Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hobi_linuxAvatar border
TS
hobi_linux
Para Menteri Mulai Siapkan 'Tol Laut' Jokowi

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan sarana transportasi multimoda dapat menunjang keberhasilan 'tol laut' untuk memperlancar arus pengiriman barang di Indonesia melalui laut. (ANTARAFOTO/Andika Wahyu)

Jakarta, CNN Indonesia -- Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyediakan 'tol laut' untuk pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia telah didistribusikan ke sejumlah kementerian. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menilai transportasi lintas pelabuhan ini membutuhkan keterlibatan banyak pihak.

"Kami hanya katalisator, operator tol lautnya ini banyak. Untuk membangun Indonesia itu harus dilakukan banyak pihak," ujar Jonan di Jakarta, Selasa (28/10) malam.

Jonan mengaku harus berdiskusi lebih jauh dengan presiden untuk dapat mewujudkan 'tol laut' yang dikonsepsikan pemerintah. Menurut Jonan, dibutuhkan sarana transportasi multimoda untuk dapat menunjang keberhasilan program itu. Tujuannya memperlancar arus pengiriman barang di Indonesia melalui laut. "Transportasi publik untuk manusia itu prioritas. Kalau kapasitasnya ditingkatkan, mestinya bisa jalan bersamaan antara barang dan manusia," kata Jonan.

Dia melanjutkan, tidak cukup membangun pelabuhan saja tanpa penyediaan jalan dan angkutan umum lain. Konektivitas antar moda transportasi diperlukan, seperti kereta api atau bus yang bisa mengakomodasi perjalanan barang atau orang dari transportasi laut. "Percuma saja kalau dibuat pelabuhan besar-besar tapi jalan ke sananya tidak ada, yang penting itu kan konektivitas," ujar Jonan.

Konsep 'tol laut' Jokowi bukanlah membangun jalan tol di atas laut, melainkan penyediaan sistem distribusi logistik menggunakan kapal besar yang menghubungkan pelabuhan di jalur utama Nanggroe Aceh Darussalam, Jakarta, Surabaya, Nusa Tenggara, Maluku, sampai Papua.

Konsep ini membutuhkan pengembangan kapasitas pelabuhan kecil menjadi lebih besar lagi. Sementara distribusi barang dari pelabuhan utama akan dilakukan menggunakan kapal kecil, kereta api, dan transportasi darat. 'Tol laut' ini diharapkan dapat mempercepat pemerataan ekonomi Indonesia. Hal lain, tol laut itu membantu pengiriman barang melalui jalan darat yang semakin macet, sehingga biaya logistik bisa lebih murah.

Konsep ini masih menjadi kontroversi bagi sejumlah kalangan terutama pelaku usaha perkapalan. Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners' Association (INSA) menilai konsep 'tol laut' tidak efektif. Dia mencontohkan selama ini pengusaha harus rela mengangkut kurang dari setengah kapasitas kargo jika kembali dari pengiriman barang ke Papua. "Buat apa kapal besar-besar ke Papua kalau yang kecil saja tidak terisi kargo lagi. Tumbuhkan dulu industrinya di sana, supaya tidak jadi beban pengusaha kapal karena biaya bahan bakar yang besar," kata Carmelita.

Langkah Jokowi untuk mencapai program tol laut ini telah dipersiapkan sejumlah kementerian. Jokowi bahkan membuat satu kementerian baru bernama Kementerian Koordinator Kemaritiman. Sebelumnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku program prioritasnya adalah menjalankan visi misi Presiden. Salah satunya dengan meningkatkan kapasitas PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo). "Transportasi umum ini harus diperkuat, kapasitas Pelindo juga harus ditingkatkan, kereta api juga, itu prioritas utamanya," kata Rini awal pekan kemarin.

Sementara itu di Kementerian Perindustrian, Jokowi menyarankan agar segera dibangun 10 kawasan industri di luar Pulau Jawa. Menurut Menteri Perindustrian Saleh Husin, pembangunan kawasan industri di luar Jawa bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi apalagi jika dibangun di Indonesia bagian Timur. "Kawasan Timur itu lebih bagus. Jadi kalau dibangun minimal 10 kawasan industri di luar Jawa, tentu pertumbuhan ekonomi daerah lain akan meningkat," ujar Saleh kemarin.

Direktur Keuangan PT Pelindo III (Persero) Ari Askhara berpendapat tol laut akan memperlancar arus barang khusu nya untuk jalur Jakarta-Semarang-Surabaya yang juga merupakan jalur kerata api barang. Keunggulan transportasi kereta api adalah dapat berhenti di beberapa Kota kecil. "Sedangkan untuk skala besar, tol laut pasti lebih menguntungkan," katanya.
(gen/nez)
-
sumber: http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/...l-laut-jokowi/
-
sebaiknya sebut Tol Laut Nusantara aja
Semoga Lancar dan Sukses


-
-
thx ganz for d comments
Singapura, Hamburg, Liverpool, smua hidup dan terkenal dg pelabuhannya.
sdgkn di berita sdh sangat jelas . . .
Sementara itu di Kementerian Perindustrian, Jokowi menyarankan agar segera dibangun 10 kawasan industri di luar Pulau Jawa. Menurut Menteri Perindustrian Saleh Husin, pembangunan kawasan industri di luar Jawa bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi apalagi jika dibangun di Indonesia bagian Timur. "Kawasan Timur itu lebih bagus. Jadi kalau dibangun minimal 10 kawasan industri di luar Jawa, tentu pertumbuhan ekonomi daerah lain akan meningkat," ujar Saleh kemarin.

jelas bangun dulu sistem pelabuhannya a.k.a tol laut eta.
pelabuhan, kapal, SDM, smp ke darat nanti diintegrasikan smp rel nya itu jg, makanya jonan batalin kereta cepat jkt-bdg.
masak bangun industri dl baru bangun pelabuhan ???
lah dulu Kompeni ngangkut2 hasil bumi timur ke barat , barat ke timur pake apa, y pk kapal toh emoticon-Big Grin

Jokowi Gandeng Korsel Bangun Rel Kereta Api
VIVAnews - Presiden Terpilih Joko Widodo mengatakan Indonesia berencana menjalin kerjasama bidang ekonomi dan transportasi dengan Korea Selatan. Salah satu yang akan dilakukan adalah pembangunan rel kereta api di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.
http://nasional.news.viva.co.id/news...rel-kereta-api
-
iya, iyaaa terkesan muluk n ambisius makanya baca lagi cerita macem roro jongrang sm sangkuriang itu, smuanya gagal khan ??? kenapa ? y karena gk mungkin bangun sesuatu yg besar hny dlm semalem.
Diubah oleh hobi_linux 03-11-2014 07:46
0
10.8K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.