Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muadz2112Avatar border
TS
muadz2112
Motivasi Islami: Jadilah Cermin Yang Baik


Jadilah Cermin Yang Baik

Mengkritik itu mudah, karena melihat kesalahan orang lain itu gampang. Namun kritik yang didasari mencari-cari kesalahan orang lain tak mungkin dapat mempermudah keadaan. Anda tak perlu menghabiskan waktu dan tenaga anda untuk menilai apakah orang lain telah berbuat salah atau benar. Karena itu sangat mudah! Yang sulit adalah melihat kesalahan diri sendiri. Waspadailah jika anda pandai mengkritik. Jangan-jangan anda tak mampu lagi melihat kebenaran. Dan sebuta-butanya orang adalah mereka yang tak mampu menangkap cahaya kebenaran.

Sekali anda gembira bisa menemukan sebutir debu kesalahan orang lain, anda tergoda untuk mendapatkan yang sebesar kecil. Begitu seterusnya, hingga tanpa sadar anda telah menciptakan gunung kesalahan orang. Orang tak pernah suka berkaca pada cermin yang memantulkan kekurangan wajahnya. Maka dari itu janganlah anda menjadi bayangan atas kesalahan orang lain. Bantulah mereka menemukan sisi positif pada diri mereka. Di saat itu pula orang lain akan memantulkan sisi baik diri anda.

Jangan sekali-kali anda mencela orang lain, karena bisa jadi hari esok dia akan lebih baik dari diri anda. Jangan menghinanya, karena bisa jadi hari esok ia akan lebih mulia dari pada anda. Dan jangan remehkan kegagalannya, karena bisa jadi esok hari dialah yang akan menjadi pintu kesuksesan bagi anda. Sehingga jadilah cermin yang baik!

Baca Selanjutnya Silahkan klik Di sini
Baca
0
1.6K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.