Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alwaysgegeAvatar border
TS
alwaysgege
ANEKA MIE KHAS INDONESIA....I LOVE IT !!
1. MIE ACEH

Mie Aceh adalah masakan mie pedas khas Aceh di Indonesia. Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi) disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering) dan Mie Aceh Kuah (sup). Biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis.


2. MIE BANGKA

Mie Bangka atau dikenal sebagai Bakmi Bangka adalah salah satu dari sekian banyak ciri khas masyarakat pulau Bangka. Bahan makanan ini terbuat dari mie basah (kuning) biasa yang disiram dengan kuah berbumbu yang biasanya terbuah dari ikan, udang, cumi, atau kepiting. dan seringkali ditambahi dengan toge atau kecambah, mentimun atau timun, dan kerupuk, lezat bila dihidangkan waktu masih panas, dan ditambahi rasa pedas dari cabe.


3. MIE GODOK JAWA

Bakmi jawa yang banyak diperdagangkan didaerah Solo, Pekalongan dan Yogyakarta. Bakmi Jawa atau yang sering dikenal dengan Mie Jawa merupakan bakmi yang direbus atau dalam bahasa Jawa yaitu bakmi godog, yang diolah menggunakan bumbu dan rempah olahan masyarakat Jawa. Tetapi ada juga variasi lain dari bakmi jawa ini yaitu mie goreng jawa. Yang mencirikan bakmi Jawa dengan bakmi lainnya yaitu penyajian bakmi Jawa diberi irisan-irisan tipis atau suwiran dari daging ayam diatasnya.


4. MIE ONGKLOK WONOSOBO

Mie Ongklok merupakan kuliner khas Wonosobo dan cuma ada di Wonosobo. Bahkan bisa dibilang trademark-nya Kabupaten Wonosobo. Mienya sih seperti layaknya olahan mie lain, menggunakan mie kuning. Yang membedakan adalah campurannya. Kalau olahan mie lain biasa menggunakan tauge atau sawi sebagai campurannya, Mie Ongklok mencampur kubis dan kucai sebagai sayurannya.


5. MIE TITI MAKASSAR

Salah satu menu khas Makassar adalah Mie titi atau Mie kering atau juga mirip dengan Ifumi. Pamor Mie titi memang tak sebesar coto Makassar yang telah terkenal hingga pelosok indonesia namun soal rasa Mie titi tak kalah nikmatnya, Mie titik merupakan makanan dengan menu dasar Mie yang telah di keringkan. Kenikmatan Mie titi terletak pada kuahnya campuran berbagai rempah sayur udang dan hati ayam dalam kuah yang di buat kental menjadikan Mie ini terasa berbeda. Penampilannya memang seperti ifumie, yaitu mie yang digoreng kering yang disiram dengan kuah kental seperti capcay.


6. MIE BELITUNG

Apa itu mi belitung? Mi belitung merupakan makanan sejenis mi kuning siram kuah kental kecokelatan. Rasanya manis bercampur gurih. Namun lebih dominan rasa manisnya. Udang menjadi bahan utama di dalam racikan kuah kentalnya. Kuah kental berasal dari kaldu udang asli ditambahi bumbu-bumbu, seperti gula aren, bumbu merica, laos, maizena dan daun salam. Terpisah dengan kuah kentalnya, yang menjadi pelengkap kenikmatan mi belitung adalah emping, kol, cakwe goreng, irisan kentang rebus, tahu, dengan tauge terselip di dalam mie kuning.


7. MIE CELOR PALEMBANG

Hidangan mie yang disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering), dicampurkan taoge dan disajikan bersama irisan telur rebus, ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng. Hidangan ini berasal dari kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, dan bersama dengan Pempek telah menjadi hidangan khas Palembang. Ukuran mi yang digunakan lebih besar, seperti Mie Aceh atau mi Udon Jepang.


8. SOTO MIE BETAWI

Racikan mie yang dikimpoikan dengan soto ini memang populer sebagai jajanan kaki lima. Isian bihun, mi kuning, tomat, kol, risol dan daging, disiram kaldu yang mengepul panas. Makin lengkap kelezatannya kalau ditambah air jeruk limau dan sambal.
Soto mi merupakan jajanan kaki lima khas Betawi. Meskipun ada juga yang memberi embel-embel Bogor. Sesuai dengan namanya, racikan ini merupakan perpaduan soto dan mi kuah. Sotonya berupa daging dan dengkul sapi yang direbus empuk. Disajikan dengan mi, tomat, irisan kol, sambal rawit dan air jeruk limau plus sedikit kecap manis.


9. MIE KOCOK BANDUNG

Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar mie. Ukuran mienya agak tebal kaya kwetiew. Biasanya, mi kocok ditemani sama bakso, kikil, tahu, sama taoge. Lalu, mie ini disiram pake kuah sapi. Abis itu, atasnya dikasi taburan bawang goreng sama potongan daun seledri.


10. MIE CAKALANG MANADO

Pecinta kuliner masakan Manado, pasti tak melewatkan untuk berburu mie cakalang. Konon mie cakalang ini sudah menjadi makanan favorit orang Manado. Maka, tak sulit untuk menemukan mie cakalang ini, Mie ini disajikan dengan dua macam sambal yaitu sambal lombok ijo yang direbus sampai lembek, dicampur cuka, air dan garam serta sambal lombok merah yang diulek dengan sedikit bawang putih dan jahe sedikit, lantas dicampur cuka dan air.


11. MIE AYAM BAKSO

ini gan, yang teristimewa menurut ane, mudah di dapat dan murah meriah, plus minumnya es teh manis


12. MIE INSTAN

Mantab gan...pake telor!


13. MIE GORENG

adalah makanan yang populer dan digemari di Indonesia. Mi goreng terbuat dari mi kuning yang digoreng dengan sedikit minyak goreng, dan ditambahkan bawang putih, bawang merah, udang serta daging ayam atau daging sapi, irisan bakso, cabai, sayuran, tomat, telur ayam, dan acar. Makanan ini sangat populer dan dapat ditemui di mana-mana di Indonesia, mulai dari pedagang pinggir jalan (kaki lima) sampai restoran mewah. Mi goreng juga dapat ditemukan di warung.

Masakan ini berasal dari Chow mein, mi China, dan dipercaya dibawa oleh para pendatang Cina ke Indonesia, Malaysia, and Singapura. Mi goreng juga mirip dengan Yakisoba dari Jepang. Akan tetapi mie goreng sudah sedemikian rupa terintegrasi ke dalam seni kuliner Indonesia. Sebagai contoh mie goreng membubuhkan kecap manis sebagai bahan penting. Untuk menyesuaikan dengan masyarakat Indonesia yang kebanyakan adalah muslim, mi goreng biasanya tidak menggunakan daging babi maupun lemak babi. Biasanya mi goreng menggunakan udang, daging ayam, atau daging sapi.
0
9.6K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.