arivarianzAvatar border
TS
arivarianz
Tahu Nggak Perbedaan Bilangan, Angka, dan Nomor?


Quote:


Quote:


SELAYANG PANDANG
Quote:


Tentu kita semua sudah mendengar “bilangan”, “angka”, dan “nomor”. Mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa ketiganya sama saja, tapi ternyata ketiganya mempunyai perbedaan lho???
Spoiler for Lihat:

Sekedar mau berbagi aja nih, ane mau ngebahas tentang perbedaan ketiganya. Ingat ya, ane cuma berbagi bagi yang mau dibagi, bagi yang nggak mau nggak papa, tapi ane nggak menerima kata terserah, masa bodoh, nggak mau mikirin, au ah gelap, atau lainnya lho, wkwkwkwk.... becanda gan.

Secara matematis (mungkin dari sudut pandang lain beda) bilangan, angka, dan nomor memiliki perbedaan yang mendasar.

Bilangan
Quote:

Angka
Quote:


Nomor
Quote:


Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan bilangan, angka, dan nomor, perhatikan contoh penjelasan berikut!
Misal ane punya ini
Quote:

Hayo mana yang dimaksud angka dan mana yang dimaksud bilangan?
Pada “135″ terdapat tiga angka, yaitu angka 1, angka 3, dan angka 5. “135” merupakan bilangan yang melambangkan suatu kuantitas (misal: panjang, berat, umur, dan lain-lain). Sedangkan 1″ ,”3”, dan “5″ merupakan angka-angka yang digunakan untuk melambangkan bilangan “135″. “1” menempati angka ratusan, “3” menempati angka puluhan, dan “5” menempati angka satuan.
Angka-angka 1, 3, dan 5 juga dapat digunakan untuk melambangkan bilangan-bilangan yang lain tergantung dari banyaknya angka yang digunakan dan juga tergantung posisi peletakan angka-angka tersebut. Seperti itulah mengapa 135, 315, 513 merupakan bilangan yang berbeda meskipun ditulis dengan angka-angka yang sama.
Sedangkan jika 135 menunjukkan suatu urutan, maka 135 disebut sebagai nomor. Misalnya jika merupakan nomor rumah (urutan rumah ke-135), nomor pendaftaran (pendaftar ke-135), dan lain-lain.

Tapi sekali lagi ane jelasin, ini secara matematis (konsep matematika). Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin hal yang berbeda yang kita temui. Contohnya nomor telepon/hp. Angka-angka ini dinamakan nomor meskipun bukan merupakan urutan (nggak ada kan nomor telepon/hp 1 atau 2 atau 3).
Kadang pembacaan bilangan pun disamakan dengan angka. Misalnya dari mengukur panjang sebuah meja diperoleh hasil 95 cm. Secara matematis harusnya dibaca “sembilan puluh lima” sentimeter, tapi pembacaan “sembilan lima” sentimeter masih bisa diterima dan hal itu tidak menimbulkan salah arti antara pembicara dan pendengarnya.

Sumber
Quote:





Quote:
Diubah oleh arivarianz 10-11-2014 06:49
0
103.8K
876
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.