Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muslimahberbagiAvatar border
TS
muslimahberbagi
CARA BERHEMAT [WAJIB BACA++ALA Wanita]
CARA BERHEMAT [WAJIB BACA++ALA Wanita]
Siapapun ia jika ia wanita, baik muslimah maupun bukan, pasti menyukai yang namanya berbelanja. Tanpa kita sadari, uang yang kita miliki dalam dompet bisa habis dalam sekejap. Dan kebanyakan setelah itu kita lantas berfikir, “Tadi aku belanja apa aja ya?” Banyak dari mereka yang memaksakan untuk berbelanja yang bukan menjadi kebutuhannya.

Nah sebagai muslimah kita dituntut untuk memiliki pola hidup yang hemat, yang membuat kita harus melatih untuk membentengi diri agar tidak kalap dengan apa yang kita lihat.

Berikut ini HIDI punya tips untuk muslimah agar kita bisa berhemat. Yuk mari disimak.

1.Memiliki Skala Prioritas

Catatlah apa yang kita butuhkan untuk beberapa waktu ke depan dan tentukan waktu untuk membelinya. Dengan begitu kita dapat membatasi diri dan hanya membeli barang yang kita butuhkan. Sehingga kita dapat terhindar dari sikap boros yang hanya lapar mata saja.

2.Mencari Alternatif Dalam Membelanjakan Uang

Jika ingin menggunakan jalur alternatif, pilihlah kebutuhan yang termasuk primer. Namun, mendapatkan barang harus yang bagus tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya (irit). Maksudnya jika kita ingin memiliki baju baik jilbab, hijab dan perlengkapan muslimah lainnya tidak harus yang mahal tetapi bisa beli dengan harga yang sesuai dengan kita bukan untuk gengsi.

3.Buat Evaluasi Hasil Pengeluaran

Uang yang sudah kita belanjakan ada baiknya kita hitung kembali dengan membuat jurnal akuntansi/pembukuan. Hal ini bisa kita lakukan agar kita mengetahui berapa banyak anggaran keuangan yang kita keluarkan perharinya. Dari hal tersebut, kita dapat evaluasi agar kita bisa menghemat pemakaian uang setiap saat.

4.Berbelanja Sesuai Kebutuhan

Terkadang muslimah seringkali melihat barang-barang yang unik dan cantik sehingga menggerakkan dirinya untuk membeli barang tersebut. Adanya sistem “reminder” kita dapat membedakan antara keinginan atau kebutuhan.

5.Lakukan Tabungan

Banyak orang yang menabung jika hanya bisa menyisihkan uangnya dari hasil pembelian barang sebelumnya. Namun, muslimah seharusnya bisa membuat tabungan sendiri dengan tantangan wajib perharinya dan menentukkan berapa tabungan yang bisa kita sisihkan setiap hari.

Sumber : www.hijabdiary.com
0
1.4K
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.