• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [IRAE] Aksi Ruwatan & Penembakan, Komnas HAM: Terror Amin Rais Terencana & Sistematis

3L33T3Avatar border
TS
3L33T3
[IRAE] Aksi Ruwatan & Penembakan, Komnas HAM: Terror Amin Rais Terencana & Sistematis
Sebelumnya.. (FAVILLA) Rumah Amin Rais Ditembaki Sehari Setelah Bongkar MoU Jokowi - China
[MORS] Sajadah Amien Rais Bolong Ditembaki dr Jarak 10 m, Motif Kental Unsur Politis
[JUDEX] Komnas HAM Turun Tangan Investigasi Terror Terencana terhadap Amin Rais
[IRAE] Aksi Ruwatan & Penembakan, Komnas HAM: Terror Amin Rais Terencana & Sistematis



Komnas HAM: Teror Amien Rais Terencana dan Sistematis

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas-HAM) menilai peristiwa penembakan di rumah Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais pada Kamis, 6 November 2014 pukul 02.00 WIB merupakan bentuk teror yang terencana dan sistematis.

Komisioner Komnas-HAM, Manager Nasution menyayangkan ulah pelaku teror tersebut. Terlebih, bukan hanya menimpa Amien tetapi juga keluarga Amien.

"Pak Amien Rais diteror penembakan seperti ini, ini peristiwa yang tidak biasa," kata Nasution di rumah Amien Rais, Jalan Pandeansari, Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (9/11/2014).

Komnas HAM, ujar Nasution, bersama tim akan melakukan penyelidikan terkait kasus teror penembakan di rumah mantan Ketua MPR tersebut.

"Dugaan kami ini dilakukan dengan terencana dan sistematis. Ini yang akan kita buktikan dengan melakukan penyelidikan, kita berharap polisi, khususnya Polda DIY sesegera mungkin menangkap pelakunya," tegasnya.

Selain itu, Komnas-HAM juga memantau kasus ini dengan melakukan investigasi internal dengan mengerahkan beberapa orang untuk mencari informasi kasus penembakan ini.

Beberapa orang dari Komnas HAM itu sudah melakukan dialog dengan Amien Rais, tadi malam dan rencananya mereka akan melakukan dialog dengan Kapolda DIY Brigjen Pol Oerip Subagyo siang nanti sekira pukul 13.00 wib.(rif)

UNDE MUNDUS JUDICETUR

Komnas HAM Dalami Aksi Ruwatan di Depan Rumah Amien Rais
Tim Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendatangi kediaman Amien Rais di Yogyakarta, Minggu (9/11/2014). Kedatangan Komnas HAM itu terkait aksi penembakan ke rumah mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Perwakilan (MPR) tersebut pada Kamis (6/11/2014) dini hari.

Selain fokus pada aksi penembakan, Komnas HAM juga mendalami acara ruwatan yang digelar Paguyuban Masyarakat Tradisi (Pametri) Yogyakarta di depan rumah Amien Rais, beberapa waktu lalu.

Komisioner Sub Komisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM RI Manager Nasution menilai ada pesan simbolikdalam tradisi ruwatan tersebut. "Ada pesan simbolik teror, coba ada motong ayam di depan pekarangan," kata komisioner Sub Komisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM RI Manager Nasution, Minggu (09/11/2014).

Terkait hal tersebut, Komnas HAM akan mendatangi Polda DIY. "Kami akan menanyakan sejauh mana perkembangan laporan aksi ruwatan," lanjut Manager.

Sementara itu, koordinator Pametri, Agus Sunandar secara tegas membantah bahwa dalam ruwatan tersebut ada aksi potong ayam.

"Tidak ada potong ayam. Lihat saja di TV. Yang ada saat itu potong bulu ayam. Sama halnya potong rambut bayi, harapannya supaya bisa menjadi anak baik. Itu kan bukan teror," tandas Agus.

UNDE MUNDUS JUDICETUR

Komnas HAM sebut ruwatan Amien Rais masuk pelanggaran HAM
Selain teror penembakan mobil milik Amien Rais, Kamis (06/11) dini hari, aksi ruwatan Amien Rais yang dilakukan oleh Paguyuban Masyarakat Tradisi (Pametri) Kamis, (16/10) lalu juga turut mendapat perhatian Komnas HAM. Laporan sejumlah organisasi masyarakat ke Polda DIY terhadap koordinator ruwatan, Agus Sunandar, juga akan menjadi bahan perbincangan antara anggota Komnas HAM, Manager Nasution dengan Kapolda DIY, Brigjen Pol Oerip Subagyo siang ini di Polda DIY.

"Kami juga akan menanyakan perkembangan laporan aksi ruwatan, sejauh mana laporan itu ditindaklanjuti polisi," kata Manager saat menggelar konferensi pers di rumah Amien Rais, Minggu (09/11) pagi.

Menurutnya, aksi ruwatan terhadap Amien Rais bisa masuk ke dalam pelanggaran karena ada nuansa teror yang secara simbolik terlihat dari pemotongan ayam saat ruwatan. "Ada pesan simbolik teror, coba anda bayangkan motong ayam," ujarnya.

Selain itu, lanjut Manager, aksi memasuki pekarangan rumah orang tanpa izin juga dinilainya sebagai bentuk pelanggaran HAM. "Memasuki pekarangan rumah orang tanpa permisi itu pelanggaran HAM," lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, koordinator Pametri, Agus Sunandar yang dilaporkan ke Polda membantah apa yang disampaikan oleh Manage Nasution. Menurutnya dalam ruwatan Amien Rais tidak ada aksi potong ayam melainkan hanya memotong bulu ayam saja.

"Coba lihat di TV, tidak ada potong ayam, yang ada potong bulu ayam, dan itu bukan teror. Itu seperti potong rambut bayi, harapannya supaya bisa menjadi anak baik," ujar Agus.

Agus juga membantah jika ruwatan tersebut dilakukannya di pekarangan rumah Amien Rais. Menurutnya ruwatan dilakukan di jalan, di depan rumah Amien Rais. "Itu di jalan gang, bukan di pekarangan rumah Pak Amien," tandasnya.

UNDE MUNDUS JUDICETUR

Sebelumnya.. (FAVILLA) Rumah Amin Rais Ditembaki Sehari Setelah Bongkar MoU Jokowi - China
[MORS] Sajadah Amien Rais Bolong Ditembaki dr Jarak 10 m, Motif Kental Unsur Politis
[JUDEX] Komnas HAM Turun Tangan Investigasi Terror Terencana terhadap Amin Rais
[IRAE] Aksi Ruwatan & Penembakan, Komnas HAM: Terror Amin Rais Terencana & Sistematis

UNDE MUNDUS JUDICETUR emoticon-Kiss

Quote:
0
1.2K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.