• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • WASPADALAH !!! Pengakuan Mengejutkan Alasan Kenapa Banyak Pengendara Motor Tewas Terl

dsunan354Avatar border
TS
dsunan354
WASPADALAH !!! Pengakuan Mengejutkan Alasan Kenapa Banyak Pengendara Motor Tewas Terl
Mengejutkan Alasan Kenapa Banyak Pengendara Motor Tewas Terlindas Mobil Truk Maupun Bis !!!

Posted by Lays
13 March 2014
Sejujurnya kita patut berterima kasih kepada para sopir truk. Berkat cucuran keringat Abang Abang, Mas Mas, dan Bapak Bapak sopir ini, (terutama di kota besar) kita bisa menikmati aneka hasil bumi seperti buah, sayur dan palawija. Berkat injakan pedal gas dan tarikan tuas persneling truk beliau-beliau inilah kita bisa menikmati sensasi berkendara lewat motor ataupun mobil yang mereka antarkan. Tetapi sebuah fakta dan pengakuan mengejutkan dari sopir truk ini sempat membuat saya syok dan mendadak saya kehilangan selera makan.



Simak beberapa peristiwa dan testimoni berikut:

Ane pernah juga ngomong sama sopir trailer.
Jadi kata dia: “daripada menyebabkan kecelakaan yg bisa timbul banyak korban, lebih baik satu nyawa melayang”. lho kok bisa.?
Jadi gini gan, supir trailer bisa saja ngerem mendadak apabila ada bikers atau pemotor yg jatuh di depannya. Tapi apabila dia melakukan itu maka yg akan terjadi adalah, bagian belakang atau muatannya akan lari kekanan atau kekiri.
Bisa dibayangkan gan apabila di sisi kanan atau kiri banyak bikers atau pemotor,pasti akan terserempet atau tergilas. Itu sebabnya sopir lebih memilih melindas bikers atau pemotor yg jatuh di depan atau disamping nya.
Dua pilihan yg sulit memang.!!

Truck segede gaban bisa jadi sahabat dijalanan kalau ente tahu aturan… ini pengalaman ane trans bkt – mdn bawa mobil kecil. Ente kalau dibelakang truck jangan mepet… jaga jarak ±50-100M… truck segede gaban kalau misalnya ente mau mendahului dan itu truck ngasih lampu sein kanan, jangan coba2 mendahului, artinya ada kendaraan dari arah berlawanan. Kalau ente mau mendahului truck, pake perhitungan matang, misal panjang truck 12M… panjang mobil 4M… itu artinya ente harus punya space untuk mendahului truck adalah 4-5X panjang mobil ente…. kalau truck udah kasih lampu sein kiri dan lampu remnya menyala… segera ente kasih lampu sein kanan dan silahkan mendahului… sopir truck paham kode klakson 2X waktu mendahului…say thanks to truck driver yg udah ngasih ente jalan buat mendahului.

Kata temen ane yang pernah ngomong ke supir truk emang begitu. Kalo seandainya (gak sengaja) tabrakan “diusahakan” korbannya meninggal biar gak banyak ganti ruginya.. kalo cacat bisa ratusan juta katanya.. sadis bener emang.
PRINSIP SOPIR TRUK

Kalau sopir bus punya prinsip begini gan…

“..Daripada mengorbankan nyawa seluruh penumpang bus..lebih baik nyawa 1 atau 2 org naek motor yang hilang…” makanya kalau ketemu bus ugal2 an mending turun dari aspal ke tanah aja dah, soalnya para sopir bus juga lagi bawa nyawa banyak orang gan
motor atau kendaraan kecil juga jangan asal salip kalo ga mau tinggal nama..dah salah, ngotot.. itulah pengendara kendaraan kecil yang ane tau… logika sang sopir mending mati aja sekalian, daripada urusan panjang…yang jelas kalo bawa kendaraan, apapun jenis nya harus WASPADA dan SAFETY RIDING…

Cerita lain

Nih ane tambahin lagi info underground seputar dunia supir truk kalo menyikapi kecelakaan kayak gitu.

Ukuran truk itu kan besar? jadi kalo sampe berurusan sama polisi, alibi yg paling gampang (ini ane denger sendiri dari supir truk yang suka nongkrong deket rumah ane) adalah, “tidak kelihatan” !!
Alasan ini bisa diterima mengingat ukuran truk memang besar dan sulit mengawasi tiap sudut truk setiap saat. Jadi kalo ada yang terlindas, tinggal pake alasan itu aja paling mentok mentok perusahaan yang punya truk itu kasi uang damai ala kadar nya ke keluarga korban, yang jelas sedikit lah, uang kerohiman namanya.
Kalo semisal keluarga korban ngotot mo perkarakan ke pengadilan juga gak bakalan menang, karena alasan “tidak kelihatan” bisa diterima oleh akal sehat nya hakim, pengacara, penuntut umum, panitera, dan semua nya. Ujung-ujungnya diselesaikan diluar pengadilan biasanya.Makanya kalo truk sering bunyiin klakson, jangan dianggap personal, itu justru mengingatkan kita betapa rapuhnya posisi kita di jalanan kalo berhadapan sama truk. Justru kita musti ngalah kalo truk sampai bunyiin klakson ke kita. Itu pesan moral yg ane tangkap gan.
Cobalah ente bayangin berada di posisi supir truk, gak gampang loh mengendalikan monster sebesar itu di jalanan. Apalagi biker kita terkenal suka asal belok tanpa kasi lampu sign dulu. Ane pernah tuh liat istri mbonceng motor yg dikemudikan suami nya di parung bogor, kelindas truk, ibu itu yg kena perut nya, suaminya selamat. tau gak? itu yg namanya usus berhamburan keluar semua campur sama cairan kuning (lemak perut nya). badannya nyaris putus jadi 2, tapi masih hidup meregang nyawa sambil nyebut ” Ya Allah, aku gak mau mati kayak gini” berulang kali. suami nya shock diam aja di sudut jalan gak ngomong apa-apa kayak org linglung, nolong aja enggak tuh suami nya. asli serem gan, udah kayak daging cingcang tapi masih bisa ngomong dan gerak gerak, apa gak serem tuh? sama warga setempat buru buru di masukin ke mobil dibawa ke rumah sakit tapi katanya meninggal dalam perjalanan. Nah pas supir truk nya di tanya polisi, jawabnya ? gak ngeliat ada yg masuk ke kolong truk kontainer dia, gitu jawabnya.
Itu semua bener gan, bokap ane buka usaha ekspedisi dan menurut supir itu lebih baik di matiin sekalian daripada cacat seumur hidup. Karena bakalan jadi beban pengeluaran ke supir dan perusahaan itu sendiri gan. Belum lagi nanti per berapa bulan check up. Kalo cacat gan belum ke urusan polisinya. Memang sih gan walaupun si korban ga meninggal atau harus rawat jalan nanti nya bakalan menuntut ganti rugi yang lebih dari kontrak antara si korban dengan perusahaan tentang ganti rugi. Oh iya satu lagi, supir ekspedisi yg perusahaannya masih belum besar itu gaji nya dari uang jalan gitu gan, istilah nya di borong habis. Kalo ada musibah di jalan itu supir harus backup perusahaan nya gan. Beban yg dipikul supir itu banyak gan selain muatan mereka juga mikul kehidupan supirnya makanya itu yang bikin supir ugal ugalan.
Sebenernya kecelakaan itu cm 1 aja kok gan..
Yaitu feeling terhadap blind spot nya masih tidak ada. Ini yang kerap terjadi dari semua kendaraan bermotor. Apa lagi truk trailer yang panjang nya sampe 12 meter. Jangkauan mata ke depan itu minim, jadi bener-bener harus kuat dan tetap safety riding..





Tips dari saya buat pengendara kendaraan… khususnya motor.
1. Jangan pernah berhenti mendadak didepan truk muatan berat di bawah 12 meter,sesungguhnya anda telah mati jika melakukaan itu…bila anda tidak mati maka sekitar anda yg jadi korban.
2. Kami driver truk berat berbeda dengan bus malam. Kecepatan kami terbatas bahkan kami masih kalah cepat dengan maho naik skuter ga jelas.
3. Jika kami terkena macet tolong liat kami, dan jangan memaki kami karna pelan nya truck kita liat lebih jelas mata kita pasti merah kami selalu antisipasi jika motor atau mobil nyelonong di depan kami pasti siaga dan tanpa terlena mta ini terus memandang anda dan aspal di sepanjang jalan.
4. Baca selalu lampu sein kita kemana arahnya…
5. Selalu hidupkan lampu belakang motor anda
6. Jangan pake lampu putih
SUMURNYA GAN...
http://m.keepo.me/hot-news-channel/w...uk-maupun-bis-

JANGAN LUPA CENDOL DAN RATE KALO BERKENAN SELAMAT PAGIIII emoticon-Big Grin

QUOTE=ayanggayong;543731460e8b460406000005]Jangan suka pake headset/ear phone sambil berkendara. Karena bisa mengurangi konsentrasi dan kewaspadaan kita. Apa lagi naik motor, bisa2 gak dengar klakson dan suara mesin kendaraan lain. Baru kemarin2 tuh kejadiannya motor kelindes truk karena sebab tadi. Semiga jadi pelajaran dan gak terulang lagi.

Safety riding emoticon-thumbsup[/QUOTE]

QUOTE=abheizthe;5437490cde2cf279408b456e]Ada benernya juga yg dikatakan TS ini
Pengalaman saya sendiri selama jadi kernet truk ekspedisi jakarta - surabaya dan kebetulan ayah saya sendiri sebagai sopir truk ekspedisi

Didalam kabin truk itu (terlebih truk gede 'Fuso, Bill Up, Wing Box, Trailer') kita bener bener was was kalo lagi jalan. Barang yg kita bawa itu berat. Pasti diatas 10Ton, tidak mungkin kurang (kecuali lagi bawa kondisi kosong. Berat kosong truk rata rata 6ton). Dengan muatan seberat itu, laju truk tidak bisa lebih dari 50-60 km/jam. Ada banyak yg diperhitungkan. Kemungkinan ban panas dan pecah, kehabisan jarak karena rem tidak bisa menghentikan laju kendaraan, terguling saat ada di tikungan tajam / jalan yg miring, boros solar (harus sehemat mungkin jika solar dijatah)
Selalu ada pilihan sulit ketika kita mendapat musibah dijalan, konsentrasi tinggi, jangan lengah, dan jangan keras kepala.

Ayah saya pernah bilang sama saya (waktu itu pas ada kejadian mobil honda jazz ringsek di pintu tol sampang madura ditabrak dump truk yg rem-nya blong) Jangan pernah merasa aman di jalan, apapun kondisinya. Jangan seenaknya belok kanan / kiri, pindah jalur, tarik ulur gas / rem. Dan yg terpenting.. Selalu berdoa

Dan dari kebanyakan kasus kecelakaan di jalan yg melibatkan bus/truck vs sepeda motor/mobil itu rata rata si pengemudi kurang perhitungan
lha wong saya sendiri aja kalo lagi khilaf naek motor juga sering seenaknya sendiri emoticon-Hammer
Dan yg paling mengesalkan bagi supir truk itu ketika jalan di jalan tol (truk ambil lajur kiri) pasti ada mobil yg masuk ke bahu jalan buat mendahului! Padahal sudah jelas ada larangan disetiap jalan tol.
Saat sopir juga menghidupkan lampu sein tanda mau pindah jalur selalu di srobot pengendara lain. Kalo emang jarak nanggung sih gak masalah, tapi kalo ada jarak buat kekanan apa susahnya sih ganti jalur atau tetap dijalur itu? Nanti kalo kita nyenggol juga pasti disalahin. Padahal udah ada lampu sein nyala dan kita juga pasti nunggu jeda waktu, enggak langsung belok / pindah jalur


** tidak ada maksud menjelekkan pengendara kendaraan sama sekali, sekedar ingin berbagi pengalaman dan menyadarkan para pengendara yg kadang suka semaunya sendiri **
[/QUOTE]

QUOTE=Reindzdarkz;5437be2e9252335b768b456f]kalo menurut saya sih yg mesti waspada dan hati-hati kalo ketemu truk gede itu kendaraan lainnya, truk gede jalannya lambat kayak keong karena ga bisa ngebut dan ga di bolehin ngebut,dan yg jadi masalah pengendara di indonesia itu sok jago.nyolonong sana nyolonong sini, dan kali selip lalu jatuh ke kolong ya jelas pengemudi truk ga bakal bisa liat, dan satu lagi kalo macet jgn mepet2 banget di samping truk, bisa2 kaki ente kelindes... [/QUOTE]
Diubah oleh dsunan354 10-10-2014 11:47
0
16.5K
158
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.