Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

travelizerAvatar border
TS
travelizer
Inilah Sebabnya Kartu-Kartu Jokowi Dibilang Bermasalah
Inilah Sebabnya Kartu-Kartu Jokowi Dibilang Bermasalah

Sumber : http://teropongsenayan.com/2994-dana...u-sakti-jokowi

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)--Masih gelap, dana dari mana yang digunakan Presiden Jokowi untuk membiayai kartu-kartu sakitnya. Dana CSR BUMN? APBN? Pengalihan subsidi BBM? Atau pos lainnya?

Mensesneg Pratikno pernah mengatakan KIS, KIP dan KKS memanfaatkan dana CSR BUMN. Namun Wapres Jusuf Kalla dan Eva Sundari, politisi PDIP memastikan menggunakan dana APBN. Mana yang benar?

Kali ini, kartu Jokowi tak serta merta sakti. Sebab jika benar menggunakan dana CSR BUMN bisa dinilai salah banget. Selain salah sasaran, juga bisa disebut inkonstitusional. Sebab, kartu-kartu tersebut sebagai program pemerintah semestinya dibayai dana APBN.

"Wah, itu bahaya lho. Itu pasti ada udang di balik batu. Kalo memang itu benar (didanai CSR BUMN-red), berarti itu melanggar Undang-Undang," kata Yandri Susanto, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) di kompleks gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, (10/11/2014).

Yandri mengungkapkan pemanfaatan dana CSR BUMN itu sudah diatur Undang-Undang Perseroan Terbatas. Dana CSR merupakan hak masyarakat sekitar operasi perusahaan. Tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sebagai kompensasi perusahaan yang beroperasi di sekitar tempat tinggal warga.

Sedang kalau menggunakan dana APBN juga malah membingungkan. Pasalnya dalam APBN 2014 tak ada alokasi untuk kartu-kartuan. Sebab, APBN 2014 diajukan oleh pemerintahan Presiden SBY. Jokowi belum pernah berembug dengan DPR untuk merevisi APBN tersebut.

Bisa jadi Pratikno terlalu polos saat menyampaikan ke publik asal dana untuk kartu 'sakti' Jokowi. Maklum baru enam hari Rektor UGM itu berada di puncak pemerintahan. Kepolosannya bisa jadi sebuah kejujuran. Sehingga tak sadar jika ada udang di balik kartu-kartu sakti Jokowi.(ris)
0
2.2K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.