teknomodoAvatar border
TS
teknomodo
iPad Air 2 dan iPad Mini 3 Mengecewakan
Apple baru saja mengumumkan iPad Air 2 dan iPad Mini 3 Apple Event dini hari ini (16/10). Menurut saya upgrade pada kedua model itu tidak berguna. Mengapa?

Saya menyebut iPad terbaru tahun ini dengan sebutan "lawak". Sepertinya semenjak ditinggal kepergian almarhum Steve Jobs, Apple sudah kehabisan ide. Walau ada beberapa update menarik di Apple Eventtadi malam, tapi gak ada produk baru yang revolusioner. Hampir semuanya adalah upgrade evolusioner.

Tanpa kejutan, berita "bocoran" dari beberapa minggu yang lalu menjadi kenyataan. Apple meluncurkan iPad terbarunya dengan "fitur" baru seperti, Touch ID (sensor sidik jari) dan warna emas (haha).

Apple juga hanya menambahkan upgrade yang terkesan sangat pelit pada tablet terbaru andalan mereka, seperti yang akan saya jabarkan di bawah.

iPad Gold

Layar
Code:
LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors. Resolution 1536 x 2048 pixels, 9.7 inches (~264 ppi pixel density)

Benar-benar persis seperti iPad Air 2013 yang lalu.

Ukuran
Dalam hal ini iPad Air 2 mengalami perubahan dari versi lalu memiliki ketebalan sebesar 7.5 mm menjadi lebih tipis: 6.1 mm. Ini membuatnya jadi tablet tertipis di dunia.Meskipun ini bukanlah hal yang buruk, menurut saya ini juga bukan suatu keistimewaan. Sudah cukup lah dengan trend terus menipiskan perangkat yang sudah tipis. Lebih baik Apple menggunakan ketebalan yang sama tapi menggunakan daya baterai yang lebih besar.

Berat
Di sini berat iPad Air 2 terbaru mengalami penurunan yang sangat tidak terasa, yakni 32-34 gram tergantung versi wi-fi atau 4G

Kapasitas Storage
iPad Air 2 menawarkan pilihan 16/64/128 GB. Ini adalah keputusan yang baik dan kalian jadi bisa mendapatkan iPad 64 GB dan 128 GB dengan harga yang lebih murah karena sekarang tidak seperti versi iPad Air terdahulu dulu, sekarang tak ada tingkat 32 GB.

Signal LTE
Ipad Air 2 mendukung LTE yang lebih cepat sampai 150 Mbps, sementara iPad Air "hanya" 100 Mbps. Meskipun naik 50 Mbps, untuk rakyat Indonesia ini tidak berguna karena LTE belum ada kecuali menggunakan BOLT! yang kecepatannyanya saya jamin tidak bakal tembus 100 Mbps.

Kamera
iPad Air 2 menggunakan 8 MP; iPad Air 5 MP. Oke, dalam hal ini saya anggap peningkatan yang baik, mendapat fitur burst mode dan slow motion. Sayangnya flash masih tidak ditanam.

Jeroan
iPad Air menggunakan Apple A7, sementara iPad Air 2 menggunakan Apple A8X. Ini juga merupakan peningkatan yang lumayan. Di luar itu, spesifikasi iPad Air 2 tak ada yang berubah dibanding iPad Air.

Bagaimana dengan iPad Mini 3? Nah, ini dia yang sangat mengecewakan. iPad Mini 3 hanya mendapat upgrade dalam dua hal: warna emas, dan mendapat fitur Touch ID.

Kesimpulan
Kalau kalian sudah punya iPad Air atau iPad Mini Retina, tidak ada alasan bagi kalian untuk upgrade ke iPad Air 2 atau iPad Mini 3. Tapi apabila kalian belum memiliki tablet, iPad ini bisa jadi pilihan. Tapi dengan semakin aktifnya Google menyerang dari berbagai sisi, saingan terberat untuk perangkat ini saya rasa ada pada Nexus 9 hasil kolaborasi Google dan HTC, yang baru saja diumumkan kemarin.

Bagaimana dengan kalian? Puaskah dengan pengumuman iPad tadi malam dari Apple?

[Apple Event via Teknomodo]
Diubah oleh teknomodo 17-10-2014 05:30
0
10.4K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.