WAMINAvatar border
TS
WAMIN
Proyek Trem Surabaya Dapat Berkah Kenaikan BBM
TEMPO.CO, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membenarkan adanya anggaran dari pemerintah pusat sebesar Rp 11 triliun untuk proyek angkutan massal cepat (AMC) Surabaya. Dana itu hasil dari pengalihan subsidi bahan bakar minyak yang berbuntut kenaikan harga BBM.

Menurut Risma, pemerintah memasukkan dana pengalihan itu ke sejumlah proyek di beberapa kota. "Ada yang dibantu pengairan, jalan, kita (Surabaya) dibantu proyek AMC," kata Risma kepada wartawan di kantornya, Kamis, 20 November 2014.

Aliran subsidi itu dipastikan Risma akan diberikan untuk proyek pembangunan trem dan monorel yang sebelumnya sudah masuk dalam perencanaan Bappenas. Namun, untuk detailnya, Risma masih akan membahasnya dengan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Surabaya, Ahad, 23 November 2014.

Kepastian subsidi APBN itu tentu melegakan Pemerintah Kota Surabaya. Sebab, dengan demikian, biaya investasi tidak dibebankan kepada APBD Pemerintah Kota. Artinya, biaya yang diperlukan nantinya hanya untuk operasional. Ini bisa diambil dari keuntungan, tarif yang dibayar warga, dan subsidi. (Baca berita sebelumnya: Harga BBM Naik, Risma Akan Subsidi Angkot Surabaya)

Pemerintah Kota Surabaya hanya akan menanggung biaya sarana penunjang, seperti park and ride, feeder, dan trunk, yang menghubungkan dengan trem dan monorel. Pengadaannya pun bisa melibatkan swasta sehingga beban APBD semakin berkurang.

Risma mengatakan pembangunan trem akan dilakukan dengan reaktivasi jalur lama oleh PT Kereta Api Indonesia. Sedangkan pembangunan monorel akan menggunakan anggaran pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan.

AGITA SUKMA LISTYANTI
http://www.tempo.co/read/news/2014/1...h-Kenaikan-BBM

mari kita bangun semuanya emoticon-I Love Indonesia (S)
0
10.6K
143
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.