120711Avatar border
TS
120711
Bantuin kehidupan ane gan... (Kisah ane dan butuh saran)
APRIL 2012 (awal masa suram)
Spoiler for APRIL 2012:

MEI 2012 (pertengahan masa suram)
Spoiler for MEI 2012:



JUNI 2012 (mulainya masa suram)

Saat itu saya memiliki beberapa teman dekat. Mulai dari tukang becak, kuli bangunan, tukang service elektronik dan OKNUM wartawan. Dari setiap pertemuan saya selalu mengambil kesimpulan, adakah usaha kecil yang bisa menguntungkan?. Ya, akhirnya saya membuka usaha Service Elektronik dan Jasa Kuli Bangunan. Hubungannya apa??? Saat itu saya berfikir, tidak semua kuli bangunan punya Alat Canggih yang bisa meringankan pekerjaannya, maka saya sediakan untuk rental dan plus kuli nya. Sementara tukang service bekerja untuk memperbaiki alat2 kuli bangunan dari umum maupun yang kita punya, selebihnya elektronik umum.
Minggu pertama saya bisa meraih omset 2jt dengan laba bersih 500rb. Lumayan kan?? Tapi sayang minggu kedua mulai banyak permintaan, keluhan dan sebagainya dari temen2 sehingga saya kembali berfikir bahwa usaha apa yang bisa menguntungkan selain ini. Karena kalau terus dijalani maka akan merugikan.
Minggu kedua saya mendapat tawaran dari temen saya yang OKNUM Wartawan itu untuk membuat Event Organizer acara Hari Anak Nasional yang kebetulan acaranya Tgl 23 Juli. Dan saya mengambil keputusan untuk mencoba tantangan tersebut dengan tetap mengerahkan temen2 saya sebagai petugas lapangan.
Saya coba mencari modal usaha, mulai dari pinjam ke temen kampus 20jt, pinjam ke Ortu temen 40jt dan pinjam ke Nasabah asuransi 30jt. "Kalau saja saya sukses nanti, mungkin akan saya beri 10% keuntungan". Dan alhasil semuanya terealisasi dengan baik dan temen saya yang OKNUM wartawan sudah mengirimkan proposal ke beberapa instansi dengan sambutan baik serta ke bupati yang katanya akan dibantu 50jt. Sisa dari itu ambil keuntungan dari Tiket. Akhirnya OK! event organizer kita konsep dan jalankan dengan baik.


JULI 2012 (puncaknya masa suram)

Acara dimulai...
Konsepnya adalah lomba menggambar dan mewarnai untuk TK sampai SMA dan SLB dengan mendatangkan tokoh pioneer/legendaris indonesia.
Modal yang saya keluarkan sudah hampir 70jt dan sisanya dari Sponsor sehingga total adalah 110jt.
Bersyukur, acaranya sukses !!!
Tapi yang jadi masalah besar ketika ternyata dibelakang hari saya malah mendapat tagihan dari Hotel bintang tamu, tagihan dari peserta pemenang atas hadiah uang yang belum diberikan dan mobil rental pengantar bintang tamu yang belum kembali.
Ada apa ini sebenarnya??? sementara saya belum menerima keuntungan dan pengembalian modal tersebut.
Ketika saya ingin tanya ke temen, ternyata benar seperti yang saya duga. Temen saya yang OKNUM wartawan itu kabur entah kemana dengan membawa uang dan kendaraan rental. Sementara saya terus banyak tagihan dan tuntutan dari pemenang dan pemilik kendaraan rental dengan total kerugian 160jt !!! (Mohon maaf, saya perjelas bahwa dia adalah OKNUM, karena Wartawan/Jurnalis yang sebenarnya tidak begitu dan saya menghargai profesi itu, sampai sekarang pun karir saya naik karena bantuan wartawan juga).
Setiap harinya selalu ada yang datang kerumah untuk menagih. Sontak ayah saya menangis setiap malam dan ibu saya selalu jatuh pingsan di hadapan saya ketika ada yang datang untuk menagih. Sementara saya tidak bisa berbuat apa2 dan mengurung diri.
Ayah dan ibu saya selalu berkata setiap saat "Diam nak! biar ayah dan ibu yang menghadapi, kamu hanya perlu diam dan menghadap Illahi untuk meminta pertolongan". Tentunya air mata saya tidak dapat terhenti ketika mendengar itu hingga saat ini pun terasa pilunya.
Akhirnya semua itu selesai juga, orang tua saya mampu menyelesaikan semuanya dengan menjual tanah yang tidak di duga. Beli 15jt dijual 160jt untuk per lokasinya karena mau dibangun BTN. Begitupun dengan kendaraan rental sudah kembali dengan meminta bantuan saudara yang bekerja di Reskrim.


NOVEMBER 2012 (membangun kehidupan)

Bagaimana rasanya ketika lepas dari sebuah masalah sementara temen2 kantor masih saja saling membicarakan kegagalan saya di kantor? tentunya itu menjadi sebuah rasa malu bagi saya mendengarnya setiap saat. Akhirnya saya putuskan untuk berhenti dari pekerjaan tersebut dan mencari pekerjaan dan suasana baru. emoticon-Traveller


DESEMBER 2012 (membangun kehidupan)

Saat itu saya memutuskan untuk merantau ke Bandung. Lepas semua cerita masa lalu. Ini dunia baru dengan semangat yang baru (kata minuman soda). Dan alhasil saya diterima kerja sebagai Asisten Sales Manager di salah satu perusahaan asuransi besar dengan TIDAK ADA GAJI BULANAN (artinya penghasilan dari penjualan sales yang menentukan gaji saya). Dan alhamdulillah saya hanya kuat bertahan hingga 2 buan saja dengan biaya hidup dan biaya kost dari orangtua. emoticon-Sorry


FEBRUARI 2012 (Perjuangan)

Akhirnya kembali juga ke kota asal. Tentunya saya menjaga jarak untuk sebuah pertemanan apapun. Saya sudah membulatkan tekad untuk sementara waktu menyelesaikan Kuliah sambil ikut Organisasi Amatir Radio untuk menambah wawasan. Semua berjalan sempurna, indah rasanya punya keluarga baru yang bisa mengerti dan mendukung saya di dalam sebuah wadah organisasi.


OKTOBER 2012 (Memulai kembali usaha)

Alhamdulillah, atas bantuan temen2 organisasi dan dukungan penuh dari Orangtua akhirnya saya bisa mendapatkan gelar S1 Ekonomi Manajemen.
Dan saat itu saya dipercaya untuk membangun Jaringan Internet dan Tower di kampus. Tentunya yang memberikan kepercayaan itu adalah ketua organisasi yang menjabat juga sebagai bendahara di kampus.
Perlu saya ceritakan sedikit bahwa sejak kecil saya sudah belajar dan oprek komputer sejak kelas 5 SD. dan banyak sekali wawasan dan ilmu yang saya tangkap ketika kuliah DIII di bandung karena teman sebelah kosan saya ahli dalam pembuatan BTS Provider dan ahli dalam IT, terus terang dari kecil hingga saat ini saya tidak lepas dengan hobi saya di komputer. Sehingga tidak sulit dan tidak mudah juga dalam membangun proyek tersebut.
Selanjutnya saya menerima tawaran tersebut dan menjalankannya bersama beberapa temen organisasi. Namun diawal perjalanan ada sedikit kendala. Permintaan kampus adalah pemasangan jaringan internet dengan antena Sectoral freq 5GHz, ternyata saat itu tidak ada barangnya. Akhirnya saya konfirmasi pada ketua/bendahara bahwa itu akan lama prosesnya.
Dikarenakan deadline sudah semakin dekat dan mahasiswa sudah demo masalah internet di kampus (karena janji2 manis ketua/bendahara untuk realisasi internet kampus secepatnya), sehingga ia marah besar, "Pokoknya saya tidak mau tau, internet harus bisa dinikmati oleh mahasiswa sebelum mereka demo kedua kalinya". Lalu saya memberikan solusi, "Bagaimana kalau pakai freq 2.4GHz, itu akan lebih mudah untuk ditangkap oleh Laptop dan stok juga ada di toko", dan jawabnya "Terserah saja yang penting terpasang".
Akhirnya semua saya kerjakan bersama temen2 hingga bisa dinikmati oleh mahasiswa.
Namun pahit itu selalu saya rasakan pada akhirnya. Disaat pembuatan SPJ ternyata pihak kampus menolak karena tidak sesuai spek. Uang yang diberikan untuk pemasangan tower ternyata sudah dinikmati oleh ketua/bendahara, sementara semua pembelanjaan antena dan perlengkapan tower dan sebagainya diambil dari anggaran jaringan internet, iapun tidak mau tau. Bayangkan, untuk belanja aja kurang, tenaga kerja aja belum terpenuhi semua, apalagi kalau harus sesuai spek??. Kalaupun mau diganti akan butuh anggaran dan kerugian lagi. Akhirnya semua itu selesai begitu saja dengan meninggalkan nama buruk saya di kampus itu. Akhirnya saya keluar dari organisasi karena tidak sepaham dan memilih untuk berdiri sendiri.


MARET 2013 (Memulai hidup baru yang sebenarnya)

Saya sekarang sadar, saya tidak punya apa2 selain orangtua. Saya tidak berpenghasilan dan tidak bekerja. Tapi tentunya saya harus bisa jalani hidup ini lebih baik. Akhirnya saya mencari pasangan hidup, saya jelaskan semuanya tanpa terkecuali. Beruntungnya, ia menerima segala kekuarangan saya dan mendukung masa depan saya.
Akhirnya meskipun baru berkenalan 1 bulan, saya memutuskan untuk menikah, dengan menjelaskan kepada mertua bahwa saya tidak berpenghasilan dan belum bekerja sementara Istri saya bekerja di Bank swasta, namun responnya baik, mereka setuju.
Akhirnya dilaksanakanlah sebuah pernikahan yang indah. Dengan biaya pernikahan hutang ke ortu, Maskimpoi jg hutang ke ortu dan rumah tinggal jg pinjam dari rumah kost2an ortu. Sepertinya tidak ada masalah...


MEI 2013 (Membangun Kepercayaan)

Disaat itu saya mulai bersemangat kembali untuk mencari kerja. Alhamdulillah sejak itu saya di percaya oleh temen saya yang juga wakil dari organisasi untuk membangun tempat karaoke keluarga. Saya membangun bagian audio dan aplikasi serta sarana komputer dan servernya. Rasanya tidak ada masalah, semua berjalan normal dan hingga kini saya bahkan tidak boleh lepas dari itu karena memang mungkin bagi mereka saya dibutuhkan keahlian dan inovasinya. Sehingga mulai saat itu saya memiliki penghasilan kurang lebih 2.5jt perbulan untuk biaya hidup keluarga meskipun entah haram atau halal uang itu karena bagaimanapun sumbernya dari tempat hiburan namun yang jadi sedikit lega ketika istri saya mersetui saya untuk bekerja di tempat usaha itu karena saya juga tidak tiap hari di situ, utamanya kalau ada kerusakan, perawatan dan pergantian alat saja (sewaktu2).


SEPTEMBER 2013 (Membangun Kepercayaan)

Karena mungkin saya punya rasa kurang nyaman kalau ditanya orang, "anda kerja dimana?", dan kalau saya jawab "di tempat karaoke" sementara saya sudah berkeluarga dan image dari tempat karaoke di kota saya masih seperti diskotik. Akhirnya saya mencoba untuk melamar di perusahaan X milik daerah.
Awalnya saya di training untuk perbaiki Server Keuangan yang rusak dan akhirnya saya bisa menjalankannya kembali. Dan selanjutnya saya di angkat menjadi staff Honorer dengan gaji UMR.
Kemudian saya di suru mengganti kabel jaringan yang identik selalu rusak di gigit tikus, dan saya kembangkan menjadi berbasis wireless.
Kemudian segala kerusakan komputer kantor pusat dan 13 kantor cabang, jaringan, Payment Point Online Bank dan segala permasalahan IT bisa saya kerjakan dengan baik. Saya sampai saat ini tidak pernah menyangka bahwa saya bukan lulusan sarjana komputer tapi ko malah basuk bagian IT di kantor ini?? dan ini bukan perusahaan kecil, tapi perusahaan daerah.

Namun yang jadi permasalahan saat ini, saya banyak dibenci orang2 kantor. Karena IT disangkanya dekat dengan Direksi, padahal kalau mereka tau, IT tidak bisa berjalan seenaknya tanpa perintah langsung dari Direksi karena banyak komando maka sistem akan kacau.

Kemudian beberapa temen kantor banyak yang hiburan di tempat karaoke dimana saya bekerja, tampaknya mereka tidak mau kebebasannya terganggu, sehingga saya di gosipkan di kantor bahwa saya main perempuan (Pemandu Lagu) dan setiap ada yang dekat dengan saya di kantor (CW) digosipkan skandal dengan saya. Jadi sekarang saya bingung harus gimana, pertahankan atau tinggalkan lagi kerjaan ini??

JULI 2014 (Stuck)
Sekarang saya bingung dan ga tahan banyak sekali gesekan. Semakin saya bekerja dengan baik semakin keras sikut menyikut itu terjadi. Tidak terlepas beberapa ancaman dari orang2 kantor yang ingin agar saya keluar.

Sebelumnya saya katakan sama agan2 sekalian. Saya juga BAJINGAN!!! tapi saya tau aturan. Mana kerjaan dan mana Luar lingkungan kerjaan.
Biar saya kerja di karaoke tapi saya belum pernah mainan pemandu lagu. walaupun saya dekat dengan temen kantor(cw) tapi saya ngga pernah berhubungan lebih jauh (yg dikatakan skandal) itu hanya teman biasa.
tapi kenapa harus terjadi seperti ini??
saya selalu ditekan dan di ancam dan segalanya.

Thread Lama


SEPTEMBER 2014 (Ancaman)

Satu tahun sudah ane kerja di perusahaan ini, tampaknya makin banyak aja serangan dan ancaman dari orang2 yg ane belum tau siapa. (pikiran negatif ane dari temen2 kantor)
Bulan Agustus lalu ane sempat mendadak DROP, ga tau kenapa rasanya lemes banget, ga bisa ngangkat tubuh sendiri, setiap aliran darah rasanya pada linu gan.
Ane langsung ambil pikiran positif buat lakukan General Check-UP di Proxxa Lab sampe dengan ane tes HIV saking takutnya gan, dan ternyata hasilnya bagus:
- Tenakan darah baik
- HIV negatif / non-reaktif
- Bakteri negatif
- Gula negatif, dll
Intinya yg berbau penyakit atau virus atau bakteri semuanya negatif gan.
dan rasa sakit itu ga bisa di prediksi, tiba-tiba dateng dan tiba-tiba ane kesulitan buat angkat tubuh (berdiri) dan ambil nafas pun terasa sulit.
Akhirnya ane lari ke dokter spesialis jantung, ternyata NORMAL. Ane lari lagi ke dokter spesialis penyakit dalam dan hasilnya cuma dikasih vitamin aja (dokternya jg kebingungan).
Suatu sat sodara ane tlp, katanya di kantornya lg ada anak INDIGO. Ane coba tanya sedikit demi sedikit.
De, maaf kalo boleh nanya, ade bisa baca penyakit om apa ya?
Dia cuma senyum aja, terus dia cuma ngomong gini gan:
Om ambil aja daun sirih, terus di tumbuk dan dikasih air 1/2 gelas. terus om lulurin tuh ke badan tiap abis maghrib. Sama perbanyak makan kacang2an ya om...
Ane bingung juga gan, kenapa mesti ngelakuin gini. terus ane tanya:
Emang penyakit om medis atau non-medis de?
terus dia jawab:
Non-medis om
Ane tanya lagi,
kalo non-medis, kira2 asalnya dari mana de?
terus dia jawab:
itu mah ga bisa ade jawab om, om nya tinggal deketin diri aja ke Allah.
terus pikir yg positif aja ya om....
makin tinggi pohon maka makin kencang angin yg menerpa..

Haddduuuuhhhh..... Stuck ane dengernya....

Ditambah lagi makin kesini makin banyak sms yang ga jelas gan,
contohnya tiba2 ada sms:
- Ayah lagi apa? Dedenya udah bisa apa?
- Ayah kok sombong, gag mau angkat tlp aku?
dll. (mungkin tujuannya mau ngerusak rumah tangga ane kalo sampe sms ntu dibaca istri)

ada lagi sms yg pake kata-kata kotor:
- Txi !
- Anjxxg !!
dll. (ga tau yg ini tujuannya apa)

Ane bingung mesti gimana, semakin banyak aja yg nyerang ane. pas ane tanya ke beberapa temen baik di kantor katanya "wajar aja mas, di kantor pusat emang gesekannya kuat banget, segala cara dilakuin, apalagi dengan kantor cabang nya".
Waduh, tapi ane kan kerja bukan mau cari muka atau mau cari kekuasaan, ane kerja karena disuru ama atasan bikin aplikasi aja. setelah aplikasi jadi yaudah. (mungkin imbas dari aplikasi itu bikin banyak pegawai lain jd kehilangan pendapatan lapangan jg ya ga tau. Biasa pake manual banyak diselingkui dan skrg pake sistem jd pada ketauan jg ya wajar kan aplikasi ga bisa diboongi dan itu bukan urusan ane, kalo mau nyerang jgn ane tapi yg nyuruh ane aja, kalo begini terus gimana perusahaan mau maju, sambil kesel ane sharing ke temen baik ane gitu).
Kadang ane mikir kalo takdir hidup ane harus berakhir dengan cara guna2 ane terima, tapi gimana anak dan istri ane???

haduh berat banget kehidupan ane gan,,,,,



< UPDATE !!! > < UPDATE !!! >

DESEMBER 2014 (Awal Kebangkitan)

Sekian lama ane terus dibayang-bayangi dengan hati yang terus mengeluh. Skrg di tgl 17 November, ane diangkat secara khusus sebagai karyawan berprestasi oleh DIRUT dan BUPATI langsung yg menyerahkan. Dengan di beri SK Pegawai Tetap TMT 1 Januari 2015.
Sebelumnya ane berterimakasih banyak buat agan PUTU GITONG dan KASKUS. Penghargaan yg ane dapet ini tentunya hasil belajar dan sharing dari FORUM Website, Webmaster & Webdeveloper. Ane jg bangga dgn diri ane, keluarga dan tentunya buat ORTU ane lewat media masa yg nampilin ane 3 peroide berturut2. Ingin ane publish di Kaskus tapi takut tau MERK persh. hehehe... Ane ga tau harus gimana buat mengucapkan rasa terimakasih ini.

emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus

Cuma yg bikin ane terharu, pas ane dipanggil ke atas panggung, ga ada yg tepuk tangan dan ga ada yg bersorak. Hanya beberapa saja yg bersimpati. Semuanya flat aja kecuali tamu undangan. Sementara untuk penyerahan penghargaan masa bakti, semuanya pada bersorak dan tepuk tangan. hmmmm.... emoticon-No Hope
Setelah itu ane tanya ke temen2 yg lain, kenapa kok keliatan bgt ya ga simpatinya?
jawab temen ane:
"Iya, mungkin krn pengangkatan khusus lo baru pertama kali ada di perusahaan ini. Standarnya 2 tahun honor terus capeg 6 bln terus baru diangkat. Sementara lo belom jg setaun lebih udah diangkat khusus."
Hmm..... ane ga bisa jawab apa2 selain diem aja dan berfikir apa selanjutnya yg akan terjadi???


JANUARI 2015 (Awal Kebangkitan II)

Di Januari 2015 ini perusahaan ane memutuskan buat mengakhiri kerjasama dengan vendor aplikasi billing. Artinya dengan harapan perusahaan punya aplikasi dari buah tangan karyawannya sendiri. Dan akhirnya ane mulai membangun itu sampai dengan mengerjakan pembaharuan SERVER dengan waktu Installasi 3 hari ane ga tidur dgn harapan biar bisa cepet jualan lg. Al hasil semua berjalan dengan baik. Namun ada beberapa kendala sering dikerjain sistem jaringan dan server itu seperti di putus jaringannya atau di ubah nama folder di apache nya. (hasil tracking dari mikrotik vendor).
Ane langsung memutuskan buat memperbaiki dan mengganti password server dan jaringan. hasilnya lancar....
Namun kendala saat ini yg terbesar adalah ane di bantai keluhan 13 kantor cabang. Dikit2 ngeluh kaya anak baru belajar jalan.
Contoh: PIN / Connector RJ45 atau Kabel LAN rusak, minta ane suru dateng ke kantor cabang yg jarak tempuhnya 2 jam dari Kantor Pusat.
Betapa capenya ane gan...
Ditambah lg skrg tiap ane bangun tidur ga bisa ngerasain kesegaran. Yg ada semakin hari ane rasanya lemes yg ga biasanya. Badan ane semakin ciut rasanya. General Check-up hasilnya ga ada yg macem2 gan... Ditambah lagi ane ijin rawat inap aja ga boleh lama2. gimana ngga, ketika general Check-Up aja ane selalu di telepon kantor cabang/unit dengan masalah yg manja2 gitu aja dan kenapa hal begituan mesti ane??. Apalagi kalo ada masalah jaringan ga konek 1 menit aja ane kena maki2, sementara kalo ane minta indikasi awalnya, mereka bilang "ga tau, kan yang tau elo kalo soal beginian??, Cepetan pelanggan pada ngantri mau bayar!!!"
Disisi lain Pejabat2 udah pada ngajuin Project Aplikasi yg mnta di prioritaskan. Kalo ga dikerjain salah, kalo dikerjain yg lain pada bilang "Coba kerja yg fokus! nanti kalo ga pada selesai gimana??" Mungkin agan tau sendiri kan bikin aplikasi tu gimana? minimalnya harus jelas flowchartnya, harus tau kebutuhan, harus tau rumusan dan logika, kerangka database & relasi, proses pembuatan dan pengujian akhir sampai pelaksanaan. Itu baru satu aplikasi, gimana kalo banyak aplikasi?? Sementara bulan Januari ini aja 2 Aplikasi udah Running dan 1 Aplikasi sedang dalam masa percobaan. Kalo ane ngerjain yg lain dibilang ga ada prioritas / ga fokus. Kalo nyelesaikan yg lg masa percobaan dibilang "LELET !! ngapain aja lo lama bener??".
waduh gan, kalo semua mesti ane kayanya bisa minum obat sakit kepala tiap hari...
Padahal ane punya atasan dan udah ijin.
Ane udah coba buat setiap sabtu dan minggu adalah Quality Time buat Anak dan Istri. Tapi tetep rasanya ga bisa bikin ane sekuat dulu... Cuma sesaat pas lagi becanda doang, terus setelahnya ya drop lagi gan...
Dan diluar logika, ane coba menjabarkan juga gan:
Terkadang sering kali kalo malem suka mimpi ada yg merhatiin ane seorang cowok tinggi tapi berupa bayangan dari luar jendela kamar tidur krn ketutup kain gorden yg tipis. Anehnya pas ane tiap buka mata, pandangan ane tepat ke jendela seperti waktu mimpi cuma ga ada bayangan orang itu. Begitu ane bangun dan liat keluar dari jendela, ga ada siapa2. liat lantainya ga ada bekas telapak kaki padahal abis ujan. Ane pergi keluar juga ga ada siapa2 gan. dan mimpi itu udah 3x ane rasain dalam bulan2 januari ini.

[B]Ane minta bantuan dan saran agan/aganwati, ane mesti gimana selanjutnya gan?? emoticon-No Hope
Diubah oleh 120711 09-02-2015 02:04
0
5.7K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.