Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sawormanAvatar border
TS
saworman
[Ask] Tips Sukses Tirakatan
Misi gan, puh mohon petunjuk.

Gini puh, nubi sering denger kata laku tirakat untuk mendapat benefit berupa suatu ilmu atau suatu kemampuan atau mungkin pusaka. Namun jarang sekali yang membahas secara detail proses laku-laku tersebut dari mulai persiapan sampe pasca lelaku.

Nubi pernah juga melakukan mutih (siang puasa, sorenya buka hanya sekepal nasi putih dan segelas air putih) sampe 7 hari. Nubi juga pernah ngebleng (gag makan dan gag minum sama sekali) sampe 3 hari 3 malem. Akan tetapi nubi masih ngrasa belum mendapat benefit yang maksimal.

Yang pingin nubi tanyakan :
  1. Persiapan apa saja yang dilakukan sebelum melakukan tirakat ?
    Nubi pernah denger kalo sebelum tirakat harus mandi keramas dahulu, mohon pencerahan dari sesepuh sekalian.
  2. Untuk tirakat yang gag makan & minum sama sekali (ngebleng, patigeni dan nglowong) bagaimana agar dapat bertahan (kuat) menahan lapar dan dahaga sampe begitu lama ? 3 hari 3 malam tak makan & minum bagi nubi pun dah terasa berat banget apalagi kalau lebih dari itu.
  3. Untuk tirakat tak tidur (pati geni, lek-lekan) bagaimana cara menahan kantuk ? Nubi sendiri lebih kuat gag makan daripada ga tidur.
  4. Apa yang dilakukan selama tirakat ? Misal saat patigeni apa kita diem saja atau semedi atau dzikir ? Kalo pingin sholat gimana ?
  5. Larangan apa saja bagi pelaku tirakat ? Misal untuk patigeni boleh ngalamun ga, boleh jalan-jalankah dll ?
  6. Untuk tirakat kombinasi (sambungan) misal habis mutih disambung patigeni gimana ngitungnya ? Misal mutih 7 hari disambung patigeni 1 hari brarti kalo mulai senin brarti pas minggunya buka mutih dulu apa ga ?
  7. Secara umum mohon dijelaskan tentang manfaat(benefit yang mungkin kita dapat) dari tiap-tiap laku tirakat.
  8. Untuk memulai tirakat biasanya ditentukan harinya (hari tertentu), adakah korelasi antara tirakat dengan hari ? Misal tirakat tertentu yang bersifat panas apabila dilakukan mulai pada hari yang bersifat panas juga maka akan mendapat benefit ilmu-ilmu yang beratsar panas.
  9. Mohon di share tentang filosofi dibalik lelaku-lelaku yang diwariskan oleh leluhur kita.


Untuk sementara pertanyaan dari nubi segitu aja, mohon pencerahanya. Nubi berharap bisa saling asah asih asuh disini, kurang lebihnya nubi mohon maaf.
0
13.3K
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Supranatural
SupranaturalKASKUS Official
15.6KThread11KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.