Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rogrianAvatar border
TS
rogrian
Tempat-Tempat dengan ujung nama -au, kok biasanya jauh ya .....
Indonesia itu Luaaasss.....dan Luaaar Biasaaaa
Saya seorang PNS yang kebetulan sempat beberapa kali ke sebagian tempat di Indonesia yang kebetulan waktu tempuhnya sangat panjang, walaupun hanya lewat darat. Catatan lain, jangan terlalu serius bacanya, thread ini untuk santai aja, dan saya ga punya motif politik apapun di sini.

Waktu saya ditugaskan di Kalimantan Barat, Pontianak, saya mendapatkan penugasan juga ke luar kota beberapa kali ke pintu-pintu penghubung NKRI dengan tetangga kita Malaysia (jangan dipisah bacanya, Malay sia', karena kalo dalam bahasa Sunda kedengarannya jadi kasar banget). Yaitu Aruk (Sintete), Nanga Badau, Jagoi Babang, dan Entikong. Pernah dengar nama empat tempat itu ? Kalo ga pernah, saya maklum, karena beberapa versi peta kita ada yang tidak mencantumkannya.

Nah ada beberapa tempat lain di Kalimantan Barat ini juga yang waktu tempuh dan medannya cukup berat, sebut saja Putussibau, Meliau, Sekadau, dan Nanga Ketungau.

Coba kita perhatikan, Nanga Bad(au), Putussib(au), Meli(au), Sekad(au), Nanga Ketung(au) --> semua punya akhiran -au, dan kebetulan jauh semua dari Pontianak (apalagi dari Jakarta).

Untuk ke Badau, kita bisa menempuhnya lewat Putussibau, waktu tempuh darat 20 jam s.d. 24 jam dari Ponti, plus tambah sekitar 3 jam lagi dari Putussibau sendiri. Kalo dari Entikong sekitar 4 - 6 jam tapi harus lewat Malaysia (?). Lewat Malaysia ? Iya, harus nunjukkin paspor. Dari Ponti ke Entikong sendiri bisa 7 - 10 jam.

Ke Sekadau ? wuah, sama jauh.....

Tapi....terlepas dari jauhnya itu, saya bisa melihat dan merasakan, betapa luas dan kayanya negeri ini. Di Kalbar saja, bahasa daerahnya kalau kita travel ke tengah, sudah beragam sekali, bahasa Sambas (agak mirip betawi), Sajingan, Ahe, Iban, dan sebagainya.......belum bahasa Melayu, bahkan kalo ditambah bahasa Tionghoa, ada dialek Tiociu dan Kek (entah apa itu sama atau tidak ama Mandarin), unik deh.....Indonesia memang kaya sekali budayanya.

Nah itu baru Kalimantan Barat, bahkan belum menyentuh bagian selatannya Kalbar yang masih ada Ketapang dan lain-lain.... Belum bagian Indonesia lainnya......
Saya ga yakin ada negara lain yang bahasa, budaya, dan keunikannya bisa menyaingi kita, dari segi baik kuantitas, kualitas, maupun keharmonisannya.
Dan satu yang sangat kagumi sebenarnya, beragam budaya itu, bahkan agama, di negeri ini bisa nyatu tanpa ribut-ribut. (ada juga sih ribut beberapa kali, tapi kayaknya itu lebih karena hasutan, atau karena "tidak menjunjung langit tempat bumi dipijak" saja...bukan karena pihak-pihak itu bermusuhan secara alami...)

Tapi, kalo kita kembali ke judul Thread ini, coba Anda perhatikan nama-nama tempat berikut, dan silakan lihat di peta, dan tarik garis lurus ke Jakarta. Judul thread ane pasti sesuai .....
Sekali lagi, thread ini buat santai aja ya ...... emoticon-I Love Indonesia (S)

Nama-nama tempat yang ujungnya -au
Bau-bau (Sulawesi Selatan)
Malinau (Kalimantan Utara)
Sekadau (Kalimantan Barat)
Nanga Ketungau (Kalimantan Barat
Meliau (Kalimantan Barat)
Sanggau (Kalimantan Barat)
Nanga Badau (Kalimantan Barat)
Semitau (Kalimantan Barat)
Ranau (Sumatera Selatan)
Lubuklinggau (Sumatera Selatan)
Riau (mungkin ?)
Sirimau (Maluku)
Tatamailau (Timor Leste)
Berau (Kalimantan Timur)
Pulangpisau (Kalimantan Tengah)
===============bagaimana ? Sudah dicek ? Betul Khan ....? emoticon-Ngakak

Bagaimana dengan tempat/kota yang namanya diulang, contoh :
Bau-bau (Sulawesi Tenggara)
Pare-pare (Sulawesi Selatan)
Fak-fak (Papua)
Toli-toli (Sulawesi Tengah)
Hehehe.......
Sekali lagi .....santai ya.....emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadikan referensi aja buat nyari tempat berlibur...siapa tahu minat .....

Link Gokil lainnya :
Gokil 1
Gokil 2
Gokil 3
Gokil 4
Diubah oleh rogrian 30-05-2014 03:42
0
3.5K
39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.