 kilometer dari pusat pusat gempa. Rumah-rumah mengalami kerusakan, namun belum dapat dipastikan jumlah korban luka. Gempa tersebut juga membuat laju kereta api super cepat dihentikan.

Sedangkan CNN memberitakan, gempa berkekuatan 6,8 SR itu berpusat di wilayah Nagano pada kedalaman 10 kilometer, terjadi pada Sabtu 22 November 2014 pukul 22.08 waktu setempat.

Juru Bicara Tokyo Electric Power Co (TEPCO), Kashiwazaki Kariwa, mengungkapkan tidak ada tanda-tanda penyimpangan di pabrik nuklirnya. Menurut dia, pemeriksaan dilakukan terhadap semua fasilitas pabrik, semua reaktor saat ini tidak dinyalakan.

Dua hari silam, seperti diberitakan NHK, gempa berkekuatan 5,3 SR juga melanda Jepang bagian utara. Namun saat itu tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan setelah gempa yang melanda Prefektur Fukushima itu.

Pada 11 Maret 2011, pesisir utara Jepang tersebut diguncang gempa bumi
 berkekuatan 9 SR atau yang terkuat yang pernah melanda Jepang. Gempa memicu tsunami besar. Tsunami tersebut menimbulkan krisis nuklir terburuk sejak insiden Chernobyl 25 tahun lampau. (Ans)
http://news.liputan6.com/read/213807...-jepang-tengah

Gempa 6,7 SR di Jepang Lukai 39 Orang

Metrotvnews.com, Tokyo: Dampak gempa bumi yang terjadi di Jepang pada Sabtu kemarin lebih besar dari perkiraan semula. Berdasarkan survei pemerintah dengan helikopter, Minggu (23/11/2014), terlihat kerusakan meluas di pegunungan kawasan Jepang Tengah, yang sempat dijadikan arena Olimpiade Musim Dingin 1998.

Sejumlah rumah di kawasan tersebut, yang biasa dijadikan arena wisata ski, hancur lebur. Sedikitnya 39 orang terluka, termasuk tujuh yang mengalami patah tulang serius.

Agensi Meteorologi Jepang melaporkan gempa di wilayah barat Nagano dengan kedalaman 10 kilometer itu berkekuatan 6,7 Skala Richter, bukan 6,8. Sementara Badan Survei Geologi Amerika Serikat mengukurnya hanya 6,2 SR. Karena gempa terjadi jauh dari laut, tidak ada ancaman tsunami.

"Saya tidak pernah merasakan gempa yang begitu kuat. Jalanan bergetar hebat," ujar Ryo Nishino, seorang pemilik restoran di Hakuba, kota wisata sebelah barat Nagano, pada NHK seperti dilansir Associated Press.

Sementara itu Otoritas Regulasi Nuklir Jepang mengonfirmasi tiga fasilitas nuklir di sekitar wilayah gempa baik-baik saja. Semua fasilitas nuklir Jepang sempat dimatikan sejak terjadinya gempa 9,0 SR yang memicu tsunami pada 2011.
http://metrotvnews.com/read/2014/11/23/322517
6,8 ; 6,7 ; 6,2... tauk akh... yang penting enggak terjadi tsunami setelah gempa 5,6 SR pada september lalu emoticon-Hammer2
tapi gempa kok hobi banget yah terjadi disana emoticon-Belo
0
1.5K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.