Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ayah.rojakAvatar border
TS
ayah.rojak
[GAWAT] Air Laut Mulai Dekati Monas
Jakarta - Para peneliti dari Ikatan Ahli Bencana Indonesia (IABI) menemukan fakta adanya air asin dari laut yang mulai mendekati kawasan Monumen Nasional (Monas).

Air asin tersebut masuk melalui rongga di bawah tanah dan sudah becampur dengan air tanah yang selama ini digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

"Di kawasan Kota, airnya juga sudah mulai asin. Bila tidak segera disikapi serius, ini akan berakibat fatal bagi kehidupan manusia," kata Sekjen IABI Lilik Kurniawan di Jakarta, Jumat (17/10).

Menjamurnya kawasan superblok diduga menjadi salah satu pemicu masuknya air laut ke daratan. Bila dibiarkan, air asin akan terus bergerak ke selatan.

"Superblok itu seperti memindahkan penduduk satu kota ke dalam satu blok. Akibatnya, ada pengambilan air tanah yang berlebihan dari ribuan penghuninya, sehingga membuat air laut masuk ke daratan karena adanya rongga di bawah tanah," ujarnya.

Masalah banjir yang sering melanda kawasan Jakarta juga menjadi sorotan IABI. Pasalnya, selama ini pendekatan yang dilakukan lebih banyak kepada bagimana membangun banjir kanal atau sodetan untuk menampung air hujan.

"Akan lebih baik kalau Pemerintah DKI juga melihat manajemen sumber daya airnya. Jangan sampai air yang ada di permukaan itu tidak meresap ke tanah dan hanya berada di permukaan, lalu dibuang ke laut. Karena bila tidak ada yang meresap, saat musim kemarau sumur-sumurnya akan mengalami kekeringan," katanya.

Karena itu, menurutnya harus ada skenario besar dari pemerintah dalam tata kota pengambilan air bersih dan juga pembuangan air kotor.

"Jakarta butuh lebih banyak sumur resapan, perlu ada lubang biopori. Bayangkan bila setiap rumah memiliki biopori. Tidak hanya bermanfaat untuk menyimpan air hujan, tetapi juga mengurangi air di permukaan yang selama ini menjadi penyebab banjir," ujarnya.
http://www.beritasatu.com/megapolita...ati-monas.html

Waktu jaman Ayah sekolah SD, guru juga udah bilang kalau daerah Senen airnya udah asin... bukan tak mungkin 10 tahun lagi kawasan blok m airnya ikut asin
Ayah siap-sip mudik kalo gitu emoticon-Ngacir
0
10.3K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.