Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mperncopAvatar border
TS
mperncop
Surabi Duren Mang Uban-Seseupan, Ciawi-Bogor.
Udah mau weekend lagi nih, agan agan yang mau wisata kuliner atau jalan jalan ke wilayah Bogor, ga ada salahnya mencoba surabi duren di Seseupan Ciawi. Saya menulis tentang surabi duren, lengkap dengan foto menu dan harga.


Hari libur panjang peringatan paskah yang lalu, saya putuskan untuk mengunjungi saudara saya yang rumahnya berada di sebuah desa di Bogor. Cibedug nama desa itu, sebuah desa yg terletak tidak jauh dari Tapos, peternakan sapi keluarga Soeharto.
Sebelum sampai Cibedug, saya biasanya mampir ke sebuah kedai surabi duren yg telah menjadi langganan saya sejak 2011.
Kedai surabi duren ini terletak di Jl raya Puncak, Ciawi, Bogor,di sebuah perempatan jalan yang disebut dengan Seseupan.
Di pojok Seseupan, di sebelah kiri jalan dari arah Ciawi inilah kedai Surabi berada. Surabi Duren Mang Uban namanya, kedainya terbuat dari bambu dengan banyak tungku di bagian depan. Kedai ini selalu ramai, benar benar tak pernah sepi pengunjung, entah weekdays atau weekend.
Dulu meja di kedai mang uban ini hanya berjumlah empat buah dilengkapi dengan empat bangku pada masing-masing meja, setahun belakangan dengan makin tak tertampungnya pembeli, Mang Uban meluaskan kedainya menjadi lebih dari sepuluh meja, menjadi sebelas meja kalau saya tidak salah hitung.

Walau judulnya surabi duren, namun kedai ini tidak hanya menyediakan surabi duren. Puluhan jenis surabi yang aslinya hanya ditemani kinca kini menjadi variasi rasa, surabi strawberry, surabi keju, surabi pisang, surabi nangka, surabi coklat, surabi kacang, surabi kismis dan lain lain. Jika memilih surabi duren, maka surabi akan ditemani dengan kinca duren kental berwarna kekuning kuningan.
Hari itu saya memilih surabi pisang keju karena kebetulan saya tidak begitu suka duren.
Tak lama Surabi datang dengan susu meleleh dan parutan keju yang tebal di sebuah piring kecil dilengkapi sendok dan garpu. Panas panas saya santap, surabi berukuran cukup mengenyangkan ini saya santap dengan lahap, begitu lezat, kenyalnya surabi bermain di lidah saya, parutan keju dan irisan pisang menambah sempurna rasa surabi yang matang dengan baik ini. Sebelum sampai ke meja saya, adonan surabi terlebih dahulu dimasak di atas tungku dengan menggunakan wajan kecil terbuat dari tanah liat, adonan surabi dimasak tanpa minyak, setelah adonan dituang ke atas wajan kecil tanah liat kemudian surabi ditutup dengan tutup yang terbuat dari tanah liat juga dan dibiarkan beberapa menit sampai surabi matang.

Bagi yg menyukai surabi dengan cita rasa asli bisa memilih surabi kinca hanya 4000 rupiah saja. Surabi pisang keju pilihan saya pun hanya 7500 rupiah, dan saya selalu makan dua surabi di kedai ini, tidak pernah bisa makan hanya satu surabi, bagi saya satu tidak pernah cukup. Surabi jenis lain juga berkisaran harga 7000-8000 dan paling mahal seharga 10.000 yaitu surabi ayam telur keju special. Mungkin sesekali saya harus mencicip surabi ayam telur keju spesial ini.
Selain menyediakan menu aneka surabi, Mang Uban juga menyediakan menu lain yaitu roti bakar duren yang terdiri dari varian rasa seperti roti bakar duren pisang, roti bakar duren coklat, roti bakar duren keju dan lain lain. Ada juga sop duren, yang varian rasanya bisa dipilih yaitu sop duren roti, sop duren buah, sop duren keju dan lain lain, selain itu juga menyediakan ketan duren biasa da ketan duren keju.

Kedai mang Uban buka dari siang sekitar jam satu dan tutup sekitar jam sepuluh malam.
Ke Bogor atau ke Puncak memang terasa tidak lengkap tanpa mampir ke surabi mang Uban. Begitu pas makan surabi di tengah cuaca Puncak yang selalu dingin. Saya sempat berbincang bincang dengan istri Mang Uban, menurutnya kedai surabi Mang Uban juga telah buka cabang di Perumnas Tangerang minggu lalu. Jadi bagi yang tidak sempat ke Ciawi atau karena terlalu jauh. mungkin bisa mencoba aneka menu menggirukan yang ada di kedai Surabi Mang Uban di Tangerang.
tata604
tata604 memberi reputasi
1
11.9K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.