hbbnwrAvatar border
TS
hbbnwr
mengenal dan belajar "BAHASA GAUL MAKASSAR"


Kaskuser Indonesia, ada yang pernah ke makassar.?? Pernah dengar bahasa gaul di makassar.?? mungkin sebagian orang Indonesia terasa asing klo mendengarnya karena tidak sesuai dengan Ejaan yang disempurnakan (EYD).hehehe

Untuk itu mari kita Mengenal dan Belajar "Bahasa Gaul Makassar"

yang sudah tau (orang makassar) gak usah ikutan yah.hahaha (becanda ji kodong)..karena ini yang belum tau saja supaya mereka tahu juga bahasa gaul makassar.hahaha

Oke, mari kita bahas satu persatu bahasa gaul yang hampir selalu digunakan di makassar.. :

1. KI'
Ki' kepanjangan dari Kita/Kita' atau Kita(k) yang berarti KAMU atau ANDA atau Lu. Tapi lebih sopan. Contoh penggunaan dalam kalimat: DIMANAKI'?artinya: Kamu dimana sekarang? Biasa digunakan untuk orang yang lebih tua dari anda seperti orang tua, kakek, nenek, om, tante dan kakak karena kata ini terlihat lebih sopan. dan klo di makassar ada cowok atau cewek yang lagi PDKT biasa menggunakan ki' pertanda kemungkinan dia naksir sama kamu Tapi jangan GR dulu.. Banyak sekarang anak muda di Makassar pake Ki' dengan sesamanya.. Karena memang agar terlihat sopan

2. KO

Kalo kata KO Sama juga dengan Kamu.. Cuma ini bukannya kurang sopan, cuma lebih akrab digunakan buat teman-teman sebaya dengan anda contoh: Mauko kemana? artinya: Kamu mau kemana? Sama seperti anak Jakarta.. Cuma klo di jakarta kan pake 'Elo!' Kalo di Makassar dia pake' 'KO!' Begitu .. Jangan pernah pake KO ke orang tua, guru, dosen, atau yang lebih tua dari kita karena kata ini sangat TIDAK SOPAN banget!!

3. OKKOTS
Orang Makassar itu kebiasaan dengan kata OKKOTSnya, apa itu OKKOTS? OKKOTS merupakan kelebihan G dan kekurangan G.
Contoh: ayo pergi makanG deh.. sudah itu pulan miki.. artinya: ayo pergi makan.. sudah itu kita pulang.. *HIDUP OKKOTSS!! YEAH.. jangan malu untuk ber-OKKOTS, temanG-temanG Makassar!! emoticon-Ngakak

contoh lainnya dalam bentuk video yang saya ambil dari youtube :
[YOUTUBE]


[YOUTUBE]


Sebaiknya lihat, dengarkan apa mereka katakan dalam video tersebut maka kalian akan mengerti dengan apa itu kata OKKOTS emoticon-Ngakak

4. MI / JI ..
Mi dan Ji itu merupakan kata imbuhan.. contoh: AYO'MI!itu artinya seperti AYO LAH!! Kalo imbuhan JI, contoh penggunaan kalimatnya seperti ini: saya mau ji yang kesana.. artinya: saya mau (akan) ke sana..

5. Tawwa..
Tawwa itu seperti pujian buat orang atau biasa digunakan untuk menggodai orang. Contoh dalam kalimat: CIE TAWWA.. YANG JADIAN! artinya: cieee yang udah jadian.. atau.. Liatko tawwa Si Beni.. Bagus nilainya artinya: Liat tuh Si Beni.. Bagus nilainya!!

6. Anu..
Oiya, jangan heran kalo orang di makassar sangat banget bilang ANU.. Anu ini bukan anu yang macam-macam.. Kadang-kadang ANU, dipake kalo misalnya orang itu sedang lupa atau memikirkan kata apa yang mau diucapkan.. contoh: Aduh itueee.. Si Anu.. Saya lupa namanya..

7. Kodong

Kodong itu bukan singkatan dari kedondong.. Kodong itu ekspresi kesedihan atau kekecewaan. Contoh: Hilang dompetku KODONG.. hiksss!! artinya: Adduhh, dompet gue hilang.hiksss!! Terus balasan yang cocok untuk ekspresi diatas adalah: Kodong! Hilang dompetmu? Selama' yaaa!! artinya: Loh kehilangan dompet? Kasian deh Loh!! emoticon-Ngakak

8. WE!!
Gaya memanggil orang Makassar, biasanya kan HEY! , kalo di Makassar terkenal dengan WE-nya! Contoh: WE Joni tungguka'!! artinya: Hey Joni tunggu saya

9. BEDE'
BEDE' (cara bacanya BEDE' -E.nya sama dengan penyebutan kata tempe)
itu sejenis kalimat tambahan untuk kata 'KATANYA'..
contonya dalam kalimat.. katanya bede' justin bieber joget sambil kayang! ,kalo diartikan jadinya: eh katanya justin bieber, joget sambil kayang lho!

Tambahan lagi :

10. KA'
kata KA' atau K' (dibaca KAK) bukan berarti KAKAK, kata KA' ini berarti saya
contoh kata:
tunggu[ka'] = tungguka' = tunggu saya
mau[ka'] = mauka' = saya mau
contoh dalam kalimat:
Joni tungguka' artinya: Joni tunggu saya
Mauka' makan PIZZA artinya: saya mau makan PIZZA
Tidak mauka' deh nnti di marahika' maceku artinya: saya tidak mau nanti saya di marahi ibuku

11. JA'
Kata JA' (dibaca JAK) kata ini merupakan kata Imbuhan juga seperti MI / JI (lihat no. 4 diatas) tapi biasa ini melekat dengan kata contohnya
mau[ja'] = mauja'
seperti[ja'] = sepertija'
contoh dalam kalimatnya:
tidak mauja' saya deh artinya: saya tidak mau deh
saya tidak sepertija' dia artinya: saya tidak seperti dia


Kata gaul lainnya yang sering digunakan anak-anak Makassar
1. Apa deh!! artinya: Apaan sih?
2. Angngapeko? artinya: Elo kenapa?
3. Asala' kau ji, artinya: Terserah kamu aja deh!
4. Ambe' mua mi.. artinya: Ambil aja semua!
5. Allengasemmi, artinya: Ambil aja semua!
6. Apa mi poeng.. Terlanjur mi, artinya: yowes.. udah terlanjur juga..
7. Bella naaaa, artinya: JAUHnyaaaa..
8. Bagaya ee, artinya: banyak gaya lo!
9. BAGA, artinya: Bodoh!
10. Ballisikku kawee, artinya: aku sebel tau!
11. Bedededeh, artinya: WAH!
12. BAKKA'na! artinya: besarnya!
13. Calleda', artinya: genit atau banyak gaya!
14. Candoleng-doleng, artinya: kalo nda salah sih ini nama penari di daerah SulSel cuma dibawakan sama banci *KATANYAAAAA...
15. Cipuru' ka, artinya: saya lapar
16. Cesss, artinya: teman!
17. Dongo', Dompala' dan Dondolo'.. artinya: Bodoh, bego ,dkk *agak kasar!
18. Dahsyatnya arrakadaaa'! artinya: alamak! dahsyatnya *bahasanya mama'ku!
19. EPEN kah? artinya: Emang Penting?
20. Ededeh! artinya: seruan kalo misalnya lagi mengeluh. Contoh: Ededeh! Sakitnya! Yah sodaraan sama kata "Aduh!"
21. KAMASE/KAMASEANG artinya: KASIAN! *selalu muncul di postingannya Alstrojo
22. Kenapsko? artinya: Kenapa kamu? *kenapa digaulkan menjadi KENAPS?
23. Kampudess artinya: Kampungan
24. Lale na inie artinya: Kamu genit ah! Lale itu genit
25. Lannya' artinya: Hilang
26. Manyyu'! artinya: *ungkapan kekesalan
27. Nganre artinya: Makan
27. Pergima!! artinya: Saya pergi!!
28. Patardes artinya: bohong!
29. Palla' na! artinya: Jagonya!
30. Palukka' artinya: pencuri
31. Rantasa' artinya: jorok
32. Rotasa' artinya: berantakan, jorok
33. Rapa-rapa dudukoo, artinya: kamu sih.. tergesa-gesa!
34. Sante mako nah! artinya: eh elo sante aja kaleee..
35. Tanja' na e.. artinya: muka'mu.
36. Tabe'! artinya: permisi!
37. Talekang, artinya: banyak gaya
38. Tappu'ma artinya: saya sudah putus.. Tappu itu kebalikan kata dari latto'.. latto' artinya jadian
39. Upa'! artinya: untung besar
40. Ta'bangka! artinya: KAGET!
41. Ya dendeeee artinya ekspresi menakut-nakuti, contoh: Ya dendeee ada setanGG di belakangnu!
42. Lending artinya : berduaan dgn pacar(pacaran)
43. Pangrasuh-rasuh artinya : nakal/brutal/bengal
44. Nassa mi artinya : sudah pasti
45. Kamaseangna artinya : Kasihannya
46. Tinro/Katinroang artinya : Tidur/Tempat Tidur
47. Mempo/Pamempoang artinya : Duduk/Tempat Duduk
48. Sari'battang artinya : Saudara
49. Pa'sari'battangngang artinya : Persaudaraan
50. Mangge/Ammak artinya : Ayah/Ibu
51. Panra artinya : Rusak
52. Tena Doek artinya : Tidak Ada Uang
53. Battala' artinya : Gemuk
54. Gammara' na artinya : Bagusnya
55. Bambang' na artinya : Panasnya
56. Karoppo artinya : kerupuk atau snack
57. Mas koke' koke' artinya : penjual mainan
58. Botto' artinya : Busuk
59. Tarattu artinya : kentut
60. Ikan Bolu artinya : Ikan Bandeng
61. Pete' Pete' artinya : Angkutan Kota
62. Kapang (bukan okkots ini na..begituji juga yg ku dengar) artinya : mungkin
63. Iyo artinya : Iya (Ini bukannya kurang sopan, cuma lebih akrab.)
64. Iye artinya : Iya (Lebih Sopan)
65. Pore nu ! Artinya : Enak Aja !
66. Pocci Artinya : Pusar
67.Pace artinya : Seorang Ayah
68.Mace artinya : Seorang Ibu
69.Kace artinya : Seorang Kakak

Yah itu mo dulu nah! 69 kosakata bahasa gaul Makassar! Soalnya banyak sekali... Buat anak Makassar yang mau menambahkan silahkan komen saja di postingan ini,

Susah memang kalo mau belajar instan, harus banyak dan intens berkomunikasi dengan orang Makassar! Dijamin seminggu belajar, langsung bisa!.. Hehehehe

Postingan di atas diambil by alstrojobaru.blogspot.com

Ini salah satu percakapan anak makassar yang lagi PDKT gan

Versi Bahasa gaul Makassar :
anto : Hallo anti lagi ngapainki'ini (malam minggu)..??
anti : dirumah ji, lagi nonton..kenapa kh..??
anto : ohh..mau saya mau ajakki' malam mingguan
anti : mau malam minggu ke mana.??
anto : ndak tau mi..mungkin jalan-jalan atau nonton di twenty one (TO) toh.hehe, ndak ada ji yang marah toh klo saya ajakki' jalan-jalan
anti : (mikir) mmmm...ndak ada ji iyya..nanti pi saya lihat na karna sapa tau maceku mau ditemani ke pengantin
anto : ohh..nanti sbntr malam sy bbmki' lagi na
anti : iya


versi Indonesia :
anto : hallo anti lagi ngapain (malam minggu)..??
anti : di rumah lagi nonton, ada apa yah..??
anto : ohh..saya mau ajak kamu malam mingguan
anti : malam minggu mau ke mana.??
anto : saya gak tau, mungkin saya ajak jalan-jalan atau nonton di twenty one..hehe, gak ada yang marahkn klo saya ajak jalan-jalan
anti : (mikir) mmmm...gak ada yang marah, nanti saya lihat karna sa[a tau mamaku mau ditemani ke pengantin
anto : ohh..sbntr malam saya bbm lagi yah
anti : iya

sekarang bisa dibedakan gan.hehehe

Tambahan kata dari kaskuser dari Makassar :

Quote:


Quote:


beberapa komentar yang ane jawab :

Quote:


ini bukan kata sumpah serapah gan, tapi asli bahasa gaul dari makassar gan...

klo agan ke makassar atau ketemu dengan anak makassar dengan bahasa gaulnya pasti menggunakan bahasa gaul diatas gan.hehehe emoticon-Cendol (S)

Quote:


iya gan mengerti klo agan bukan orang makassar, keberadaan bahasa gaul ini cuma di makassar saja gan & klo pun orang makassar keluar daerah seperti mereka ke Jakarta, bandung atau kota lainnya, mereka (orang makassar) tidak akan pernah memakai bahasa gaul ini, mereka akan kondisikan dengan daerah setempat yang mereka akan tinggali


Quote:


iya emang keren gan bahasanya emoticon-Jempol bisa dijadikan kata sandi gan emoticon-Ngakak

klo mau dijadikan bahasa gaul kaskus boleh juga tuh emoticon-Ngakak ane dukung gan yang penting dibuatkan dulu proposalnya ke adminnya kaskus emoticon-Ngakak

Quote:


ane curiga agan dari makassar... emoticon-Ngakak

kata-kata itu kasar yang sangat dibenci oleh orang makassar gan, klo bisa jangan digunakan kata-kata itu klo berkunjung atau datang ke kota makassar karena kata itu sangat sakral banget gan & klo digunakan kata itu di Kota Makassar, apalagi dengan berteriak-teriak sambil menunjuk-nunjuk ke semua orang di depan umum, ane yakin gan tuh semua orang akan keroyokin agan sampai babak belur emoticon-Ngakak jadi ane gak jamin keselamatan agan di Makassar jika menggunakan kata-kata itu emoticon-Ngakak

untuk itu, ane sengaja gak posting yang kasar-kasarnya gan emoticon-Ngakak

Quote:


Thread Ane yang lain gan :
1. Mari Mengenal dan Belajar "BAHASA GAUL MAKASSAR"
2. Sekilas Perbedaan Suku Makassar dan Suku Bugis - Bagian Pertama
3. Sekilas Perbedaan Suku Makassar dan Suku Bugis - Bagian Kedua (Habis)
4. Tokoh Terkenal Bugis/Makassar yang tdk dikenal oleh org bugis/makassar
Diubah oleh hbbnwr 27-11-2018 16:22
anasabila
4iinch
aldinoriski2054
aldinoriski2054 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
460.4K
327
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.