awajAvatar border
TS
awaj
[Share] Serba-serbi hunting KPR
Quote:


Quote:



Quote:



Quote:


Nah kalo udah baru deh emoticon-Ngacirhunting2 KPR. Kenapa harus dipersiapkan dulu hal2 diatas adalah biar prosesnya cepet begitu dapet KPR yg sreg.

Quote:



Hal2 yg harus diperhatikan saat memilih KPR adalah:

1. Hati2 ama iming2 bunga kecil, karena itu bisa dipastikan hanya di 1-2th awal aja. Coba tanya berapa bunga berjalan saat ini. Bisa jadi pas di awal dibilang bunga 7% aja, tetapi pas jalan bisa 13-14%, nahlo naik 2x lipat kan? Selain itu tanya juga rata2 berapa bulan sekali di-review bunganya?

2. Minta simulasi cicilan per bulannya, detil sampe proporsi bunga/margin dan pokok hutang kita.
Quote:


3. Tanyakan soal penalty. Kebanyakan bank syariah gak ada penalty, paling cuman bayar margin terakhir aja. Kalo konvensional harus dipastikan lagi ke banknya. Kalo bank konvensional sekarang ini mulai menghaluskan istilah penalty. Soal besarannya berapa, katanya sih udah nggak gede lagi kok. Maap gak bisa kasih info lebih gamblang soal yg ini emoticon-Embarrassment

4. Tanyakan soal pelunasan di awal. Apakah hal ini dimungkinkan ato tidak. Sekaligus juga apakah boleh pelunasan sebagian atau tidak.
Quote:


5. Tanyakan soal kemampuan cicilan.Rata2 bank akan memberikan dana sesuai kemampuan angsur kita. Rata2 memberikan 30% dari TakeHomePay (THP), dan bisa joint income dengan istri. Inget ya, dengan istri, bukan dengan ortu ato mertua emoticon-Peace
Quote:


6. Atur waktu akad dan jatuh tempo bulanan.Nah, misalnya udah cocok ama suatu KPR, agan nanti akan diatur waktunya buat akad. Tapi yg perlu diperhatikan adalah kecocokan waktu antara agan, penjual, notaris & bank. Harus match semua nih. Bisa jadi salah satu pihak gak bisa pas tanggal yg ditentukan, mundur lagi deh. Ada beberapa bank yg melakukan akad max tgl 20 setiap bulannya, tapi ada juga yg tanggalnya bebas tapi jatuh tempo ditentukan pada tanggal X setiap bulannya (tanggal gak bisa nego).
Quote:


Update
7. Biaya yang mungkin timbul.Perhitungkan biaya KPR Gan, karena DP itu tidak termasuk biaya KPR. Biaya ini berkisar antara 5-6% dari nilai rumah.
Quote:


Note:
Kadangkala kita ngerasa kalo proses KPR itu makan waktu yg lama. Makanya agan harus pastikan semua syarat udah lengkap. Selain itu jangan sungkan2 utk follow up ke orang bank-nya, sekaligus memantau sejauh mana prosesnya.

Yah, kira2 itulah yg bisa gw share. Term & Condition Apply ya Gan. Tapi secara general sih gak jauh2 dari itu. Jangan lupa untuk selalu berdoa semoga semua dimudahkan dan dilancarkan. Kalo orang jawa bilang sih yg namanya cari rumah itu pulung-pulungan(kurang lebih terjemahannya adalah "jodoh-jodohan").

Semoga bisa membantu buat yg membutuhkan. emoticon-Shakehand2
Kurang lebihnya mohon maaf emoticon-Embarrassment

Spoiler for sumber:


Spoiler for clue bank ane:


Quote:


Sekian.
Doa ane semoga semua Kaskuser bisa mewujudkan rumah impiannya. Aaamiiiin.....
emoticon-Kiss

Jangan lupa emoticon-Rate 5 Starbiar yg lain bisa baca ya...
0
147.5K
9.7K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.