Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shantikemAvatar border
TS
shantikem
Alhamdulillah ... Menteri Pendidikan Dasar Menengah & Menteri Dikti bukan Orang JIL
Ini Profil M Nasir, Pakar Anggaran Undip yang Dipanggil Presiden Jokowi
Kamis, 23/10/2014 13:13 WIB

Alhamdulillah ... Menteri Pendidikan Dasar Menengah & Menteri Dikti bukan Orang JIL
Prof.Dr. Muhamad Nasir

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan seleksi menteri untuk mengisi kabinetnya, Kamis (23/10/2014). Sejumlah tokoh pun diundang ke Istana Merdeka. Salah satu yang hari ini dipanggil adalah Muhammad Nasir (54 tahun). Siapa Nasir sebenarnya?

Muhammad Nasir pada 29 September lalu terpilih sebagai Rektor Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, untuk periode 2014-2018. Dia terpilih melalui proses pemilihan langsung dalam rapat senat tertutup dengan memperoleh 148 suara, mengalahkan dua kandidat lainnya.

Rencananya Nasir baru akan dilantik pada 18 Desember 2014. Dia menggantikan Prof Sudharto yang akan berakhir masa jabatannya pada Desember tahun ini.

Sebelum terpilih sebagai rektor, Nasir adalah Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip untuk periode 2010-2014. Dia terpilih pada Selasa, 7 September 2010. Dia juga pernah menjabat Pembantu Rektor II di kampus yang sama.

Nasir menyelesaikan pendidikan S1-nya di Undip. Gelar magister diraihnya dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Gelar PhD dia kantongi dari University of Science Malaysia.

Visi Nasir saat menjadi dekan seperti dikutip dari situs undip.ac.id adalah menjadikan Fakultas Ekonomi Menuju World Class University. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mengelola dengan baik, benar dan terpadu aset-aset kampus berupa rumah sakit, pusat pelatihan, hingga laboratorium.

Pria kelahiran Ngawi, Jawa Timur, 27 Juni 1960 itu juga dikenal sebagai pakar anggaran. Tak heran ketika terpilih sebagai rektor salah satu prioritas utama yang akan dia selesaikan adalah soal anggaran di kampus.

Ayah dari empat anak itu juga dikenal memiliki jaringan luas. Dia juga dikenal dekat dengan mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar. Suara Nasir di ormas Islam tak bisa diabaikan, khususnya di kalangan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama Jawa Tengah.

Saat ditelepon detikcom tentang hasil pembicaraannya dengan Jokowi di Istana apakah terkait dengan posisi menteri, Nasir enggan berkomentar. "Enggak, enggak, enggak. Belum, belum, belum," elaknya lalu mematikan ponsel. Posisi kementerian apa yang cocok untuk Nasir?
http://news.detik.com/read/2014/10/2...residen-jokowi


Rektor Undip Sudah Tiba di Jakarta, Calon Menristek & Dikti?
Minggu, 26 Oktober 2014 | 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rektor Universitas Diponegoro Muhammad Nasir diketahui berada di Jakarta, Minggu (26/10/2014). Menurut informasi, Nasir berangkat dari Semarang ke Jakarta pada kemarin, Sabtu.

Nama Nasir disebut-sebut sebagai calon menteri riset teknologi dan pendidikan tinggi.

Dari pantauan langsung seperti ditayangkan Kompas TV, saat ini, suasana rumah Nasir di Semarang, Jawa Tengah tampak sepi. Tidak ada aktivitas yang terlihat di sekitar kediamannya.

Seperti diberitakan, Kamis kemarin, Nasir telah memenuhi undangan Jokowi datang ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan tersebut, Nasir mengaku membahas masalah pendidikan, sosial, dan masalah riset dan teknologi.

Sebagai informasi, sebelum menjabat sebagai rektor, Nasir pernah manjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.
http://nasional.kompas.com/read/2014...lon.Menristek.


Anies Baswedan jadi Menteri Kebudayaan dan Dikdasmen
Minggu, 26 Oktober 2014 19:11 WIB

Alhamdulillah ... Menteri Pendidikan Dasar Menengah & Menteri Dikti bukan Orang JIL
Anies Baswedan

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, menunjuk Anies Rasyid Baswedan sebagai Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah periode 2014-2019 dalam Kabinet Kerja-nya.

Rektor Universitas Paramadina sejak 2007 ini dikenal sebagai seorang intelektual dan mencatatkan diri sebagai rektor termuda Indonesia saat berusia 38 tahun.

Gelar Doktor dalam Ilmu Politik dari Universitas Northern Illinois 1999 berhasil diraih Anies pada usia 36 tahun, setelah meraih gelar Master dari School of Public Policy, Universitas Maryland pada 1997.

Cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan ini menjadi penggagas dan Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar.

Pria kelahiran Kuningan pada 7 Mei 1969 ini berasal dari keluarga akademisi.

Ayahnya, Rasyid Baswedan, adalah dosen pada Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia, sementara ibunya, Aliyah Rasyid, adalah Guru Besar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Menurut alumni Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada itu, pendidikan menjadi eskalator sosial ekonomi masyarakat Indonesia. Ia berinisiatif menciptakan pendidikan yang dapat membawa perubahan positif di masyarakat.

Anies menggagas Indonesia Mengajar dengan mengirim pengajar muda untuk mengajar satu tahun di Sekolah Dasar terpencil di penjuru negeri yang sejak 2010, Indonesia Mengajar telah memberangkatkan lebih dari 200 pengajar muda ke 17 kabupaten di Indonesia.

Suami dari Fery Farhati Ganis dan bapak empat anak ini berhasil menyandang segudang penghargaan tingkat dunia, salah satunya tercatat sebagai salah satu dari 100 Tokoh Intelektual Publik Dunia pada 2008 versi Majalah Foreign Policy terbitan Amerika Serikat.

Dua tahun berselang, giliran majalah Foresight terbitan Jepang menyebutkan nama Anies Baswedan sebagai satu dari 20 tokoh yang membawa perubahan dunia untuk 20 tahun mendatang.

Berkat prestasi yang gemilang itulah Presiden Joko Widodo meminta bantuan Anies untuk bergabung dengan pasangan Jokowi-JK dalam Pilpres 2014 sebagai juru bicara.

Pria yang sempat mencalonkan diri menjadi calon presiden lewat konvensi Partai Demokrat ini dipercaya menjadi salah satu staf deputi Rumah Transisi Jokowi-JK setelah pasangan tersebut dinyatakan menang oleh KPU.

Anies menjadi salah seorang Deputi Tim Transisi bersama Wakil Sekjen PDIP Hasto Kristianto, Sekretaris Tim Pemenangan I Andi Widjajanto, dan Sekretaris Tim Pemenangan II Faisal Akbar.
http://www.antaranews.com/berita/460...-dan-dikdasmen

------------------------

Prof.Dr.Mohamad Nasir itu selain Rektor UNDIP, asli pendidik dan tahu persis dunia pendidikan tinggi, dia juga orang NU (Nahdlyin).

Sedangkan Anies Baswedan, Ph.D adalah adalah cucu dari tokoh pergerakan nasional dan pejuang gigih pembela Islam di masa zaman pnjajahan dan zaman Soekarno dulu presiden, yaitu AR Baswedan, seorang nasionalis, jurnalis, pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat dan juga sastrawan Indonesia. Juga pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Wakil Menteri Muda Penerangan RI pada Kabinet Sjahrir, Anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), Anggota Parlemen dan Anggota Dewan Konstituante. AR Baswedan adalah salah satu diplomat pertama Indonesia dan berhasil mendapatkan pengakuan de jure dan de facto pertama bagi eksistensi Republik Indonesia yaitu dari Mesir.



emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh shantikem 26-10-2014 12:54
0
4.7K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.