[CUSTOMER SERVICE MASUK] Kata Kata Berikut Tidak Boleh Diucapkan
TS
gamefreax
[CUSTOMER SERVICE MASUK] Kata Kata Berikut Tidak Boleh Diucapkan
Menjadi front liner atau customer service sebenarnya bukan tugas yang berat jika kamu benar-benar tahu cara bekerja dengan baik termasuk didalamnya seni dalam menangani pelanggan. Tidak hanya wajah yang cantik dan ganteng serta penampilan yang menarik yaang dibutuhkan namun pengetahuan dan cara cerdas dalam menangani pelanggan.
Kenapa tugas customer service menjadi berat? Karena secara langsung dan pertama kali customer akan berbicara dengan kalian dan mendapatkan pengalaman pertama mereka dalam berbisnis dengan perusahaan tempat dimana kamu bekerja.
Dengan bermodalkan gaya bicara yang sopan dan santun serta pengetahuan produk yang mumpuni, pelanggan akan menilai luar biasa terhadapnya baik secara personal maupun perusahaan. Meskipun demikian, tidak jarang peristiwa yang tidak mengenakkan terlontar dari mulut CS yang seharusnya memberi ekspektasi besar akibatnya kesalahan kecil pun akan menjadi seolah-oleh masalah besar yang dapat mencemarkan nama baik perusahaan. Artikel kali ini akan memberikan pengetahuan tenatang kalimat apa saja yang paling dibenci oleh para pelanggan dan sering bikin mereka marah karena jawabanmu ini dianggap kurang memuaskan mereka.
Spoiler for SATU:
1. Jangan bilang “Maaf, saya tidak tahu”
Hello !!! mas, mbak kalian bekerja untuk apa? Menjelaskan informasi kepada pelanggan, jika ada pelanggan yang menanyakan sesuatu jangan sesekali kamu melontarkan kalimat itu. Hal ini akan berdamapak besar pada karir kamu sebagai customer service. Pengetahuan tentang segala informasi produk wajib hukumnya bagi CS untuk tahu bahkan diluar kepada jika kamu benar-benar lupa maka putar otaklah segera dengan menetupinya dengan kalimat “Baik, bapak/ibu saya akan mengecek terlebih dahulu, mohon untuk kesdiaan bapak/Ibu untuk menunggu satu menit kedepaan” Setelah pelanggan legowo segeralah mencari informasi produk dari manapun sumber mungkin seniormu ataupun buku catalog yang berisi informasi produk.
Spoiler for DUA:
2. Jangan bilang “Maaf pak, saya tidak bisa menyelesaikan kasus bapak”
Ingat bahwa pelanggan merupakan individu yang mempunyai latar belakang berbeda. Hindari kalimat diatas. Perusahaan pasti mempunyai backup system untuk CS seperti melakukan penanganan khusus untuk kasus tertentu dengan CS khusus kasus tertentu. Kamu bisa bilang ke pelanggan seperti ini “Untuk kasus bapak, CS kami yang lain akan membantu, mohon tunggu sebentar, kami akan segera sambungkan dengan CS tersebut”
Spoiler for TIGA:
3. Jangan bilang “ Maaf pak, saya tidak mempunyai wewenang”
Kalimat ini akan memangkas harapan pelanggan seketika oleh karena itu biasanya ada ketua CS yang siaga atau sebelum memulai bekerja CS yang bertugas sudah diberi kewenangan untuk menyelesaikan kasus ttertentu sehingga keputusan tidak terlihat berele-tele dan membuang banyak waktu pelanggan yang megakibatkan pelanggan tidak puas.
Spoiler for EMPAT:
4. Jangan katakan “Maaf pak, ini sudah prosedurnya” Jika pelanggan komplain mengenai sesuatu yang sebnarnya sudah menyalahi prosedur seperti misalnya LCD laptop yang rusak karena kesalhan pelanggan maka sebagai CS kamu harus bijak dalam mejabawnya katakan tegas namun juga disertai solusi yang paing tidak membuat pelanggan lega mendengarnya.
Spoiler for LIMA:
5. Jangan katakan “ Mungkin, bapak salah karena tidak mungkin…..”
Jika ada pelanggan yang memberikan kritik atau saran cobalah untuk disikapi positif dan jangan menyalahkan balik ke pelanggan. Terimalah dengan bijak kritikan tersebut. Dengan demikian pelanggan akan merasa lebih dihargai.
Spoiler for ENAM:
6. Jangan katakan “Silahkan hubungi kami lain waktu, untuk mengetahui perkembangan kasus…”
Sebagai CS kamu diberi tanggung jawab yang sangat mulia yakni memberikan kepuasa dan membuat pelanggan senang dan bahagia oleh sebab itu jika ada pelanggan yang menyampaikan keluhan dan tidak dapat diselesaika waktu itu maka menajdi kewajiban kamu untuk memantau perkembangannya dan menguhungi kembali pelanggan tersebut bila sudah fix masalah yang ditanyakan pelanggan.
Nah, itu tadi kalimat-kalimat yang dibenci para pelanggan dan patut kamu hindari sebagai customer service. Semoga bermanfaat. Have nice day.
Kalau berkenan, ane juga minta tolong rate bintang lima, sama rekomendasi agan agar trit ini jadi Hot Thread (rekomendasi di [URL="https://docs.google.com/…/1QGVu0Jq-mkrwv5iVmzS4hrA…/viewform"]SINI [/URL]gan).