Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mashakoAvatar border
TS
mashako
Upah Buruh Sekitar Rp 6-7 juta sebulan, itu yang Ideal. Mirip yg Ditawarkan Prabowo!
Upah Ideal Buruh Bekasi Rp 7 Juta
MINGGU, 23 NOVEMBER 2014 | 05:01 WIB

TEMPO.CO, Bekasi - Buruh di Kabupaten Bekasi meminta upah lebih besar dari Kota Bekasi. Mereka meminta upah mininal Rp 3 juta. Agar tuntutannya dipenuhi, mereka sampai melumpuhkan kawasan industri, dengan memblokade setiap sudut jalan, Jumat, 21 November 2014.

Seorang buruh di kawasan industri MM 2100, Cikarang Barat, Budi, 35 tahun kepada Tempo menuturkan, dia ikut unjuk rasa karena gaji yang dia terima saat ini belum mencukupi kebutuhan sehari-hari. "Idealnya sebulan itu Rp 7 juta," kata pria asal Solo ini, Jumat, 21 November 2014. (Baca: Wali Kota Bekasi: Upah Buruh Tetap Rp 2,9 Juta)

Budi mengaku, sebulan dia mendapatkan gaji sekitar Rp 6 juta. Gaji sebesar itu habis untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan menyekolahkan anak. Adapun biaya cicilan sepeda motor miliknya, Kawasaki Ninja RR tahun 2014 seharga sekitar Rp 35 juta, sebesar Rp 1,3 juta sebulan. "Kalau sudah tanggal 20-an mepet banget, sudah mulai irit-irit," kata pria yang tinggal di Cibitung ini.

Budi membandingkan, buruh pabrik yang bekerja di Korea Selatan bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 21 juta. Karena itu, dia menginginkan upah lebih dari Rp 6 juta per bulan. "Syukur kalau bisa sampai Rp 10 juta. Sudah cukup kalau segitu," kata dia.
http://www.tempo.co/read/news/2014/1...ce=twitterfeed


Upah Lebih Besar dari Jakarta, Buruh Bekasi Belum Puas
Nov 22, 2014 at 11:16 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Meski telah mendapatkan besar Upah Minimum Kota atau UMK 2015 sebesar Rp 2,9 juta, atau lebih besar dari Rp 200 ribu dari Upah Minimum Provinsi (UMP) 2015 DKI Jakarta yang telah ditetapkan sebesar Rp 2,7 juta, namun para buruh di wilayah Bekasi masih merasa belum puas.

Ketua Umum Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI) Santoso mengatakan buruh di Bekasi sebenarnya meminta besaran UMK 2015 mencapai Rp 3,6 juta. Hal ini lantaran pemerintah belum lama ini telah menaikan harga BBM bersubsidi yang dinilai semakin membebani kehidupan buruh.

Namun upah buruh pada 2015 rata-rata hanya naik 10 persen. Nilai ini jauh dari hitungan riil kebutuhan hidup sejahtera. "Tuntutan dari kaum buruh yang meminta kenaikan upah di angka Rp. 3.642.263 sangat wajar. Karena angka ini berdasarkan data riil kehidupan buruh yang dihitung dari survei KHL ditambah dengan perhitungan inflasi tahun depan," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (22/11/2014).

Menurut Santoso, kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM mebuat inflasi melambung tinggi di angka 7.3% di akhir tahun ini. Di sisi lain kaum buruh juga harus menghadapi ketidakpastian dalam bekerja akibat sistem kontrak dan outsourching.

Ditambah lagi dengan liberalisasi tenaga kerja pada tahun 2015 sudah tidak terbendung ketika Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berjalan. "Pemerintah Kabupaten Bekasi tidak mau menggubris masukan dari buruh, bahkan surat rekomendasi DPRD pun tidak di gubris," katanya. Dewan Pengupahan Kabupaten Bekasi rencananya akan segera memutuskan kenaikan upah di Kabupaten Bekasi sebesar Rp 2,9 juta.

Angka ini jauh diatas perhitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) tahunan Bekasi yang ditetapkan sebesar Rp 2,5 juta. Namun, hingga saat ini Dewan Pengupahan Kabupaten Bekasi belum juga memberikan keputusan. Perundingan pun ditunda dan rencananya akan dilanjutkan pada hari ini.
http://bisnis.liputan6.com/read/2137...asi-belum-puas


Prabowo Janji Upah Buruh di Setiap Provinsi Rp 6 Juta Per Bulan
Minggu, 15 Juni 2014 20:53 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Presiden nomor urut satu Prabowo Subianto berjanji, menaikkan upah minimum di setiap provinsi (UMP) dua kali lipat dari nilai sebelumnya. Dengan begitu, Prabowo berharap terdapat kenaikan UMP di setiap daerah hingga rerata Rp 6 juta per bulan. "Akan kami naikkan 2,5 kali lipat, jadi Rp 6 juta per bulan," ujar Prabowo, saat Debat Capres di Hotel Gran Melia, Jakarta, Minggu (15/6/2014).

Prabowo juga janji menggelontorkan Rp 1 miliar ke seluruh Indonesia. Anggaran tersebut diambil dari pemangkasan anggaran kebocoran. "Saya akan alokasikan Rp 1 miliar minimal 1 tahun untuk tiap desa di Indonesia," tukasnya. Sementara dalam sektor pertanian, Prabowo akan membuka dua juta hektare lahan baru untuk petani.
http://www.tribunnews.com/pemilu-201...juta-per-bulan

Kelakuan Sofyan Wanandi: Dorong Jokowi Naikkan BBM, tapi enggan Tanggung Kenaikan Upah Buruh?
Quote:


---------------------------

Prabowo itu jenderal yang 'smarth' ... punya wawasan jauh ke depan, bukan pemimpin asal-asalan atau ecek-ecek, tau?


emoticon-Matabelo
Diubah oleh mashako 23-11-2014 03:47
0
8K
108
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.