eCiputraAvatar border
TS
eCiputra
Nilai Ambang Batas Tes CPNS Dinaikkan


Tak hanya seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) yang menetapkan nilai ambang batas, seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) juga menetapkan nilai ambang batas (passing grade) untuk menentukan kelulusan peserta dalam tes kompetensi dasar (TKD). Pada tahun ini, terdapat kenaikan passing grade dalam TKD.

Menurut Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, kenaikan tersebut hanya dilakukan terhadap kelompok soal tes karakteristik pribadi (TKP), sementara dua kelompok soal lainnya tetap sesuai standar 2013.

"Passing grade tahun lalu 75 untuk tes intelegensia umum (TIU), 70 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK), dan 105 untuk tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk tahun ini, TKP dinaikkan 126 sehingga menjadi 271," tutur Iwan.

Dia menjelaskan, passing grade untuk TKP ditetapkan dengan kriteria 72 persen dari nilai maksimal, yakni 175. Untuk TIU dengan jumlah soal 30, nilai maksimal yang akan diperoleh dengan semua jawaban benar adalah 150.

"Passing grade TIU merupakan 50 persen dari nilai maksimal, yakni 75 atau 15 jawaban benar. Sedangkan passing grade TWK ditetapkan 40 persen dari nilai maksimal, yakni 175 (jumlah soal 35), yakni 70," paparnya.

Setiawan mengatakan, peserta harus memenuhi passing grade untuk bisa lulus seleksi. Sebab, jika mereka mendapat total nilai tinggi tetapi ada salah satu kelompok soal yang tidak memenuhi passing grade, peserta tes tetap tidak lulus. Jadi, selain nilainya harus tinggi, peserta harus memenuhi passing grade.

Ketentuan mengenai passing grade TKD CPNS, lanjutnya, dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 29 Tahun 2014 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS 2014. Passing grade itu akan ditetapkan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat.(vaa)

sumber
0
2.5K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.