Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ZindroAvatar border
TS
Zindro
Mengenal jenis accu dan penggunaannya
Mungkin sebagian orang sudah paham mengenai jenis accu tapi TS sering mendapati masih banyak orang yang tidak mengerti beda accu mobil dan accu kering.

Accu MF bukan Accu kering
Selama ini masih banyak salah kaprah yang beredar di masyarakat maupun penjual accu mengenai Accu kering. Seringkali Accu MF disebut sebagai Accu kering padahal bukan. Begitupula waktu saya berjualan Accu kering, seringkali orang menanyakan “Accu kering” untuk mobilnya.

Menurut TS ada beberapa jenis accu yang umum digunakan:

Accu Basah (Standard Wet Cell)


Accu jenis ini adalah Accu yang paling sering digunakan dan cukup handal jika ketinggian air dijaga pada level yang semestinya. Kekurangannya adalah harus sering memonitor ketinggian air, jika kurang harus ditambah air suling.
Harga paling ekonomis.
Merk yang umum: GS, Yuasa

Accu Hybrid


Accu Hybrid mulai digemari sekarang ini karena rendahnya penguapan sehingga kita tidak perlu sering memonitor ketinggian air accu tetapi juga masih menyertakan lubang pengisian cairan.
Accu jenis ini elektroda negatif menggunakan Calcium supaya penguapannya rendah. Accu hybrid menggunakan teknologi gabungan antara accu basah dan accu MF.
Harga sedikit diatas Accu Basah
Merk yang umum: GS

Accu MF (Maintenance Free)


Accu MF bukan Accu kering, sering disebut2 accu kering yang sebenarnya salah kaprah. Tidak memerlukan penambahan air accu selama usia pemakaian. Kedua elektrodanya menggunakan Calcium sehingga penguapan air benar-benar rendah. Konstruksi Accu jenis ini sebenarnya hampir sama dengan Accu basah yaitu sama banyak cairan elektrolitnya dan termasuk aki basah juga.
Harga diatas Accu Hybrid
Merk yang umum: GS, Yuasa, Delkor, Amaron, Rocket

Hal yg tidak diketahui umum
Accu MF sebagian dapat diisi air suling untuk memperpanjang umur pemakaian krn masih menyediakan tempat pengisian yg biasanya disegel stiker. Sebagian lagi memang benar2 di seal penutupnya supaya tidak bisa dibuka.

Accu Kering (Sealed Lead Acid)



Accu jenis ini banyak digunakan di UPS, emergency lamp maupun solar panel battery backup. Accu jenis ini ada beberapa jenis diantaranya Gel type dan AGM type.
Accu kering penempatan lebih fleksibel, bisa terbalik ataupun miring.
Spoiler for Contoh accu kering dipasang terbalik di UPS APC:

Accu jenis ini saat digunakan tanpa bantuan sumber listrik lainnya, jadi benar-benar bersumber dari cell accu.
Harga paling mahal diantara ketiga accu diatas.
Merk yang umum: Panasonic, CSB, Hitachi, BSB, Exide

Hal yg tidak diketahui umum:
Accu kering juga bisa ditambahkan cairan dengan merusak penutup plastic yang disegel di pabrik. Pemakaian dg beban atau charging berlebihan sering membuat accu panas dan membuat cairan menguap sedikit demi sedikit.
Contohnya seperti Panasonic diatas terdapat lingkaran2 dicover bagian atas, itu adalah penutupnya.
================================================================
Perbedaan tebal Plat Accu MF dan Accu Kering
Perbedaan tebal plat dari kedua jenis accu dapat dilihat di bawah ini.
Maka janganlah heran jika accu kering harganya sangat mahal, mengingat tebal plat yang dipakai.
Spoiler for Daleman accu MF 50AH:

Spoiler for Daleman accu kering 1,3AH:

================================================================
Penggunaannya:
Dari keempat kategori diatas Accu Basah, Accu Hybrid dan Accu MF kebanyakan digunakan untuk otomotif dan berfungsi sebagai Starting Battery (Cranking), sedangkan accu Kering lebih ke arah Accu Deep Cycle karena penggunaan yang kontinu.

Apa sih Starting Battery / accu mobil? Accu mobil biasa digunakan untuk start awal mesin mobil yang membutuhkan arus listrik cukup besar, pada saat mesin sudah hidup maka suplai listrik tergantikan oleh alternator sehingga accu boleh dikatakan tidak bekerja lagi. Boleh dibilang listrik dari alternator dialirkan menuju accu sebagai buffer / perantara sebelum menuju ke beban (lampu, ecu, dll).
Karena beban berat saat start maka accu jenis ini memiliki plat yang tipis tapi jumlahnya lebih banyak sehingga Ampere bisa lebih besar saat Starting.

Berbeda dengan accu Kering yang biasa terdapat pada UPS yang saat tidak digunakan akan diisi terus secara otomatis dan pada saat dibutuhkan benar-benar mengandalkan accu untuk menyalakan peralatan komputer. Accu jenis ini memiliki plat yang lebih tebal dibandingkan accu mobil/ Starting, karena itulah accu ini tergolong paling mahal daripada accu lainnya.

Maka dari itu sebaiknya gunakan accu sesuai dengan peruntukannya, untuk mobil ya gunakan accu basah/MF, untuk UPS gunakan accu kering.
Kalau dibalik2 gimana, ya tetap bisa dipakai tapi penggunaan yang salah pasti akan merugikan.
Seperti accu mobil dipakai di UPS, bisa sih dipakai, tapi kalo penggunaannya sering backup dalam waktu panjang, cell accu akan cepat rusak dan penempatan accu basah jangan dipasang indoor dalam ruang tertutup krn berbahaya, gas yg timbul bisa meledak kalau ada api.
Silahkan di Rate emoticon-Jempol
Jika suka, ane menerima sumbangan emoticon-Blue Guy Cendol (L)(biar ane semangat bikin thread)

Baru 3 cendol dan 3 abu gosok
Diubah oleh Zindro 03-02-2015 07:30
0
23.9K
179
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.