Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

n4z1Avatar border
TS
n4z1
[Gak bangga dengan Bahasa Indonesia(?)] Pidato Resmi, Jokowi pakai bahasa Inggris?
Pidato di Forum Internasional, Jokowi Wajib Pakai Bahasa Indonesia



Foto: Presiden RI Joko Widodo saat tiba di Beijing, Tiongkok Sabtu (08/11). Setpres Rusman/detikFoto

Jakarta - Presiden Joko Widodo akan berpidato di tiga forum internasional yaitu KTT APEC, KTT ASEAN, dan G-20 Summit. Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana mengatakan Jokowi wajib menggunakan bahasa Indonesia di tiap forum internasional.

"Dalam kaitan penyampaian pidato resmi Presiden Jokowi, berdasarkaan Pasal 28 Undang-undang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan 2009 diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia," kata Hikmahanto dalam rilis yang diterima redaksi, Minggu (9/11/2014).

Pasal 28 menyebutkan, "Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam pidato resmi Presiden, Wakil Presiden, dan pejabat negara yang lain yang disampaikan di dalam atau di luar negeri."


Menurut Hikmahanto, hal itu tidak dilakukan oleh Presiden SBY sejak berlakunya UU Bahasa ketika menyampaikan pidato di mana audiensnya kebanyakan orang asing. Terakhir, penyampaian pidato dalam sesi debat PBB bulan September lalu di mana SBY enggan menyampaikan dalam bahasa Indonesia.

"Penyampaian pidato oleh Presiden dalam bahasa Indonesia bukan karena Presiden tidak mau dan ketidakmampuan menggunakan bahasa Inggris, melainkan karena kewajiban yang ditentukan oleh UU," terangnya.

Oleh karenanya Menteri Luar Negeri perlu mengkomunikasikan hal ini ke pantia acara APEC, ASEAN dan G-20 serta memfasilitasi Presiden Jokowi dengan penterjemah bahasa Indonesia ke Inggris yang handal.

"UU mewajibkan Presiden menggunakan bahasa Indonesia agar bahasa Indonesia dikenal oleh dunia dan semakin kuat jati diri bangsa Indonesia," tegas Hikmahanto.

M Iqbal - detikNews

http://news.detik.com/read/2014/11/0...ia?nd771104bcj


Presiden Jokowi Pastikan Berpidato dalam Bahasa Indonesia di KTT APEC


Beijing - Presiden Joko Widodo akan berbicara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia atau Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di Tiongkok besok. Dalam forum internasional tersebut, Jokowi dipastikan akan berpidato dalam bahasa Indonesia.

"Bahasa Indonesia," ujar singkat Jokowi saat ditanya wartawan saat sedang dalam perjalanan di kereta cepat dari Beijing menuju Tianjin, Tiongkok, Minggu (9/11/2014).

Sedangkan dalam forum CEO, Jokowi menegaskan akan berpidato menggunakan bahasa Inggris. Namun begitu, Jokowi enggan mengatakan materi apa yang akan disampaikannya besok dalam forum internasional tersebut.

"Lihat besok saja," tuturnya.

Sikap Jokowi sesuai dengan Pasal 28 UUD yang menyebutkan, "Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam pidato resmi Presiden, Wakil Presiden, dan pejabat negara yang lain yang disampaikan di dalam atau di luar negeri."

Selain mengikuti KTT APEC, selama berada di Tiongkok hingga 11 November mendatang Jokowi akan melakukan rangkaian pertemuan dengan pemimpin negara-negara asing seperti Presiden PRTXi Jinping, PM RRT Li Keqiang, PM Jepang Shinzo Abe, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden AS Barack Obama. Di KTT APEC, Jokowi satu grup dengan Presiden AS, Presiden Korea Selatan dan PM Singapura. Jokowi juga dijadwalkan mengikuti pertemuan pengusaha RI dengan Tiongkok, dan melakukan kunjungan beberapa pusat industri.

Rachmadin Ismail - detikNews

http://news.detik.com/read/2014/11/0...ec?nd771104bcj

==========================================================

emoticon-Mad (S)
Hikmahanto Juwono pasti panastak! Pakai bawa2 Undang-Undang.
Jokowi gak bisa bahasa bule nih!
Bikin malu bangsa dan negara Indonesia aja.
Tolong dong dishare disini para hater Presiden Republik Indonesia, Presiden PRT Xi Jinping, PM RRT Li Keqiang, Presiden Korea Selatan, PM Jepang Shinzo Abe, Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara pakai bahasa apa di Beijing. Pasti cuma Presiden AS Barack Obama yang jago bahasa Inggris.



Soempah Pemoeda


Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.



emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh n4z1 09-11-2014 17:22
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
13.4K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.