Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ansarsafetyAvatar border
TS
ansarsafety
(Pertamina ambil alih)Sudah Cukup Lama Asing Kuasai Blok Mahakam Selama 50 tahun


Blok Mahakam yang berada di Mahakam, Kalimantan Timur merupakan salah satu blok migas yang terbesar yang ada di Indonesia. Dan Blok migas itupun telah dikuasai pihak asing selama 50 tahun. Hal ini disampaikan oleh Direkur Eksekutif Indonesian Resources Studies, Marwan Batubara.

Marwan mempertanyakan, mengapa kontrak blok Mahakam ini selalu diperpanjang. Padahal sudah 50 tahun pihak asing mengelola blok migas ini. Padahal cadangan migas di Blok Mahakam tergolong cukup besar.

“Banyak orang-orang partai yang dekat dengan kekuasaan yang memperpanjang kontrak blok Mahakam ini dengan alasan masa transisi. Mau sampai kapan? Jadi kita ambillah cadangan gas di blok Mahakam 2-10 DCF. Ini sangatlah besar. Tidak salah jika asing itu begitu ngotot,” ungkapnya.

Marwan pun mengungkapkan, Kontrak Kerja Sama (KKS) kedua dari 1997 hingga 2017, keuntungan blok Mahakam senilai US$ 1,47 miliar setiap tahunnya. Selain itu, hal yang tak kalah menggiurkan dari blok Mahakam adalah IRR (Internal Rate of Return) dari blok Mahakam adalah 28%, dari IRR rata-rata 12-28% untuk blok migas.

Sebelumnya IRESS menganggap PT Pertamina (Persero) telah mampu menggarap Blok strategis itu. Kini Blok Mahakam masih dikuasai oleh Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation. Kontrak kedua perusahaan migas asing ini di Blok Mahakam akan berakhir di 2017.

“Jangan sampai coba-coba CT memiliki pikiran untuk memperpanjang blok migas tersebut kepada Total dan Inpex,” paparnya.

Untuk itu, dirinya meminta kepada pemerintah untuk tidak menerapkan dalih-dalih tertentu. Marwan khawatir banyak kepentingan asing yang siap mendorong pemerintah saat ini untuk memperpanjang pengelolaan operasi Blok Mahakam kepada Total dan Inpex. (At)

sumur dalem boss http://www.kabarenergi.com/berita-su...-50-tahun.html

Buset dah 50 tahun blok mahakam di kuasai antek asing dan selalu di perpanjang kontraknya oleh mafia migas, kemudian permerintahan jokowi menyerahkan pengelolaan blok mahakam ke pertamina dan akan di kelola oleh anak bangsa terbaik
makanya saya nga heran boss kalau banyak yang nga suka ama jokowi karena banyak piring nasi yang hilang oleh jokowi

emoticon-Ngakak
Koment Boss
Diubah oleh ansarsafety 23-11-2014 01:55
0
3K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.