hashfikartikaAvatar border
TS
hashfikartika
ALL THE THINGS YOU MUST KNOW ABOUT MOGE
Moge. Apa yang kamu tahu sih tentang moge?? :

Ahhh moge itu pokoknya cc nya gede emoticon-thumbsup!
Pokonya blarrrr!! Blarrr!!! (ini sih harley bro)
High class, yang punya duit banyak (rasional)
Iiihhh motor bagus!! Fotoin akyyu yachh nanti uplodd di fesbuk, twitter, instagram line... (Alay bingitzz -___-“)

Lo punya moge? Goncengin dong (kalo cewek cantik gakpapa emoticon-Kiss)

Nah yang diatas tadi itu yang positif, kalo yg negatif? Cekidot gan:
Quote:


Sepanjang waktu saya selalu searching thread atau topik yang membahas tentang moge dan rata2 komen negatifnya lebih banyak daripada positifnya (T.T) emoticon-Berduka (S). Ini berarti banyak persepsi negatif tentang moge yang merebak di masyarakat Indonesia. Oleh karena itu saya menulis thread ini agar bisa dibaca ente2 sekalian dan mengerti seluk beluk tentang moge dan pastinya lingkungannya. Karena tidak selamanya kelakuan moge seperti yang komen2 negatif tadi..

Mogea.k.a Motor Gede adalah sebuah motor dengan kapasitas mesin 400 cc ke atas (untuk 2 tak 250 cc ke atas). Dengan cc trsebut dapat dipastikan power dan akselerasi yang dihasilkan semakin besar dan suara yang dihasilkan dari knalpot juga semakin kenceeenggg. Ditambah dengan bodinya yang unik/ eye catching dan kehadirannya yang jarang ditemui di jalan sehingga jika ada moge lewat mata pun akan melirik hehehe. Tak salah jika harganya yang sangat mahal dan yang membeli.. tentu saja yang sanggup membayar alias dompetnya tebel alias kaya . Konsekuensi dari membeli moge ialah duitnya habis banyak, selain pembelian juga perawatannya agar mesin dan bodi kondisinya benar2 ok. Mengingat cuaca di Indonesia yang beriklim tropis berbeda dari negara asal moge yang beriklim 4 musim sehingga mengendara moge rasanya panas sekali. Panas tersebut dihasilkan dari hawa panas yang memancar dari mesin yang besar. Secara logika, panas mesin dihasilkan dari kerja pembakaran bahan bakar oleh besi yang menggerakkan piston. Semakin besar mesin semakin besar piston dan ruang bahan bakar sehingga membutuhkan ledakan semakin besar yang berakibat panas yang lebih. Selain panas moge juga membutuhkan tenaga yang lebih untuk mengendalikannya karena manuver yang lebih lebar dan usaha untuk membelokkan setang serta menjaga kestabilan motor. Dan satu lagi menjaga bodi lebarnya tidak beset tergores benda lain. Oleh karena itu sampai2 beberapa mall di Jakarta memberikan akses parkir khusus untuk moge (di Surabaya sih bisa2 aja cuma harus ijin dulu sama pengurusnya mall dan harus berkelompok) agar para pengendara mogenya merasa nyaman dan aman.


Moge pun terbagi menjadi 7 jenis: (pembagian ini menurut garis besarnya)

Sport : moge ini dari bentuknya pasti gampang dikenali yaitu terdapat fairing (cover aerodinamis ) setang jepit dan posisi pengendaranya yang seperti membalap tentunya. Punggung agak membungkuk dengan tungkai terlipat dikit ke atas. Kalo moge ini melintas di jalan rasanya ingin ngebut saja lah tipenya aja seperti motor balap pastinya kencengg.

Touring: Moge ini didesain untuk perjalanan jarak jauh. Moge ini dibuat agar posisi berkendara senyaman mungkin. Sadel kursinya terbuat dari busa tebal nan empuk bahkan sadel penumpangnya berbentuk kursi. Dilengkapi juga bagasi muatan banyak disamping dan dibelakangnya. Bahkan dilengkapi dengan audio atau lebih wah lagi dilengkapi dengan GPS.

Cruiser : moge ini umumnya sering lewat di jalanan. Bahkan hari kerja pun. Mungkin karena posisi mengendaranya dan tampilan keren jadinya pengendaranya bisa menyetir dengan rileks sehingga pede dibawa ke kantor. Moge tipe inilah yang sering didefinisikan oleh masyarakat umum sebagai moge yang sebenarnya (yah mungkin karena ketidaktahuan mereka lah. Makanya saya ingin definisikan emoticon-Metal) . dengan merk dominan yaitu Harley-Davidson.

Streetfighterr: moge tipe ini bisa dibilang perpaduan antara moge sport dan touring. Bisa juga disebut “naked bike”. Moge ini berkarakter seperti moge sport tetapi dengan posisi berkendara tegak layaknya moge touring. Mungkin untuk orang awam yang masih bingung bagaimana bentuk tipe motor naked bike ini lihat aja Yamaha byson terus mesinnya dibesarin nah jadilah naked bike atau yang beruntung di jalan bertemu ducati monster atau kawasaki z800 atau ER-6n nah that’s the real! .

Enduro: moge tipe ini mungkin sedikit di Indonesia karena baru booming. Tetapi tak lama pasti akan kalian temui. Dari namanya moge ini memang dirancang untuk melewati segala medan. Moge enduro yang ada di indonesia dominan bermerk BMW dan KTM.

Trail: Moge tipe ini hampir sama dengan tipe enduro cuma perbedaanya moge enduro selain bisa melibas trek tidak rata moge ini juga nyaman dibuat untuk touring. Sedangkan untuk trail lebih dikhususkan untuk trek non aspal. Saran saya untuk pemula apalagi yang tinggi badannya pendek jangan mencoba moge tipe enduro dan trail dulu soalnya high seat nya benar2 tinggi sehingga bisa menyulitkan para pemula dalam menaklukkannya.

Skuter: Moge ini so pastinya bertransmisi automatic tinggal gas rem. Populasinya sedikit di indonesia (ya iyalah moge kan harusnya macho masak feminim cuma gas rem wkwkwk). Umumnya merk nya Piaggio.

Quote:


Ok sekarang terjadi pergerseran mindset tentang motor matic. dulu yang identik dengan tunggangan cewek (karna popularitas mio) sekarang menjadi kendaraan urban baik laki maupun cewek. karna ergonomis nya dan tampilannya yang udah mulai ganteng bangetemoticon-Cool dimulai dari kehadiran honda PCX sebagai matic eksklusif emoticon-Smilie di Indo kemudian menyusul Piaggio dan benelli serta pemain kakap yamaha yg menurunkan T-max (entah histori ny gimana refrensinya masih kurang butuh masukannya gan emoticon-Bingung (S)) so never mock them "ladies" again emoticon-Big Grin

Quote:


Cafe Racer: ada yg juga nyebut motor klasik tapi nanti dikiranya motor indian ato harley model heritage2 gitu jadinya salah dong emoticon-Big Grin. motor tipe ini berbentuk seperti motor2 pada tahun 60-70an dimana perpaduan klasik dan bentuk kompak menjadikannya sebagai model tersendiri. motoGP jaman dulu aja bentuknya kayak gini (kalo gak ada fairing) hal yang menjadi ciri khas adalah sadel lurus pnjang (kadang buritan tawon) , setang jepit, dash analog, mesin pake kisi2 udara. model gampangnya seperti honda cb 100. kalo mau versi mogenya moge triumph seperti bonneville atau thruxton emoticon-Smilie


Nah banyak banget kan tipe moge tersebut. Klub-klub moge di Indonesia pun terbentuk terkadang dari perkumpulan pemilik yang mempunyai moge setipe. Ada pula yang terbentuk sekedar membikin klub untuk wadah penyaluran hobi dengan anggota bisa moge tipe aja. Nah untuk menyalurkan hobi tersebut para klub-klub moge tersebut sering mengadakan acara touring selain untuk mengasah skill juga sebagai kegiatan melepas penat alias bersenang-senang. Disini mulai persepsi masyarakat akan moge bersumber dari ini.

  • Kenapa sih moge harus pakai voorijder segala? Manja banget

bukan maksud manja. Tetapi faktor risiko yang dihadapi para pengendara moge lebih besar daripada yang cuma bawa motor bebek. Which? Kondisi jalan Indonesia yang rata2 berlubang ditambah attitude pengendara motor bebek yang zig zag ditambah para penyebrang yang kadang2 nyelonong gak noleh kanan kiri. Berbeda jauh dengan kondisi jalanan di negara asal moge yang lebar, mulus, attitude pengendara kendaraan lain yang tertib serta penyebrang yang tertib menyebrang lewat zebra cross. Kejadian kecelakaan yang menimpa artis sophan sophian itu aja sudah pakai voorijder masih aja bisa terjadi apalagi kalo gak ada voorijder, siapa yg menjadi cover di depan jika ada hal2 membahayakan ?. Para pengendara moge rata2 adalah orang dengan pangkat pejabat tinggi suatu perusahaan ato pemerintahan yang dengan jadwal padat sehingga ketika ada kesempatan untuk riding mereka sepantasnya memita bantuan voorijder agar momen riding mereka bisa dimaksimalkan seiring padatnya jadwal kerja mereka.

  • Moge inginnya nyalip terus

saya berpengalaman menaiki moge dan kebetulan tunggangan saya adalah moge honda cbr 1000. Rasanya memang motor ini lebih enak dikendarai kenceng. Karena ketika macet atau jalan pelan tangan rasanya berat untuk menjaga setang dan mengendalikan gas karena posisi badan yang statis ketika pelan membuat berat badan tersangga lebih ke tangan sehingga membuat tangan cepat lelah. Sedangkan ketika diajak banter posisi badan berubah-ubah sehingga berat badan tidak tersangga lebih ke tangan. Jadi bisa lebih rileks. Dan juga ketika banter membuat udara lebih banyak tersalurkan ke mesin sehingga mesin tidak terlalu panas. Makanya maklumi ya jika lagi berkendara di jalan trus ada moge jalannya kenceng gak usah syirik sama tuh moge karena memang panas banget kalo ngendaraiin moge makanya cari angin hehehe. Kalo memang berpapasan di jalan saat macet trus sampe pengendaranya gedor2 mobilmu ato bersikeras ingin kamu minggir wah itu brarti pengendaranya yang benar2 arogan. Saya sebagai pengendara moge malah tidak mau melakukan hal itu karena saya tahu jalan ini milik bersama maka saya juga seharusnya menaati aturan yang diterapkan. Bukan jalan seenaknya. Walaupun dengan paha kepanasan --“. Dan saya melihat malah mereka yang naik motor bebek dengan seenaknya ketika macet malah memakan jalur samping sehingga yang dari arah berlawanan cuma dapet seperempat badan jalan. Gak tahu apa sih yang ada di otak mereka lah mereka yang dari arah berlawanan gak dapet jalan kan.

  • Ngapain beli moge? Beli mobil aja

Sudah saya bilang di atas bahwa kalo orang sudah punya moge pasti dia sebelumnya dah punya mobil. Hanya orang bodoh yang beli moge tok tetapi gak mau beli mobil. Ya iyalah secara nilai fungsi mobil memang lebih bisa diandalkan daripada moge. Ingat, moge hanyalah just for fun, bukan buat kendaraan sehari2. Mungkin hal ini hanya berlaku di negara kita atau negara berkembang lainnya. Kalo di luar negeri moge pun bisa menjadi kendaraan sehari2. I don’t know why tetapi setahu saya harga moge diluar sana malah lebih murah atau sama dengan sebuah mobil jadi orang2 disana lebih suka mengendarai moge. Mungkin lebih praktis kali emoticon-Big Grin. Mereka naik moge bagaikan disini kita naik megapro. It’s usual.

  • Moge Suaranya bising

Semakin besar cc mesin semakin besar suara yang dihasilkan dan mungkin orang awam akan menganggap hal itu mengusik ketenangan lingkungan sekitar. Dan semestinya harus dimusnahkan. Eitzz tunggu dulu. Suara knalpotnya yang besar itu bisa menjadi penjamin keselamatan penyebrang kaki. Loh kok bisa? Ketika dari kejauhan , suara dari moge yang akan melintas pasti terdengar sehingga pejalan kaki yang akan menyebrang (gak pake jembatan penyebrangan lho) pasti akan waspada dulu sebelum melintasi jalan. Nah kalo yang melintas motor supra gitu penyebrang bisa saja langsung nyelonong tanpa lihat kanan kiri karena gak kedengaran apa2 trus bruakkkk. yah memang sesama pengguna jalan harus saling waspada tetapi suara besar dari kejauhan bisa memancing penyebrang untuk lebih waspada. Minimal bisa dicegah lah hal2 sepele kayak begini dengan sesuatu yang simpel emoticon-I Love Indonesia (S). Lagian yang selalu bikin bising dijalan ialah para terong2an (remaja urakan) dengan motor bebek (rata2 masih nyicil) dipasangi knalpot brong yang tidak bermerk (bikin di pinggir jalan) trus buat balapan liar atau kalo lebih parah tiap tanggal 31 desember konvoi sambil blayer2 di jalan dengan knalpot yang superr tidak jelas (khong guan aja dipake).

  • Naik moge resiko mati

Masya Allah. Jangan doa yang jelek2 lah. Minimal doa hati2 di jalan. Yah untuk urusan itu memang udah kehendak-NYA tetapi kita bisa meminimalisirnya. Keselamatan pengendara bergantung pada bagaimana cara pengendara tersebut mengendalikan kendaraannya. Kalau kita bisa bandingkan dengan logika, naik moge kecepatan 40 aman tetap di jalur taat rambu dibandingkan naik bebek kecepatan 90 zig zag ada lampu merah diterobos ada orang mau nyebrang tambah digas nah bisa dikira2 mana yang lebih aman? Ya jelas tentu yang naik moge nya. Walaupun moge diciptakan untuk highspeed tapi jarang saya menemui para pengendara moge berkendara ugal2an termasuk saya sendiri, ngapain juga melanggar toh itu buat keselamatan saya sendiri. Kecuali kalau iring2an ditambah voorijder wah beda cerita tuh. Mending kasih jalan deh kasihan mereka terburu2 dikejar deadline kerjaan.




Tambahan juga dari saya
Penggunaan voorijder sebenarnya saya sudah searching sebelumnya dan memang penggunaannya ada keterangan “konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas kepolisian negara Republik Indonesia”. Dan banyak masyarakat menilai penggunaan voorijder kerap disalahgunakan oleh para klub-klub moge untuk ajang “merampas hak jalan” mereka. Padahal gak selalu klub moge yang memakai voorijder. Klub motor2 kecil pun yang konvoi terkadang pake voorijder. Selain motor? Mobil pengantin pun sering terlihat dikawal oleh voorijder. Bis pun juga ada, terutama bis perusahaan ataupun siswa yang ingin liburan juga ada lho yang memakai jasa voorijder. Nah inti dari semua ini adalah kenapa mereka ingin memakai jasa voorijder? Salah satunya adalah keamanan. Pengondisian jalur berkendara dengan dikawal polisi memang akan meningkatkan keamanan berkendara, khususnya keamanan dari ancaman kejahatan orang lain. Nah di internet ada yang pro dan kontra tentang penggunaan voorijder. Yang kontra menjelaskan bahwa kegunaan voorijder hanya ditujukan bagi pejabat lembaga negara yang penting sehingga membutuhkan proteksi lebih, bukan untuk suatu kelompok masyarakat yang sedang senang-senang. Sedangkan yang pro menjelaskan bahwa semua masyarakat berhak mendapatkan rasa aman salah satunya dengan menggunakan jasa voorijder dalam menggunakannya. Jadi sah2 saja menyewa mereka. Nah sebentar lagi akan ada pemilu 2014, dengan pergantian kepala presiden tersebut saya berharap peraturan tentang voorijder bisa diungkit kembali, mau direvisi atau tetap dipertahankan kita hanya pasrah semoga pemerintah khususnya kepolisian bisa memberikan keputusan yang baik setelah sebelumnya kasus ini pernah diungkit Pak SBY tahun 2007. Kalo saya disuruh milih saya lebih milih pro aja. Kembali ke rasa keamanan yang mestinya kita dapat. Ingat, keluarga menunggu di rumah emoticon-Pasangan Smiley.


Rasanya sekian yang dapat saya terangkan seluk beluk mengenai moge. Saya sebagai pengendara moge ingin mencoba memberikan informasi agar kalian2 khususnya yang masih awam terhadap moge segera mengerti tentang attitude mereka dan moge nya. Semoga para masyarakat yang selalu negative thinking tentang moge bisa memikirkan perkataanya lagi karena memang kenyatannya begitu. Kita punya moge bukan berarti kita tidak senang punya mobil. Kita membisingkan jalanan bukan berati ingin mengganggu telinga2 sekitar. Kita berkendara kencang di jalan bukan berarti kita berkuasa semaunya. Memang pasti ada yang berbuat layaknya arogan tetapi itu tidak berati semua pengendara moge berkelakuan seperti itu bukan ?

Keep safety riding gan. baik moge bikers dan non moge bikers
emoticon-Ngacir

jangan lupa kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Sundul nya ya
terima kasih

emoticon-2 Jempol
Diubah oleh hashfikartika 21-02-2015 18:18
0
34.6K
263
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2KASKUS Official
19.1KThread8.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.