Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

infobenarAvatar border
TS
infobenar
TERBUKTI JOKOWI AHOK GELEMBUNGKAN APBD 2014 MENJADI 72 T
Selasa, 04 November 2014 | 14:52
Sekda: APBD DKI 2014 Defisit Rp 12 T


Jakarta - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah mengatakan bahwa dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2014 yang berjumlah Rp 72 triliun, telah terjadi defisit sebesar Rp 12 triliun.

"Jadi APBD kita ini sebetulnya hanya sampai Rp 60 triliun, karena yang Rp 12 triliun tidak tercapai," ujar Saefullah di Balai Kota, Jakarta, Selasa (4/11).

Ia mengatakan, defisit terjadi karena adanya ketidaksesuaian akibat beberapa kegiatan yang saat ini masih berjalan. Program Electronic Road Pricing (ERP) yang diprediksi sudah jalan, tapi ternyata hingga kini masih uji coba, dan menelan dana sebesar Rp 2 triliun. Selain itu adanya pajak reklame yang tidak tercapai sebesar Rp 4 triliun.

"Kita lagi verbal Pergub-nya, supaya pajak reklame ini diturunkan 50 persen. Biro reklame suka pasang (iklan) di perbatasan Jakarta. Mungkin lebih murah atau bagaimana. Jadi ini kita sikapi untuk turunkan 50 persen, supaya peminatnya bergairah," katanya.

Saefullah menambahkan, dari Rp 60 triliun tersebut, belum semuanya terserap dengan sempurna. Baru sekitar 31 persen saja dana APBD yang berhasil terserap. Sementara dari perhitungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta dan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta, masing-masing target serapan bisa mencapai 70 persen dan 69 persen.

"Saat Rapim dibahas penyerapan hampir 31 persen, karena pekerjaan fisik penagihannya di bulan Desember. Sekarang lagi dibangun puskesmas, sekolah, dan lain-lain. Biasanya mereka lakukan penagihan pada Desember. Dibobot berapa persen pekerjaannya, lalu kita lakukan pembayaran," terangnya.

Suara Pembaruan

Penulis: D-14/FAB

http://www.beritasatu.com/aktualitas...t-rp-12-t.html
Diubah oleh infobenar 04-11-2014 10:01
0
2.9K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.