Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaskus.reporterAvatar border
TS
kaskus.reporter
Tentang Negara Korea Utara Dari Sisi Lainnya Gan
WELCOME TO MY THREAD
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


Tentang Negara Korea Utara Dari Sisi Lainnya Gan

Quote:


sebelum perkenalkan dulu gan ane KASKUS.REPORTER yang bakal hadir dalam perkaskusan dalam memperingati hari jadinya kaskus yang ke 15 emoticon-Selamatakan memberi informasi asli BUKAN emoticon-Hoax

kali ini ane bakal berbagi informasi tentang negara api gan emoticon-Bingung (S) salah gan maksudnya negara korea utara. Yang kita tahu selama ini negara tersebut terkesan menakutkan, angker, kacau, berantakan, atau apalah seterah ente gan.

untuk cendol silakan ke id yg bersangkutan gan disini agan saoto
Sumber

Buat kalian yang ingin tau bagaimana kondisi negara korea selatan itu sebenarnya seperti apa? sisi kehidupan nya, sisi perekonomiannya, dan lain-lain yuk kita lihat liputan tanya jawab secara langsung dari narasumbernya yang kebetulan saudara setanah air kita ada yang sedang bertugas disana. Ane cuman kilas ulang gan biar makin banyak yang tau silakan langsung kesumber gan maaf kalo ini termasuk emoticon-Blue Repost

cekidot gan emoticon-No Sara Please untuk pic sekali lagi ane tekanin langsung kesumber gan, ane belum dapet ijin buat nampilin foto2nya emoticon-Malu

1.
Quote:

ane kerja gan, alhamdulillah disini aman gan, kehidupan pun normal2 aja...malah terkadang lebih mencekam suasana di negeri kita gan..

2.
Quote:

disini ada Bar dan Karaoke, biasanya klo ane lg nongkrong di bar ane pasang lagu2 barat, Indonesia, K-Pop....hehehehe
karena mereka semua udah di doktrin dan dibatasi untuk berinteraksi sama org asing, so jadi mereka ga tau informasi apa aja yg lg nge trend di dunia..
mereka sangat nasionalis gan....


3.
Quote:

semua perwakilan asing disini bisa akses internet gan.
disini internet memang barang langka gan. karena disini pake jaringan intranet, yang semua kontennya sudah di sensor sama pemerintah setempat. tetapi untuk petinggi dan pejabat mereka semua bisa akses internet.
tempo hari ane berkunjung ke Kim Il Sung university, disana ada juga internet corner, trus di salah satu hotel namanya Yanggakdo disitu juga ada internet cafe, cuma tarifnya ga kira2 gan 9 euro /30 mnt.
o iya, disini untuk tempat tinggal orang asing semua di tempatkan di area diplomatic.
disini ada ponsel gan, providernya cm satu namanya koryolink, itu hasil joint venture sama perusahaan mesir.


4.
Quote:

Begitu ane sampe dibandara Sunan, ane langsung di jemput sama temen ane gan dan langsung ke apartemen. disini orang asing tinggal di wilayah khusus area diplomatik

5.
Quote:

Disini mata uangnya Won, tapi kebanyakan transaksi disini menggunakan US$, Euro, dan Yuan

6.
Quote:

Koryolink itukan joint venture antara Pemerintah Mesir dan Korut. khusus untuk pegawai Koryolink mereka udah bisa akses internet, ane pernah tanya sama salah satu staffnya, saat ini untuk penggunaan internet dengan ponsel masih dalam tahap loby

7.
Quote:

cuma ada 2 maskapai yaitu Air Koryo dan Air China (jangan berharap cari tiket promo) gateway Menuju Pyongyang adalah Beijing.
tidak ada pesawat yang langsung ke Pyongyang, semua harus transit di Beijing. dan dari beijing hanya ada 2 maskapai itu saja gan.

8.
Quote:

Meskipun status N. Korea dan S. Korea masih dalam keadaan gencatan senjata. tapi ane akuin, ini Negara paling aman sedunia cm disini gan tempatnya, jadi ga ada salahnya klo kita bisa bawa keluarga.tergantung gmn keluarga kita betah / ga, soalnya disini situasinya sangat unik.

9.
Quote:

tentu aja pake bahasa Korea gan, dan mereka juga ada yg bisa bahasa inggris kok, umumnya di toko2 yang banyak orang asing dateng.
Umumnya mereka ramah gan, cuma pemerintah membatasi rakyatnya untuk berinteraksi dengan org asing. tapi klo ane belanja di super market, nongkrong di Bar mereka semua friendly gan.


10.
Quote:

Justru KBRI Pyongyang sudah ada sejak tahun 1964 gan lebih dulu ada dibanding KBRI Seoul

11.
Quote:

seru gan... situasi disini sangat unik... mungkin Pyongyang merupakan tempat terbaik yang pernah ada di Korut.. karena fasilitas disini sangat lengkap.. taman bermain seperti dufan disini lebih dari satu gan...

12.
Quote:

Disini, barang elektronik mayoritas buatan cina, tapi banyak juga yang buatan jepang, o iya gan disini toko elektronik juga besar seperti electronic solution gitu, ane juga ga nyangka, kalo terlihat dari luar sih bangunannya kuno, tapi dalemnya udah seperti mall..super market juga bagus gan disini pokoknya ga nyangka deh
jalan-jalan, foto-foto diluar wilayah diplomatik sering banget gan, malahan ane sih bawa mobil sendiri dan tanpa guide..bebas gan hehehe, cuma keluar kota aja yg ga boleh (harus ada ijin tertulis)..
traveling ke Korut, boleh gan.. cuma ente harus gabung sama travel agent, dan pastinya nanti ente akan di pandu sama guide..klo ente mo bebas muter-muter kota Pyongyang, infoin ane gan kapan ente mo dateng dan nginep di hotel mana nanti ane jemput (selama ane masih tugas di Pyongyang)..


13.
Quote:

Ijinnya memang agak susah gan, dan klo agan niat backpacker ga bakalan bisa gan....
ada 2 cara mudah untuk masuk ke Pyongyang
1. bergabung dengan travel agent (agan bisa browsing tanya om google)
2. klo agan mo datang sendiri, agan perlu calling visa dari Kedutaan

14.
Quote:

pake bahasa Korea gan, sama kok bahasanya sama selatan cuma beda dialek aja sama perbendaharaan kata(karena di selatan banyak menyerap bahasa asing) tapi bahasa inggris jg ngerti kok.

15.
Quote:

1. mungkin aja gan, warga indonesia ada kok yang kimpoi sama perempuan Korut
2. hanya dibatasi gan interaksinya..tapi klo kita ketemu dan ngobrol di bar, warung, supermarket mereka semua baik kok, dan mereka mau cerita kenapa mereka dibatasi komunikasi klo diluar tepat kerja.
3. sangat friendly gan, disini presiden sukarno terkenal gan, dan bunga nasional korut itu dari Indonesia...mereka tau klo itu pemberian sukarno


16.
Quote:

Pyongyang sebagai Ibu Kota memang cukup berkembang, namun masih banyak kota-kota lain seperti Hamhung, Kaesong, Wonsan, Rason juga lumayan bagus.
disini mobil banyak gan, cm memang arch of reunification itu adalah pintu gerbang untuk keluar kota menuju panmunjom (demarkasi militer) mobilitas penduduk untuk keluar kota sangat sedikit. warga Pyongyang umumnya hanya beraktivitas di Pyongyang saja, begitupun dengan kota lainnya. dan jika akan bepergian keluar kota harus ada ijin tertulis.
Ane sebenrnya mau gan foto-fotoin kehidupan disana, cm sebagian besar masyarakat disana merasa kurang nyaman kalo di foto. tapi pasti ane bakalan update fotonya


17.
Quote:

Negeri ini sangat unik gan, mereka punya nuklir, namun kondisi masyarakat memang kurang beruntung, namun masyarakat itu sendiri tidak merasa kelaparan, mereka sangat bangga dengan negaranya karena mereka mendapatkan fasilitas dengan gratis (makan apa adanya, sekolah, kesehatan, apartemen).

18.
Quote:

for info aja gan, struktur kementerian disini aja ga ad yg tau persis. disini yang menonjol hanya supreme leader, majelis rakyat tertinggi, dan partai pkerja korea... ane hanya tau beberapa kementerian aja, itu pun cari informasinya setengah mati..
Klo bicara kerja bhakti, disini adalah tempatnya gan, semua lapisan masyarakat ikut kerja bhakti
maka itu rakyat korut menganggap bahwa negaranya merupakan tempat terbaik untuk hidup. karena mereka semua dapat fasilitas dari pemerintah secara cuma-cuma.


19.
Quote:

hehehe.. ane udah beberapa kali keluar kota, bahkan saat ane dalam perjalanan menuju kota dandong, cina, kondisi maysarakat di luar kota sangat memprihatinkan..ane nyupir sendiri gan bawa mobil sampe cina..
memang disini ga bisa backpacker karena begitu ente landing di pyongyang harus langsung ad yg jemput..


20.
Quote:

setelah ane klik link yang agan kasih, ternyata ane pernah ke tempat itu semua gan, itulah dari awal makanya ane bilang negara ini unik...meskipun terlihat kontras, tapi mereka tetap memiliki pandangan bahwa negerinya adalah tempat terbaik untuk hidup.
satu lagi gan pemandangan Jakarta juga kontras kok, dimana banyak gedung pencakar langit berdiri namun disekelilingnya jg masih ada pemukiman kumuh..ane pikir setiap negara berkembang memang itu permasalahannya.
Kota Pyongyang sudah tertata rapi gan (umumnya seluruh kota di Korut juga sudah tertata), layaknya kota modern, disini ada trem, metro (subway)..taman kota yang indah.. jika suatu saat negeri ini tebuka, ane yakin bakalan lebih maju dari dari Negeri kita, bahkan jika bersatu kekuatan Utara dan Selatan juga patut diperhitungkan. Korea Utara kuat dari segi militer sementara Korea Selatan memiliki ekonomi yang mapan.
mengenai kusamnya warna bangunan disini, ya memang begitu keadaanya, mungkin ini faktor iklim (disini ada 4 musim) semua bentuk bangunan terlihat mirip, ane aja sampe ga bisa bedain mana toko/restauran/kantor pemerintahan. tapi kita akan mengetahui kalo kita sudah berada didalam bangunan tersebut.
dalam hal ini, ane mencoba menyampaikan pandangan lain terhadap Korut, karena ada beberapa hal positif yang patut kita contoh dari negeri ini.
di link yang agan kasih pic terakhir itu gambaran masyarakat pada kerja bhakti. kelihatannya memang gersang gan karena gambar itu diambil pada saat musim dingin. karena semua tumbuhan pada mati ketika musim dingin.
ga harus diplomat gan, turis jg gpp asalkan ada guide/interpreter aja, dan memang tujuannya jelas, kalo guide bilang jgn ambil photo/rekam vidio maka jangan agan lakuin. waktu ane melakukan perjalanan menuju kota Dandong, China. ane melihat pemandangan yang lebih kontras lagi dari link yang agan kasih.
klo ada yang bisa nampilin video di forum ini ada link videonya ane sendiri yang rekam https://vimeo.com/47428761


21.
Quote:

semua kantor, toko, pasar tutup gan.... ane nagis karena jauh dari keluarga gan emoticon-Ngakak

22.
Quote:

ane pikir, setiap negara suka mengklaim bahwa negeranya adalah tempat tebaik untuk hidup, mempunyai teknologi canggih dll.

23.
Quote:

nah, itu ane sampe sekarang belum tau mereka dapet sumber dana darimana.. ane sih pernah tanya sama interpreter di kantor ane, kata dia penghasilan mereka memang tidak besar, tetapi karena pemerintah memberi fasilitas rumah, sekolah, kesehatan, subsidi makanan (jagung/beras) secara gratis, maka gaji yang mereka terima sudahlah cukup untuk hidup, namun jika mereka memiliki keinginan untuk membeli sesuatu (perlengkapan elektronik) mereka harus mencari kerja tambahan (ane ga tau pekerjaan tambahan yang dimaksud apa, karena interpreter ane ga cerita secara detail)
ane info sekali lagi mata uang yang digunakan di sini yaitu US dolar, euro, Yuan, dan Won. namun kita bisa menggunakan mata uang Won hanya di toko tertentu saja dan di pasar tradisional. umumnya semua transaksi umumnya menggunakan US dolar, euro, Yuan.
untuk exchange student, ane belum tau apakah pada era ini ada bakalan pembicaraan kearah sana. namun pada era Sukarno tahun 1960an tercatat ada beberapa mahasiswa Indonesia yang belajar di Kim Il Sung University dan Kim Chaek University di Pyongyang.
wah, agan tau disini ada april spring friendship festival... setiap tahun delegasi dari indonesia selalu di undang gan..


24.
Quote:

jika traffic light nya mati, otomatis traffic lady yang mengatur lalu lintas disana gan.. cakep / ga relatif gan, tergantung selera



lanjut dibawah gan emoticon-Matabelo
Diubah oleh kaskus.reporter 20-12-2014 06:47
0
18.8K
71
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.