Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

laopan1Avatar border
TS
laopan1
Di APEC, Jokowi cuma jadi Marketing Officer


Presiden Joko Widodo menelanjangi diri (Indonesia, red) dengan mengatasnamakan investasi. Cara ini akan mengancam jebolnya kedaulatan maritim Indonesia. "Paparan presiden yang full marketing tapi minim kebijakan politik seperti gadis yang sedang menelanjangi diri untuk persilakan semua laki-laki untuk menjamahnya atas nama investasi," jelas Wasekjen DPP PKS Mahfudz Siddiq, dalam pesan singkatnya, Rabu (12/11).

Menurutnya,Jokowi dalam membuka investasi dengan negara asing, yang terlalu terbuka. Seperti yang dipaparkan presiden dalam forum APEC CEO Summit beberapa waktu lalu di Beijing China akan mengancam kedaulatan maritim nasional.

Jelas Mahfudz, apabila dikaitkan dengan gagasan poros maritim yang bermakna membuka wilayah perairan Indonesia ke pemain-pemain besar dunia, bisa berakibat jebolnya pagar wilayah kedaulatan maritim sebagai pintu masuk ke Indonesia.

Apalagi, lanjut Mahfudz, kerjasama regional diwarnai pertarungan kepentingan aktor-aktor besar seperti China, Rusia dan Amerika Serikat. "Tawaran kerjasama dan investasi dengan para aktor besar dan presentasi di forum CEO lebih gambarkan visi presiden sebagai marketing officer," kata Mahfudz.

"Lalu wilayah daratan Indonesia akan jadi bancakan investor infrastruktur dari perusahaan-perusahaan multinasional asing. Ini bisa berbahaya," kata dia sembari menyebut Deklarasi Djuanda, yang menegaskan pengakuan PBB terhadap wilayah NKRI, juga bisa porak-poranda. Dia mengingatkan, bahwa dalam forum APEC meski fokus pada isu ekonomi tapi sarat dengan kebijakan dan kepentingan politik negara pemain besar.

"Berdasarkan konstitusi dan UU Perjanjian Internasional, kebijakan-kebijakan luar negeri pemerintah yang fundamental dan berimplikasi luas harus dikonsultasikan lebih dulu dengan DPR," kata Mahfudz.

Menurut dia, Presiden Jokowi tidak menggunakan kesempatan itu untuk menyampaikan dan menegaskan visi dan sikap politik Indonesia dalam kerjasama regional. Presiden Jokowi hanya membuka diri kepada investor, untuk menanamkan investasinya ke Indonesia. Banyak wilayah yang bisa dinveskan. Termasuk, presiden Jokowi menyinggung Indonesia yang negara kepulauan, tapi masih minim pelabuhan.

Dia mengatakan, misi pemasaran Presiden Jokowi di forum APEC CEO Summit itu, minim visi politik. Mahfudz, yang juga Ketua Komisi I DPR (salah satunya membidangi luar negeri), menyayangkan momentum baik ini tidak dimanfaatkan oleh Presiden Jokowi. (FN-04)


- See more at: http://www.fastnews.today/article/pk....PkVqCfYo.dpuf

Di APEC, Jokowi cuma jadi Marketing Officer


Di APEC, Jokowi cuma jadi Marketing Officer

Di APEC, Jokowi cuma jadi Marketing Officer


Di APEC, Jokowi cuma jadi Marketing Officer


Di APEC, Jokowi cuma jadi Marketing Officer


Di APEC, Jokowi cuma jadi Marketing Officer
0
2.2K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.