Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

estidiAvatar border
TS
estidi
Berjalan di Kiri itu BAHAYA! +PIC +TIPS
Langsung aja..

Selama jadi pejalan kaki beberapa bulan terakhir, ane ngerasa kalo berjalan di sebelah kiri itu jauh lebih berbahaya dan sangat gak recommended dibandingkan jalan di sebelah kanan, apalagi kalo kita jalan di pinggir jalan yg gak ada trotoarnya. Kenapa?

Karena ente gak bisa mengawasi lalu lintas dgn baik.
Kalo ane jalan di kiri, otomatis ane gak bisa liat apakah ada mobil atau motor di belakang ane. Ini sangat bahaya kalo pengendara mobil gak bisa memperkirakan jarak bagian kiri mobil ama pinggir jalan, bisa2 nyerempet pejalan kaki, dan pejalan kaki pun gak bisa menghindar karena gak liat kalo ada mobil mepet2 dari belakang.

Bahaya jalan di kiri


Dan ini pengalaman pribadi ane pas bawa mobil, dua kali berturut2 nyerempet orang yg jalan di kiri pake spion gara2 ane gak bisa ngukur jarak emoticon-Malu (S)

Maka dari itu, buat gw yang paling aman adalah jalan di kanan. Pejalan kaki bisa ngeliat lalu lintas dengan baik serta bisa menghindar dari keserempet kalo ada mobil/motor yg terlalu mepet ama trotoar.

Gambar jalan di kanan


Jadi kesimpulan yg bisa gw ambil, jalur pejalan kaki harus sama dengan posisi pengendara, e.g. kalo pengendara mobil setir di kanan, maka pejalan kaki juga harus jalan di trotoar sebelah kanan, agar posisi pejalan kaki sejauh mungkin dari mobil yang berjalan searah, dan memudahkan pejalan kaki memantau kondisi lalu lintas.

Ditunggu komennya, siapa tau ada yg punya pendapat yg kontra sama gw juga gpp, atau ada yg tau keuntungan dari jalan di kiri dan kerugian dari jalan di kanan? emoticon-Smilie

+TIPS jalan kaki di pinggir jalan raya dengan aman:
  1. Jalan kaki di trotoar (kalo ada). Kalo gak ada trotoar, usahain seminggir mungkin, jangan malah nengah trus makan jalan mobil, diserempet baru tau rasa emoticon-Big Grin
  2. Kalo nyebrang, pake jembatan penyeberangan, atau kalo gak ada, zebra cross. Nyebrang kudu di tepat di atasnya zebra cross, jangan di sampingnya. Ane kalo berkendara punya aturan sendiri, kalo liat ada orang nyebrang gak tepat di atas zebra cross, gw gak akan ngelambatin kendaraan gw emoticon-Big Grin
  3. Buang sampah pada tempatnya (OOT dikit emoticon-Big Grin), ini penting biar kota ente nanti gak kebanjiran kek ibukota kita emoticon-Big Grin Kalo sampe ente buang sampah sembarangan di jalan dan ketemu ane, bakal ane ambil itu sampah dan ane tempel di pantat ente emoticon-Ngakak (S)


Kunjungi juga thread ane yg lain:
Spoiler for thread:


Jangan lupa bagi cendolnya yahemoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh estidi 07-11-2014 09:47
0
11K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.