Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Curriculum Vitae - Hal Penting dalam proses Recruitment yang Sering Dilupakan

kibarksAvatar border
TS
kibarks
Curriculum Vitae - Hal Penting dalam proses Recruitment yang Sering Dilupakan
Spoiler for WAJIB BACA !!!:


Pernah merasa sering kirim CV ke banyak perusahaan tetapi ga dipanggil-panggil ?

The biggest question is WHY kita ga dipanggil padahal sudah spent waktu, tenaga dan uang untuk mengirim CV ?

Daripada jauh-jauh mempersiapkan diri untuk sesi interview (cara duduk, cara menyampaikan maksud, cara mengerjakan psikotest dan lain lain), padahal itu belum terjadi, ada baik nya kita Fight supaya kita dapat dipanggil terlebih dahulu, baru deh mikirin caranya menghadapi Interview itu.

Langkah Awal:
1. Cek CV anda! ini akan dibahas di bawah nanti
2. Cek alamat email dari perusahaan yang anda tuju apakah sudah benar atau belum. Salah satu karakter aja sudah fatal.
3. Cek judul dari email anda, apakah sudah jelas dan atau sesuai dengan Posisi yang ingin anda lamar. Kadang di judul cuma ditulis "CV" atau "Curriculum Vitae" atau "Surat Lamaran" yang judul-judul seperti ini kemungkinan besar tidak dibuka oleh recruiter dan bahkan langsung dihapus. Judul harus jelas, misal: mau lamar sebagai accounting, maka judul nya harus ditulis "Surat Lamaran Untuk Bagian Accounting" atau sesuai dengan instruksi dari perusahaan nya untuk Bagian Judul.
4. Cek di bagian badan email, kata-kata nya harus Profesional, Tertata, dan jangan sampai TYPO atau salah ketik.
5. Cek No Handphone di CV, jangan sampai salah dan harus selalu Aktif!

CEK CV ANDA!
apakah sudah cukup menarik bagi calon Interviewer untuk memanggil anda dan proses lebih lanjut. Berikut ada beberapa contoh mayoritas CV:
Quote:

Ini adalah contoh CV yang paling TIDAK BAIK, memang di satu sisi Singkat dan Padat tetapi ini Tidak Jelas gan. Agan-agan boleh nilai sendiri, kalau agan sebagai Recruiter apa tertarik dengan profile di CV ini?
Quick Tips: tanpa maksud merendahkan, tapi ini sering dibuat oleh lulusan di bawah S1, semoga setelah melihat thread ini dan mungkin konsultasi dengan yang pakar ini CV nya bisa diperbaiki.

Quote:

Nah ini contoh CV yang sering dibuat oleh Fresh Graduate S1, lebih bervariasi dengan yang di atas (ada warna nya), tetapi sama saja ini Singkat, Padat dan Tidak Jelas gan.
Quick Tips: kalau fresh graduate tolong kalian tekan kan di bagian Organisasi & Training & Certificate, lalu diterangin ngapain nya dengan kata-kata profesional, menarik dan jelas maksud nya. Oke supaya lebih dapat inspirasi lagi monggo dibaca lagi ke bawah.

Quote:

Nah ini contoh yang paling sering dibuat oleh orang sudah bekerja beberapa tahun lalu malas membuat CV baru sehingga memanfaatkan Template / Format yang disediakan oleh salah satu JobPortal, sekali lagi ini bukan contoh yang baik, karena dari sisi recruiter pasti akan menilai bahwa kandidat ini daya kreatifitas nya rendah, dan kalau pun dipanggil karena tidak ada kandidat lain yg melamar (alias pilihan terakhir).
Quick tips: Tolong jangan pernah memakai Template Standard lebih baik bikin sendiri saja.

Quote:

Nah contoh terakhir ini adalah contoh CV yang menurut ane sebagai recruiter adalah CV yang menarik hati untuk dipanggil. WHY? karena ini Jelas, Profesional (tertata rapih), Well Educated (using English) dan Menjelaskan maksud nya dengan baik. Tetapi hanya satu kurangnya yakni terlalu panjang, CV yang baik itu adalah CV yang panjang nya maksimal 2 lembar, sehingga recruiter tidak perlu membaca terlalu lama. Quick Tips: di bagian work experience cukup ditulis 3 pekerjaan terakhir saja, karena paling related / berhubungan dengan posisi yang ingin di lamar, sehingga pengalaman-pengalaman masa lalu yg ga perlu di tulis toh ga ada ngaruh nya atau ga related (buat apa juga).

Intinya CV itu harus Singkat, Padat dan Jelas dengan Bahasa yang profesional, tertata rapih dan jelas maksud nya; tidak perlu bahasa inggris it's OK tetapi dengan menggunakan bahasa inggris maka akan sangat menambah nilai positif (Well Educated) dan karena kita menuju AFTA 2015 (semoga kalian tahu ini apa) maka sangat besar harapannya untuk bisa berbahasa inggris supaya bisa bekerja di Perusahaan Multinasional (yang pasti akan sangat banyak setelah tahun 2015).

Last but not least, ini hanya kulit nya saja karena masih banyak lagi yang sebenarnya bisa dibahas mengenai topik CV ini. Ini ada rekomendasi untuk kalian jika ingin konsultasi lebih lanjut tanya saran mengenai CV kalian sudah OK atau belum nya, kirimkan saja email CV kalian ke Stanny@kibarks.comdengan subject "SARAN CV" nanti akan diberikan short tips agar CV kalian lebih baik.

Semoga bahasan ini ada manfaat nya. Thanks a lot..
Diubah oleh kibarks 14-11-2014 10:42
0
2.3K
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.