Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mubarak.zimahAvatar border
TS
mubarak.zimah
(KPI LEBAY) KPI Ancam Hentikan Penayangan Serial Mahabharata di ANTV
(KPI LEBAY) KPI Ancam Hentikan Penayangan Serial Mahabharata di ANTV


Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan surat peringatan kepada pihak Anteve atas tayangan serial Mahabharata. Katanya, jika surat peringatan tak dipatuhi, tayangan serial ini bisa dihentikan.

Dalam surat Nomor 2582/K/KPI/11/14, tertanggal 6 November 2014, KPI menilai tayangan serial Mahabarata yang ditayangkan ANTV pada 1 November 2014 pukul 20.25 WIB melakukan sejumlah pelanggaran, antara lain:
1. tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan terhadap anak-anak dan remaja;
2. tidak memperhatikan ketentuan tentang penggolongan program siaran; serta
3. larangan adegan kekerasan yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

Secara lebih rinci disebutkan, katanya, program tersebut secara eksplisit menayangkan adegan perkelahian antara dua orang serta saling tendang dan memukul dengan menggunakan pedang hingga mengeluarkan darah. KPI menilai tayangan tersebut dapat menimbulkan kengerian dan ketidaknyamanan pada masyarakat.

“Perlu diketahui pelanggaran terhadap larangan adegan kekerasan secara detail dan menampilkan darah berimplikasi pada penghentian program siaran sebaimana diatur dalam P3SPS,” tulis KPI dalam surat peringatan yang dilayangkan.

Serial Mahabharata yang ditayangkan oleh ANTV diambil dari Epos Mahabharata. Salahsatu bagian (Parwa) dari Epos ini memang menceritakan tentang dahsyatnya perang saudara diantara keluarga besar Baharata, yakni antara “Pandawa” dari garis keturunan Pandu dengan “Kurawa” dari garis keturunan Drestrarasta. Peperangan sengit berlangsung di lapangan Kuruksetra yang dikenal dengan “Bharatayuda” (=peperangan keluarga Bharata).

Oleh kalangan umat Hindu, termasuk yang di Bali, Bharatayuda dipandang sebagai simbul peperangan antara “Dharma” (=kebenaran) melawan “Adharma” (=ketidakbenaran). Dalam perang yang dikisahkan berkecamuk selama 11 hari itu, memang terjadi beberapa kali perang tanding sengit antara tokoh di kedua kubu. Bhagawad Gita, salahsatu Kitab Suci Hindu yang sangat populer dan banyak dipelajari oleh berbagai kalangan di seluruh dunia, diintisarikan dari nasehat Bhasudewa Krisna kepada Arjuna menjelang peperangan berlangsung.

KPI, dalam suratnya, meminta kepada pihak ANTV Untuk melakukan evaluasi internal atas tayangan tersebut serta melakukan editing terhadap muatan kekerasan yang dinilai tidak sesuai dengan P3SPS atau memindahkan program siaran ke jam tayang dewasa yaitu di atas pukul 22.00 WIB. Jika permintaan ini tidak dipatuhi, katanya bisa berakibat pada pelarangan tayang sepenuhnya, yang artinya serial Mahabharata terpaksa dilarang tayang samasekali.


http://popbali.com/kpi-ancam-hentika...arata-di-antv/

KPI hanya melihat dari segi adegan kekerasanya saja, tidak menyimak petuah yg ada di dalamnya. Klo anda nonton ama anak anda serial Mahabaratha langsung sj kasi pengertian ke anaknya "klo terjadi perang beginilah jadinya, dunia akan hancur" begitu aja kok repot.
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
6.5K
40
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
35.1KThread25.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.