Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sabil.haqAvatar border
TS
sabil.haq
"Inspiratif" Darto, Guru SD Sulap Pantai Krakal Gunung Kidul Seindah Tanah Lot Bali
"Inspiratif" Darto, Guru SD Sulap Pantai Krakal Gunung Kidul Seindah Tanah Lot Bali

Jakarta - Berawal dari hobi memancing dan bersih-bersih pantai, Sudarto (48), yang berprofesi sebagai guru SD ini berhasil mengubah wajah Pantai Krakal Gunung Kidul menjadi lebih rapi dan indah seperti Pantai Tanah Lot di Bali.

Sudarto sudah 28 tahun bergelut dengan pantai lewat hobinya memancing. Pria kelahiran Sleman, 5 Agustus 1966 ini rela membersihkan pantai setiap pagi dan sore hari tanpa imbalan sepeser pun.

Cerita Sudarto dengan Pantai Krakal dimulai pada tahun 1986. Kala itu Sudarto ditugaskan mengajar di SD Ngestirejo, Kecamatan Tanjung Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Hobinya memancing membuat dia sering pergi ke Pantai Krakal yang jaraknya sekitar 6 kilometer dari rumah dinas.

Pada tahun 2001 Sudarto memutuskan membangun sebuah gubuk kecil di pantai untuk mendukung aktivitasnya. Saat tinggal di situ dia melihat kawasan Pantai Krakal sangat kumuh, banyak sampah di mana-mana, warung-warung juga tidak tertata dengan baik.

"Pantai Krakal kelihatan kotor, banyak lapak pedagang di pinggir pantai, bentuknya tak seragam dan tak rapi. Warung itu posisinya dekat sekali dengan bibir pantai dan sampah banyak. Jadi kelihatan berantakan, kotor dan kumuh," cerita Sudarto saat berbicang dengan detikcom, Jumat (14/11/2014).

Melihat kondisi ini, bapak dua anak ini mulai membersihkan pantai sendirian dengan bermodalkan sapu lidi. Setiap pagi dan sore dia selalu menyempatkan diri menyapu.

"Awalnya saya sendiri menyapu, saya ingin memberikan contoh, melakukan sendiri menjaga kebersihan. Karena kalau tempatnya bersih pengunjung banyak yang datang, saya juga tanami pepohonan," ucap Sudarto

Warga sekitar yang melihat kegiatan Sudarto akhirnya ikut bersih-bersih pantai. Pada tahun 2001, Sudarto bersama warga membangun sebuah perkumpulan dengan warga yang bernama "Kelompok Sadar Wisata Mutiara Mas Pantai Krakal". Kegiatannya membahas kemajuan tempat wisata dan peningkatan fasilitas agar para pengunjung betah berlama-lama di pantai.

"Membuka peluang bisnis juga untuk warga melalui dagang makanan dan minuman dan jasa kamar mandi. Jadi semacam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Saya ditunjuk menjadi ketuanya," ucap Sudarto.

Butuh waktu hampir sembilan tahun agar wajah Krakal berubah cantik. Pada tahun 2010 akhirnya cita-cita Sudarto terwujud. Penampilan Krakal mulai berubah, dari jumlah pengunjung yang meningkat tajam dan fasilitas yang lebih baik.

"Pengunjung bukan hanya hari libur, tetapi juga hari biasa banyak yang datang. Selain itu sekarang tempat ini suka dipakai syuting dan uangnya kita simpan untuk kas warga. Ada joging track, gazebo dan jalan setapak ke Gili Sarangan dan di puncak bisa menikmati pemandangan lautan lepas serta lihat sun rise," papar Sudarto penuh semangat.

Sudarto mengungkapkan, saat ini Pantai Krakal sudah dua kali dinobatkan sebagai pantai terbersih dan menjadi pantai percontohan di Indonesia. Penghargaan pertama didapat dari Kabupaten dan kedua dari Dinas Kelautan Provinsi.

Sudarto mengaku tidak mudah membangun pantai dan warga yang peduli dengan kebersihan pantai. Terkadang berbagai rintangan juga dialaminya.

"Kalau ada program baru terkadang ada warga yang tidak setuju, saya sampai dimarah-marahi. Tapi itu risiko, jadi nggak apa-apa," kata Sudarto yang pernah empat kali ditawari jadi kepala sekolah namun ditolaknya.

Sudarto merasa senang dengan apa yang dikerjakannya, karena Pantai Krakal kini lebih dikenal dan pengunjungnya semakin banyak. Hingga saat ini, meski tidak mendapat gaji atau imbalan apapun, Sudarto mengaku ikhlas melakukannya.

"Pantai Krakal itu kan pantai yang sangat bagus, waktu saya berkunjung ke Bali itu kan katanya terkenal. Sebenarnya pantai kita ini tidak kalah bagus dengan di Bali, hanya saja perlu dilakukan perbaikan penataan dan SDM warganya. Saya juga melakukan semuanya ikhlas tanpa mengharap apa-apa," tutup Sudarto.

sumber

"Inspiratif" Darto, Guru SD Sulap Pantai Krakal Gunung Kidul Seindah Tanah Lot Bali


"Inspiratif" Darto, Guru SD Sulap Pantai Krakal Gunung Kidul Seindah Tanah Lot Bali


"Inspiratif" Darto, Guru SD Sulap Pantai Krakal Gunung Kidul Seindah Tanah Lot Bali



Mudah-mudahan ada yang mau merubah sungai-sungai di Jakarta....
0
2.7K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.