Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mubarak.zimahAvatar border
TS
mubarak.zimah
Sopir Angkot: Mobil Bagus Gitu Kok Ikut Antre BBM Subsidi, Enggak Tahu Malu
JAKARTA, KOMPAS.com - Para sopir angkutan umum mengeluhkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp 2000 per liter yang diumumkan Presiden Joko Widodo, Senin (17/11/2014) malam. Mereka meminta kebijakan kenaikan harga BBM ini hanya berlaku bagi kendaraan pribadi. Hal itu disampaikan Purganta (31), seorang sopir taksi di Ibu Kota.

Menurut Purganta, kenaikan harga BBM ini seharusnya tak berlaku bagi angkutan umum. Alasannya, kenaikan ini akan berpengaruh pada tarif angkutan. Dia khawatir para penumpang akan beralih menggunakan alat transportasi lainnya.

"Kalau begini kita yang susah. Masyarakat kecil yang kena. Makanya Pak Jokowi, tolong mobil pelat kuning kayak kita ini tetap disubsidi. Agar kami juga enggak perlu naikin tarif," ujar Purganta, saat dijumpai ketika tengah mengantre di salah satu SPBU, di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin malam.

Sopir angkutan umum lainnya, Taufik (30), juga berpendapat sama. Selama ini, menurut dia, mobil pribadi juga ikut menikmati BBM bersubsidi.

"Sekarang mas lihat sendiri, banyakan mana angkot atau mobil pribadi yang antre BBM ? Mobil bagus-bagus gitu kok ya ikut antre, enggak tahu malu," kata Taufik.

Terkait subsidi BBM, Taufik mengaku sudah mengetahui bahwa subsidi akan dialihkan ke program-program pro rakyat. Secara prinsip, ia setuju dengan kebijakan tersebut. Namun, ia tetap berhadap Jokowi juga memerhatikan keberlangsungan angkutan umum dengan kenaikan harga BBM ini.

Pendapat berbeda disampaikan seorang sopir taksi, Achmad (46). Dia tidak mempermasalahkan kenaikan harga BBM, asalkan pengalihan subsidi BBM untuk sektor pendidikan dan kesehatan berjalan baik. Ia merespons positif pengalihan subsidi BBM.

"Jangan sampai BBM udah dinaikin, tapi cairin (uang) di kartu-kartu itu (Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar) susah," kata Achmad


http://nasional.kompas.com/read/2014...ggak.Tahu.Malu

Mobil Aja Pada Jazz Sampai Fortuner Dan Motornya Ninja Tapi Kok Bensinnya Premium Bersubsidi?
0
2.9K
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.4KThread42KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.