- Beranda
- The Lounge
Masih Bilang Mahal??? Ini Harga BBM di 160 Negara di Dunia (12 Fakta )
...
TS
uppage100
Masih Bilang Mahal??? Ini Harga BBM di 160 Negara di Dunia (12 Fakta )
Mohon maaf, kita diskusi sehat aja gan. Hati yg panas simpan dalam laci.
Langsung aja gan.
Di bawah ini ane sajikan perbandingan harga2 gasoline negara2 dunia.
(Dalam Rupiah)
Untuk Indonesia harga tercantum adl harga pertamax jadi tinggal disesuaikan saja dg harga premium yg lebih umum dipakai
diambil dari sini gan http://www.globalpetrolprices.com/gasoline_prices/
Fakta Pertama: di Harga Rp. 6.500,- Indonesia peringkat ke-16 termurah dari 160 negara di dunia.
Fakta Kedua : 9 Negara dari yg lebih murah itu adalah Anggota OPEC (member 12 negara) Indonesia terpaksa keluar OPEC tahun 2009 sejak menjadi net importir.
Fakta Ketiga: Tidak satupun Negara yg lebih murah itu menjadi importir minyak bahkan di range Rp. 8500 sekalipun.
NEGARA YANG PALING BANYAK MENGHAMBUR-HAMBURKAN APBN-NYA BUAT SUBSIDI BBM
Komparasi antara Konsumsi BBM, ekspor-impor, Nominal/kapita antara negara2 ASEAN.
Fakta Keempat: dari 11 negara ASEAN hanya Malaysia, Brunei dan Indonesia saja yg mensubsidi BBM-nya. Dari ketiga Negara ini cuman Indonesia yg net importir.
Fakta Kelima: Walaupun Timor Leste produksi minyak lebih tinggi dari konsumsi dalam negeri tetap memasang harga tinggi dan mendapat laba dari hasil penjualan minyak dalam negeri.
Sekarang coba kita lihat 10 negara pengkonsumsi BBM terbesar di Asia.
Fakta Keenam: Irak tidak mensubsidi BBM-nya walaupun menjadi pengekspor utama minyak dunia (anggota OPEC).
Fakta Ketujuh: Bahkan China yg ideologi ekonomi sosialis pun tidak melakukan subsidi.
Fakta Kedelapan: Indonesia negara net importir terbesar dunia yg masih mensubsidi BBM-nya.
Fakta Kesembilan: Indonesia negara pengkonsumsi BBM peringkat 14 terbesar di dunia dan kelihatannya bakal meningkat lagi akibat kebijakan transportasi yg salah dgn melalaikan infrastruktur transportasi massal.
coba simak fakta mengejutkan dari hasil penelitian Lucas Davis seorang Profesor ekonomi Universitas California.
Nih ada papernya, Ada ulasan tentang Indonesia juga.
sumber:http://energyathaas.wordpress.com/20...-gas-guzzlers/
Fakta Kesepuluh: Indonesia peringkat 3 tertinggi di dunia yg menghambur2kan APBN-nya untuk subsidi BBM.
Fakta Kesebelas: Akibatnya Indonesia menderita "deadweight loss" (kehilangan kesejahteraan) bernilai ratusan triliuan rupiah yg hanya jadi “asap knalpot” pertahunnya.
Fakta Keduabelas: negara satu2nya dari daftar "deadweight loss" di atas yg sangat tergantung terhadap impor. Mesir dan Equador memproduksi minyak melebihi konsumsi dalam negeri. Bahkan 7 negara sisa adalah anggota OPEC dgn kata lain pengekspor utama minyak dunia
Jangan2 terpaksa minta hutang gegara takut naikin BBM akibat APBN gak cukup.
terbayang tidak apa yg bisa kita lakukan jika subsidi dialihkan ke pembangunan baik INFRASTRUKTUR maupun pembangunan MANUSIA-nya?
Jika ada dana berlebih 1 triliun /hari akibat pengalihan subsidi maka (contoh) kita dapat membangun 1 bandara sekelas Kuala Namu tiap 1 minggu.
Semoga tulisan ini menambah wawasan moga jadi HT
Minta jika berkenan.
Minimal kasi
KEBIJAKAN SUBSIDI MAKIN DITINGGALKAN
Beban anggaran akibat subsidi BBM membuat banyak negara tak bisa mempertahankan kebijakan populis tersebut. Sebelumnya, praktik subsidi diterapkan oleh negara penghasil minyak di Timur Tengah, Asia Tengah, dan Asia Tenggara. Namun, meroketnya harga minyak sejak pertengahan dekade lalu serta terus meningkatnya konsumsi energi membuat subsidi tak lagi relevan.
Dana subsidi yang demikian besar dialihkan untuk sektor lain seperti infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.
Di sejumlah negara importir seperti Korea Selatan, Inggris, Belanda, Jepang, dan Singapura, BBM bahkan dikenakan pajak sangat tinggi. Pemangkasan subsidi juga dilakukan oleh sejumlah negara produsen utama seperti Venezuela, Arab Saudi dan Iran. Meskipun di negara-negara itu, harga BBM tercatat masih yang paling murah di dunia.
Langsung aja gan.
Di bawah ini ane sajikan perbandingan harga2 gasoline negara2 dunia.
(Dalam Rupiah)
Untuk Indonesia harga tercantum adl harga pertamax jadi tinggal disesuaikan saja dg harga premium yg lebih umum dipakai
diambil dari sini gan http://www.globalpetrolprices.com/gasoline_prices/
Fakta Pertama: di Harga Rp. 6.500,- Indonesia peringkat ke-16 termurah dari 160 negara di dunia.
Fakta Kedua : 9 Negara dari yg lebih murah itu adalah Anggota OPEC (member 12 negara) Indonesia terpaksa keluar OPEC tahun 2009 sejak menjadi net importir.
Fakta Ketiga: Tidak satupun Negara yg lebih murah itu menjadi importir minyak bahkan di range Rp. 8500 sekalipun.
NEGARA YANG PALING BANYAK MENGHAMBUR-HAMBURKAN APBN-NYA BUAT SUBSIDI BBM
Komparasi antara Konsumsi BBM, ekspor-impor, Nominal/kapita antara negara2 ASEAN.
Fakta Keempat: dari 11 negara ASEAN hanya Malaysia, Brunei dan Indonesia saja yg mensubsidi BBM-nya. Dari ketiga Negara ini cuman Indonesia yg net importir.
Fakta Kelima: Walaupun Timor Leste produksi minyak lebih tinggi dari konsumsi dalam negeri tetap memasang harga tinggi dan mendapat laba dari hasil penjualan minyak dalam negeri.
Sekarang coba kita lihat 10 negara pengkonsumsi BBM terbesar di Asia.
Fakta Keenam: Irak tidak mensubsidi BBM-nya walaupun menjadi pengekspor utama minyak dunia (anggota OPEC).
Fakta Ketujuh: Bahkan China yg ideologi ekonomi sosialis pun tidak melakukan subsidi.
Fakta Kedelapan: Indonesia negara net importir terbesar dunia yg masih mensubsidi BBM-nya.
Fakta Kesembilan: Indonesia negara pengkonsumsi BBM peringkat 14 terbesar di dunia dan kelihatannya bakal meningkat lagi akibat kebijakan transportasi yg salah dgn melalaikan infrastruktur transportasi massal.
coba simak fakta mengejutkan dari hasil penelitian Lucas Davis seorang Profesor ekonomi Universitas California.
Nih ada papernya, Ada ulasan tentang Indonesia juga.
Quote:
sumber:http://energyathaas.wordpress.com/20...-gas-guzzlers/
Fakta Kesepuluh: Indonesia peringkat 3 tertinggi di dunia yg menghambur2kan APBN-nya untuk subsidi BBM.
Fakta Kesebelas: Akibatnya Indonesia menderita "deadweight loss" (kehilangan kesejahteraan) bernilai ratusan triliuan rupiah yg hanya jadi “asap knalpot” pertahunnya.
Fakta Keduabelas: negara satu2nya dari daftar "deadweight loss" di atas yg sangat tergantung terhadap impor. Mesir dan Equador memproduksi minyak melebihi konsumsi dalam negeri. Bahkan 7 negara sisa adalah anggota OPEC dgn kata lain pengekspor utama minyak dunia
Jangan2 terpaksa minta hutang gegara takut naikin BBM akibat APBN gak cukup.
terbayang tidak apa yg bisa kita lakukan jika subsidi dialihkan ke pembangunan baik INFRASTRUKTUR maupun pembangunan MANUSIA-nya?
Jika ada dana berlebih 1 triliun /hari akibat pengalihan subsidi maka (contoh) kita dapat membangun 1 bandara sekelas Kuala Namu tiap 1 minggu.
Semoga tulisan ini menambah wawasan moga jadi HT
Minta jika berkenan.
Minimal kasi
KEBIJAKAN SUBSIDI MAKIN DITINGGALKAN
Beban anggaran akibat subsidi BBM membuat banyak negara tak bisa mempertahankan kebijakan populis tersebut. Sebelumnya, praktik subsidi diterapkan oleh negara penghasil minyak di Timur Tengah, Asia Tengah, dan Asia Tenggara. Namun, meroketnya harga minyak sejak pertengahan dekade lalu serta terus meningkatnya konsumsi energi membuat subsidi tak lagi relevan.
Dana subsidi yang demikian besar dialihkan untuk sektor lain seperti infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.
Di sejumlah negara importir seperti Korea Selatan, Inggris, Belanda, Jepang, dan Singapura, BBM bahkan dikenakan pajak sangat tinggi. Pemangkasan subsidi juga dilakukan oleh sejumlah negara produsen utama seperti Venezuela, Arab Saudi dan Iran. Meskipun di negara-negara itu, harga BBM tercatat masih yang paling murah di dunia.
Quote:
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
22.6K
176
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
925.2KThread•91.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya