Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
231
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/544c7ae81a997513338b456d/10-jajanan-tradisional-indonesia-yang-wajib-agan-coba
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba Jajanan pasar masih memiliki tempat di hati para pecinta kuliner nusantara. Era modern memang membuat kuliner tradisional ini terpinggirkan. Banyak remaja lebih suka makan burger atau pizza daripada jajanan pasar. Kuliner tradisional termasuk bagian dari budaya bangsa yang harus kita jaga. Berikut adalah sepuluh jajan pasar khas Indonesia yang
Lapor Hansip
26-10-2014 11:39

10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba

10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba


10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba


10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba


No Repost


10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba


Pembukaan


1.Klepon
Quote:Sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Anda tentu sering menjumpai panganan tradisional ini di pasar-pasar tradisional atau bahkan restoran berbintang. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah. Warna hijau pada klepon biasanya didapatkan dari campuran air daun suji atau pewarna makanan.
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba



2.Onde-Onde
Quote:Jajanan pasar yang berisi olahan kacang hijau yang manis. Selain populer, kue Onde-onde sangat terkenal di daerah Mojokerto. Bahkan, kota ini dijuluki sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit. Anda dapat menemukan jajanan lezat ini di pasar-pasar tradisional atau di pusat oleh-oleh. Anda juga bisa membeli onde-onde aneka isi yang kaya rasa.
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba



3.Cenil
Quote:Suka cenil? Cenil memiliki rasa yang unik dengan tekstur yang kenyal. Jajanan pasar ini terbuat dari tepung kanji, air, dan garam. Untuk penyajian, Anda bisa menambahkan parutan kelapa. Anda juga bisa mempercantik tampilan cenil Anda dengan memberikan pewarna makanan. Hmmm... Yummy!
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba



4.Kue Lapis
Quote:Makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna makanan. Kue ini disusun dengan pola warna yang berbeda-beda. Kadang Anda menemukan kue lapis dengan susunan dua warna atau bahkan lebih. Maka dari itu, kue legit ini diberi nama kue lapis.
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba



5.Getuk
Quote:Kata getuk berasal dari bahasa Jawa gethuk. Singkong merupakan bahan utama pembuat getuk. Anda bisa menikmati kelezatan getuk dengan menambahkan parutan kelapa di atasnya. Makanan ini biasanya mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pernah mencoba getuk goreng? Ini adalah oleh-oleh khas Sukoraja, Banyumas.
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba



6.Lemper
Quote:Sejenis jajanan pasar yang terbuat dari ketan dan biasanya berisi abon atau suwiran daging ayam. Kini kita lebih sering menemukan lemper yang dibungkus plastik daripada daun pisang. Sebaiknya Anda memilih lemper yang dibungkus daun pisang, karena rasanya pasti lebih legit dan tidak terkontaminasi zat kimia dari plastik.
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba



7.Combro
Quote:Makanan rakyat yang terbilang sangat nikmat. Jajanan ini merupakan panganan khas Jawa Barat yang terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom. Wuih...lezatnya!Combro lebih nikmat jika disajikan hangat-hangat.
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba



8.Ongol-Ongol
Quote:Salah satu makanan ringan tradisional Indonesia. Ongol-ongol terbuat dari tepung sagu aren kering, air, gula jawa, daun pandan, kelapa, dan garam. Makanan ini bertekstur kenyal dan memiliki cita rasa yang legit dan gurih.
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba



9.Otak-Otak
Quote:Makanan yang berbahan dasar olahan ikan yang dibumbui, terutama ikan tenggiri. Otak-otak bisa Anda jumpai di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri otak-otak sering kita temukan di beberapa daerah di sekitar pantai utara Jawa. Anda bisa makan otak-otak sebagai camilan atau ditemani dengan nasi.
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba



10.Nagasari
Quote:Kue yang dibalut pisang ini memang memiliki cita rasa yang gurih. Nagasari merupakan jajanan pasar yang sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Ini merupakan sejenis kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang.
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba



Penutup




emoticon-Big GrinSekian Thread Ane Ya Gan emoticon-Big Grin


Ane Mengharapkan


Tambahan Dari Kaskuser


Rekomen HT Juga Boleh Gan

Diubah oleh chaoochaoo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 12
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 14:10
Quote:Original Posted By chaoochaoo

wahh enak dong itu gan emoticon-Matabelo daerah rumah ane udh jarang yg dagang makanan bgtu , paling harus ke pasar dlu baru nemu makanan bgtu emoticon-Matabelo
Makasih banyak ya gan dah mampir di thread ane.. ane mnta emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya emoticon-Smilie

cuma bisa emoticon-Rate 5 Star gan
blum iso emoticon-Smilie
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 14:45
Quote:Original Posted By rickmalmsteen
nagasari emoticon-Bingung (S)
kalo ditempat ane namanya lambangsari emoticon-Cendol (S)

Wahh agan daerah mana gan emoticon-Big Grin
kalau di daerah ane Nagasari gan namanya emoticon-Smilie
emoticon-Rate 5 Star ya gann thanks dah mampir...

Quote:Original Posted By Rahmay
aduh gan, jadi inget masa kecil ane, semuanya udah pernah ane coba, dan rasanye Maknyosss emoticon-Matabelo


Wkwkkw sama gan . dlu ane kecil pulang sekolah pasti beli jajanan kue pasar emoticon-Big Grin
thanks gan dah mampir emoticon-Big Grin jgn lupa emoticon-Rate 5 Star ya emoticon-Smilie
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 17:32
tambahin gan, kalo ditempat ane sii kue putu namanya, isinya gula merah gt..
biasanya malem malem tukangnya keliling dengan suara khasnya emoticon-Big Grin
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 17:44
Quote:Original Posted By sipriee
tambahin gan, kalo ditempat ane sii kue putu namanya, isinya gula merah gt..
biasanya malem malem tukangnya keliling dengan suara khasnya emoticon-Big Grin


Putu sama klepon bukannya sama ya gan ? sama juga isi dalemnya gula merah. kalo di makan maknyos bgt pas gula nya kena di lidah emoticon-Ngakak
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 17:46
kok "wajik" sama "gemblong (ada yg bilang jadah)" kok ndak dimasukkan emoticon-Bingung (S)

jajanan tradisional di desa2 tuh dan cuman muncul kalo ada acara pernikahan ....
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 17:48
ane jadi laper gan emoticon-Matabelo
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 17:52
jadi laper ggan.....tp di t4 ane uda jarang jajanan seperti itu.....paling bnyk yg gorenganemoticon-Ngakak
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 17:53
Quote:Original Posted By chaoochaoo


Putu sama klepon bukannya sama ya gan ? sama juga isi dalemnya gula merah. kalo di makan maknyos bgt pas gula nya kena di lidah emoticon-Ngakak


hahaha, ane taunya ditempat ane kue putu
yang keluarnya tuh malem malem emoticon-Ngakak
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 17:58
Beberapa ada makanan favorit ane lemper, kue lapis, onde2, otak2, Untuk risol ga masukin TS? Makanan favorit ane jg itu emoticon-Big Grin
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 18:03
Quote:Original Posted By speedxp
kok "wajik" sama "gemblong (ada yg bilang jadah)" kok ndak dimasukkan emoticon-Bingung (S)

jajanan tradisional di desa2 tuh dan cuman muncul kalo ada acara pernikahan ....

ane masukin yg tradisional yg sering di pasar2 aja gan . dipasar daerah ane jarang bgt gemblong. Gemblong paling kalo ane ke daerah puncak / sukabumi emoticon-Smilie
Thanks gan dah mampir di thread ane.. jgn lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L) & emoticon-Rate 5 Star ya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By phobiamonyet
ane jadi laper gan emoticon-Matabelo

Makan gan emoticon-Big Grin
Thanks gan dah mampir di thread ane.. jgn lupa emoticon-Rate 5 Star ya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By culganzsunky
jadi laper ggan.....tp di t4 ane uda jarang jajanan seperti itu.....paling bnyk yg gorenganemoticon-Ngakak

Mungkin di pasar-pasar masih ada yg jual gan , meski sedikit emoticon-Sorry
Thanks gan dah mampir di thread ane.. jgn lupa emoticon-Rate 5 Star ya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By sipriee


hahaha, ane taunya ditempat ane kue putu
yang keluarnya tuh malem malem emoticon-Ngakak

Iyaaa tukang putu jual klepon juga kalo ga salah..
tukang putu yang bunyinya nguuuunnngg itu kan ? emoticon-Ngakak
Thanks gan dah mampir di thread ane.. jgn lupa emoticon-Rate 5 Star ya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By oxyfine
Beberapa ada makanan favorit ane lemper, kue lapis, onde2, otak2, Untuk risol ga masukin TS? Makanan favorit ane jg itu emoticon-Big Grin

Mantappp gann emoticon-2 Jempol ane juga suka semua kue diatas emoticon-Big Grin
Risol emang tradisional gan ?
Thanks gan dah mampir di thread ane.. jgn lupa emoticon-Rate 5 Star ya emoticon-Smilie
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 18:23
mantep tu
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 18:28
Ane suka getuk gan emoticon-Big Grin
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 18:51
haduh mlm2 gini jadi laper
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 20:37
yg nomer 8 bukan ongol-ongol tuh gan... klo di gambar itu kue nya klo ga salah dari singkong... sedangkan ongol-ongol berbahan tepung hun kwe CMIIW...
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 20:48
Quote:Original Posted By chaoochaoo

ane masukin yg tradisional yg sering di pasar2 aja gan . dipasar daerah ane jarang bgt gemblong. Gemblong paling kalo ane ke daerah puncak / sukabumi emoticon-Smilie
Thanks gan dah mampir di thread ane.. jgn lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L) & emoticon-Rate 5 Star ya emoticon-Smilie


Makan gan emoticon-Big Grin
Thanks gan dah mampir di thread ane.. jgn lupa emoticon-Rate 5 Star ya emoticon-Smilie


Mungkin di pasar-pasar masih ada yg jual gan , meski sedikit emoticon-Sorry
Thanks gan dah mampir di thread ane.. jgn lupa emoticon-Rate 5 Star ya emoticon-Smilie


Iyaaa tukang putu jual klepon juga kalo ga salah..
tukang putu yang bunyinya nguuuunnngg itu kan ? emoticon-Ngakak
Thanks gan dah mampir di thread ane.. jgn lupa emoticon-Rate 5 Star ya emoticon-Smilie


Mantappp gann emoticon-2 Jempol ane juga suka semua kue diatas emoticon-Big Grin
Risol emang tradisional gan ?
Thanks gan dah mampir di thread ane.. jgn lupa emoticon-Rate 5 Star ya emoticon-Smilie


udh ane rate 5 gan emoticon-Shakehand2
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 20:53
jajanan ini sih biasanya disebut jajanan pasar gan kalo di tempat ane, soalnya adanya di pasar kalo pagi-pagi dan enak banget rasanya, sekarang makin jarang aja yang jualan jajanan gini
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 20:53
jualannya nyokap disebut semua..wkwk
masi ada yg kurang, gan..
semar mendem..kaya lemper tp dibungkus pake telorr..
ada juga talam, resoles, bolang-baling/galundeng/gandung2, jakkwe, kue mangkok, kue ku/mata kebo, getas, jadah, pastel, dll......
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 21:18
Quote:Original Posted By lnnocent
mantep tu

iyaa gann emoticon-Big Grin
pernah nyobain smua kue diatas kan ? emoticon-Big Grin
Thanks gan dah mampir .. Jangan lupa emoticon-Rate 5 Star yaa emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By anna.pratami
Ane suka getuk gan emoticon-Big Grin

Thanks gan dah mampir .. Jangan lupa emoticon-Rate 5 Star yaa emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By supermoon13
haduh mlm2 gini jadi laper

Makan gann emoticon-Big Grin
Thanks gan dah mampir .. Jangan lupa emoticon-Rate 5 Star yaa emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By SnoWolf
jajanan ini sih biasanya disebut jajanan pasar gan kalo di tempat ane, soalnya adanya di pasar kalo pagi-pagi dan enak banget rasanya, sekarang makin jarang aja yang jualan jajanan gini

Memang jajanan pasar gan emoticon-Smilie
di daerah rumah ane masih suka ada yang jualan kok emoticon-Smilie tapi pagi hari sih ..
Thanks gan dah mampir .. Jangan lupa emoticon-Rate 5 Star yaa emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By newclaluna
jualannya nyokap disebut semua..wkwk
masi ada yg kurang, gan..
semar mendem..kaya lemper tp dibungkus pake telorr..
ada juga talam, resoles, bolang-baling/galundeng/gandung2, jakkwe, kue mangkok, kue ku/mata kebo, getas, jadah, pastel, dll......

Warnanya hijau bukan gan? Dadar Gulung ?
Thanks gan dah mampir .. Jangan lupa emoticon-Rate 5 Star yaa emoticon-Smilie

0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 21:32
gilee ane ampe ngiler liatnya emoticon-Matabelo
0 0
0
10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Agan Coba
26-10-2014 21:34
klepon enak banget tuh emoticon-Genit
0 0
0
Halaman 3 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia