Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

teatersisiAvatar border
TS
teatersisi
Kalongking - atraksi dari seniman Kabupaten Bojonegoro
Spoiler for Bismillahirrohmanirrohim, semoga tidak repost, :


apakah ANda sudah mengenal kalongking, kalongking itu berasal dari nama hewan yaitu kalong, atau hewan berwujud kelelawar yang ukurannya lebih besar, ya kalongking namanya, mari kita baca sejenak tentang kesenian Sandur dan atraksi Kalongkingnya ...

Semoga Pemerintah Daerah dan Pusat memperhatikan Budaya Lokal, mumpung belum terlanjur dicuri sama Negara tetangga....

Berani mencuri kesenian sandur ??? siap berhadapan dengan masyarakat Bojonegoro. INdonesia pada umumnya emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for Kalongking Pemberani:


Spoiler for Berputar di atas ketinggian:



Spoiler for Turun dengan menjungkir badan:


Spoiler for Lirik Lagu Kalongking:

Kalongking - atraksi dari seniman Kabupaten Bojonegoro

Alunan tembang dengan iringan musik tradisional kesenian sandur, menyisir bengawan penuh semangatnya. Konsistensi penampilan sepanjang rute Parade Perahu Hias, membuat warga Bojonegoro tidak mengedipkan mata. Sorak sorai dari pinggir Bengawan Bojonegoro diberikan kepada peserta dari Desa Ledok Kulon tersebut.

Atrakasi di atas perahu itu sebut saja kalongking, ya kalongking adalah atraksi kesenian tradisional sandur. Biasanya dimainkan ketika pentas sandur akan berakhir. Sandur merupakan kesenian asli berasal dari daerah Bojonegoro. Sandur dari kata mesiSAN ngeDUR yang artinya sekalian sampai tuntas. Pada zaman dulu pementasan ini biasanya dimainkan setelah isya hingga menjelang pagi. Begitulah ceritanya mengapa kesenian ini dinamakan kesenian sandur.

Spoiler for Kalongking menyisir Bengawan dalam Festival Bengawan Bojonegoro:


Kesenian sandur dimainkan oleh 5 tokoh utama yaitu, Germo, Tangsil, Petak, Balong dan Cawik, dengan didukung oleh panjak hore. Pembukaan dalam pentas sandur dibuka dengan kesenian jaranan, dan diakhiri dengan atraksi kalongking. Kalongking berasal dari kata Kalong yaitu hewan yang menyerupai kelelawar tetapi dalam bentuk dan ukuran yang lebih besar. Digambarkan bahwa hewan tersebut sedang menikmati hasil bumi, mencuri hasil panen milik warga. Naik di atas pohon, makan, tidur, dan bergelantungan, itulah karakter yang dimiliki hewan tersebut.

Spoiler for Atraksi di atas perahu:


Pada atraksi kali ini berbeda seperti yang sebelumnya. Karena pentas sandur biasanya dimainkan pada lapangan yang terbuka, datar dan luas. Atraksi yang dilakukan kalongking kali ini adalah menyisir Bengawan Bojonegoro. Parade perahu hias dijadikan momen oleh para seniman sandur untuk memperkenalkan kepada masyarakat Bojonegoro. Atraksi di atas perahu tersebut dilakukan oleh para ahli, yang mana dalam beratraksinya seniman kalongking tidak menggunakan pengaman. Naik dengan memanjat, berputar, bergelantungan dan turun dengan cara badan terjungkir.

Spoiler for Peserta Perahu Hias:


Angin yang semilir, arus air yang mengalir melengkapi Indahnya Bengawan Bojonegoro. Membuat masyarakat sejenak ibarat di hipnotis oleh bengawan dan beberapa perahu hias yang lewat. Terlebih saat rombongan Kesenian Sandur dari Desa Ledok Kulon sedang menunjukkan keahliannya.


sumber : http://www.masnonok.com/2014/10/kalo...ojonegoro.htmlemoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh teatersisi 23-11-2014 10:26
0
6.4K
36
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.