- Beranda
- Help, Tips & Tutorial Music
Mau Tau Gimana Cara Ningkatin Kemampuan Main Gitar? (Masuk gan..)
...
TS
astrobix
Mau Tau Gimana Cara Ningkatin Kemampuan Main Gitar? (Masuk gan..)
Halo gan/ sis..
Kali ini ane mau share tips buat ningkatin kemampuan main gitar agan2/ sista2 disini. Mungkin agan/ sista disini banyak yang bingung kenapa main gitarnya ga ada perkembangan. Nih, cek tips dari ane...
Kali ini ane mau share tips buat ningkatin kemampuan main gitar agan2/ sista2 disini. Mungkin agan/ sista disini banyak yang bingung kenapa main gitarnya ga ada perkembangan. Nih, cek tips dari ane...
Spoiler for Pendahuluan:
Sekilas Tentang Gitar
Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari ataupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok (body) dengan bagian leher (neck) sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam buah. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.
Spoiler for Akustik:
Spoiler for Elektrik:
Spoiler for Tips:
Spoiler for 1:
Tau Semua Not di Fretboard
Mungkin banyak banget diantara kita yang ngelewatin hal ini & menganggap sepele. Padahal tau not - not yang ada di fretboard itu penting banget. Dengan kita tau letak tiap not di fretboard, maka akan mempermudah kita dalam memainkan gitar.
Mungkin banyak banget diantara kita yang ngelewatin hal ini & menganggap sepele. Padahal tau not - not yang ada di fretboard itu penting banget. Dengan kita tau letak tiap not di fretboard, maka akan mempermudah kita dalam memainkan gitar.
Spoiler for 2:
Tau Banyak Jenis Chord
Perbanyaklah memainkan berbagai jenis chord. Jangan cuma dihafalin bentuk/ pattern chord nya aja, tapi juga pahamin bagaimana chord itu terbentuk, berasal dari scale apa, & apa nuansa yang keluar dari suara tiap jenis chord.
Spoiler for 3:
Tau Cara Bermain Rhythm yang Baik & Benar
Rhythm adalah struktur musik yang berhubungan dengan ketukan tempo. Perbanyaklah mempelajari berbagai strumming pattern dari musik - musik yang kita dengar. Mungkin banyak diantara kita yang menganggap kalau rhythm itu cuma bisa dimainin dalam bentuk chord. Padahal, rhythm juga bisa dimainin dalam bentuk melodi. Malah melodi yang keren itu adalah melodi yang yang ritmik, jadi lebih ga kedengeran flat.
Spoiler for 4:
Menganalisa Progresi Chord
Menganalisa progresi chord ini penting sebelum kita bermain melodi, karena kita jadi lebih tau scale apa aja yang sesuai, & nada - nada apa aja yang harus kita mainin. Pelajari hubungan antara chord & scale. Jangan lupa pahamin juga chord apa yang cocok untuk suatu scale & sebaliknya.
Spoiler for 5:
Pelajari Major Scale dengan Sempurna
Kenapa mesti belajar major scale? Karena banyak scale yang bisa kita ketahui dari major scale, seperti pentatonic & minor scale. Jangan lupa pelajari juga modes-nya.
Spoiler for 6:
Pelajari Macam - Macam Scale Sebanyak - Banyaknya Sebisa Mungkin
Dengan mengetahui berbagai macam scale, akan memperkaya musik kita saat bermain melodi, dsb. Tapi jangan cuma pelajarin pattern nya aja ya.. Pelajarin juga gimana suatu scale terbentuk & cara mengaplikasikan scale tersebut.
Spoiler for 7:
Bisa Bermain di Nada Dasar Apapun
Kebanyakan orang mungkin akan kebingungan kalau diminta buat main di nada dasar yang beda karena terbiasa main di nada dasar yang itu - itu aja. Jadi, sering - sering latihan di nada dasar yang beda - beda ya..
Spoiler for 8:
Kembangkan Kemampuan Mendengar
Perbanyaklah mendengar genre musik yang berbeda - beda. Perbanyaklah mendengar berbagai chord, progresi chord, & scale.
Spoiler for 9:
Selalu Mengerti Apa yang Dimainkan
Jangan cuma tau pattern, shapes, lick, riff, atau bermain dengan baca tablature aja. Tapi pelajari bagaimana suatu chord/ scale terbentuk, apa nada dasar dari lick/ riff yang kita mainkan, bisa nggak kalo lick/ riff nya dimainin di nada dasar yang beda, apa nada dasar lagu yang kita mainin dari tablature itu, dsb.
Jadi, inilah tips - tips ningkatin kemampuan main gitar versi ane. Agan boleh tambahin kira - kira latihan yang gimana aja yang bisa ningkatin kemampuan main gitar..
Mohon koreksinya.
Semoga membantu
Spoiler for Sumber Gambar:
Spoiler for Tambahan tentang Progresi Chord:
Quote:
Quote:
Original Posted By EssChristian►wah sista.. ajarin ane dong
progresi chord itu maksudnya apa ya sis..
progresi chord itu maksudnya apa ya sis..
Akhirnyaa ada yg manggil ane sista..
Progresi chord itu adalah suatu pergerakan/ perpindahan chord.
Contoh progresi chord yg sering kita denger: I - V - VI - IV
Sbelumnya, ane kasih tau dulu kalo dlm Major scale jenis chord yg bisa didpt di tiap degree-nya kaya' gini..
Maj - min - min - Maj - Maj - min - dim
I - II - III - IV - V - VI - VII
Lho? Kok bisa gitu? Dpt drimana?
Coba kita lihat C Major Scale:
C - D - E - F - G - A - B - C'
Dari nada2 itu, kita bisa buat chord C Major yg trdiri dari nada C - E - G, Dm = D - F - A, Em - E - G - B, FMaj = F - A - C, GMaj = G - B - D, Am = A - C - E, & Bdiminished = B - D - F.
Knp nada D jadi minor? Knp ga Major?
Soalnya, kalo dijadi'in Major, maka Dmaj = D - F# - A. Sedangkan F# ga ada di scale C Major. Di scale C Major adanya F, jadi D diminorin deh..
Next,
Misal kita main di nada dasar C Major.
Maka family chord dari tangga nada C Major:
C - Dm - Em - F - G - Am - Bdim
I - II - III - IV - V - VI - VII
Jadi, untuk progresi chord I - V - VI - IV memiliki pergerakan nada C - G - Am - F.
Contoh lain, nada dasar G Major.
Family chord G Major:
G - Am - Bm - C - D - Em - F#dim
I - II - III - IV - V - VI - VII
Jadi, untuk progresi chord I - V - VI - IV memiliki pergerakan nada G - D - Em - C.
Kira2 pnjelasannya kaya' gitu lah..
Quote:
Quote:
Original Posted By armstrongjoe►oiya 1 lagi pertanyaan penting dan gw ga ngerti
Jadi, untuk progresi chord I - V - VI - IV memiliki pergerakan nada C - G - Am - F.
nah kenapa harus nada 1 5 6 4,, gw ga tau teorinya kalo gw maenin cord biasanya tergantung suara si penyanyi trus gw cari chord yg paling mirip atau sebaliknya si penyanyi ngikutin chord gw
contoh dari C ke Am ke F ya itu terjadi begitu aja
Jadi, untuk progresi chord I - V - VI - IV memiliki pergerakan nada C - G - Am - F.
nah kenapa harus nada 1 5 6 4,, gw ga tau teorinya kalo gw maenin cord biasanya tergantung suara si penyanyi trus gw cari chord yg paling mirip atau sebaliknya si penyanyi ngikutin chord gw
contoh dari C ke Am ke F ya itu terjadi begitu aja
Quote:
Original Posted By apoyando►
hmm itu sih sebenarnya tergantung selera dan kebutuhan kita aja sih...
tp emang umumnya pada make cara yg kaya situ sebutin tadi...
sebenernya ga perlu chordnya kaya gitu juga, cm mungkin agan merasa yg paling harmonis dgn melodinya ya progresi chord kaya gitu, padahal ga perlu kaya gitu jg... selagi melodinya msh di dlm scale dan progresi chord yg dipilih juga dibentuk dari nada2 di scale tersebut ya sebenernya hasilnya ga bakal fals...
knp situ sampe merasa klo progresi tadi yg paling cocok?
jawabannya karena sebenernya tanpa sadar kita udah terlalu terpaku sama lagu2 yg sering kita denger, jadi begitu denger pola melodi tertentu tanpa sadar kita langsung mikir klo progresi chord yg paling cocok itu yg kaya gini kalau sampe diganti ya jadinya ga nyambung...
nah sebenernya kebiasaan kaya gini bisa jadi bahaya juga, karena bisa bener2 ngebatesin kreatifitas kita...
terutama kalau konteksnya kita lg ngulik chord lagu orang, pasti kita langsung berusaha buat ngikutin progresi chord aslinya... padahal sebenernya ga perlu gini jg ya kecuali klo kita udah bener2 suka...
kalau mau bukti coba aja situ cari musisi bule terus coba mainin satu lagu indonesia yg sekiranya seumur hidup blm pernah didengerin sama tu bule tapi situ rubah2 dikit progresi chordnya (asal masih sesuai key nya ya)...
itu bule ga bakal protes kok...
hmm itu sih sebenarnya tergantung selera dan kebutuhan kita aja sih...
tp emang umumnya pada make cara yg kaya situ sebutin tadi...
sebenernya ga perlu chordnya kaya gitu juga, cm mungkin agan merasa yg paling harmonis dgn melodinya ya progresi chord kaya gitu, padahal ga perlu kaya gitu jg... selagi melodinya msh di dlm scale dan progresi chord yg dipilih juga dibentuk dari nada2 di scale tersebut ya sebenernya hasilnya ga bakal fals...
knp situ sampe merasa klo progresi tadi yg paling cocok?
jawabannya karena sebenernya tanpa sadar kita udah terlalu terpaku sama lagu2 yg sering kita denger, jadi begitu denger pola melodi tertentu tanpa sadar kita langsung mikir klo progresi chord yg paling cocok itu yg kaya gini kalau sampe diganti ya jadinya ga nyambung...
nah sebenernya kebiasaan kaya gini bisa jadi bahaya juga, karena bisa bener2 ngebatesin kreatifitas kita...
terutama kalau konteksnya kita lg ngulik chord lagu orang, pasti kita langsung berusaha buat ngikutin progresi chord aslinya... padahal sebenernya ga perlu gini jg ya kecuali klo kita udah bener2 suka...
kalau mau bukti coba aja situ cari musisi bule terus coba mainin satu lagu indonesia yg sekiranya seumur hidup blm pernah didengerin sama tu bule tapi situ rubah2 dikit progresi chordnya (asal masih sesuai key nya ya)...
itu bule ga bakal protes kok...
Quote:
Original Posted By astrobix►Sbnrnya polanya ga mesti I V VI IV. Selama masih di satu nada dasar, chordnya bakal kedengeran harmonis.
Contoh: Family Chord dari Scale C Major kan C, Dm, Em, F, G, Am, Bdim. Nah, kita bisa nge-eksplor chord2 itu deh..
Contoh lain:
C - Dm - D7 - G7 - C
Lho? D7 kan bukan family chord dari scale C Major, tapi knp bisa harmonis?
Nah, D7 ini bisa disebut sbg Bridge Chord. Bridge chord disini merupakan V7 (dominant). D7 itu adalah tingkat ke-5 dari scale G Major. G7 adalah tingkat ke-5 dari scale C Major.
Jadi posisi 1 itu biasanya berpindah - pindah dlm suatu lagu. Nada dasar utamanya tetep C Major, G Major cuma sbg tonika sementara, yg nantinya bakal balik lagi ke nada dasar utama.
Atau kita bisa buat progresi chord make Circle of Fifths.
Cara makenya gmn sih?
1. Liat nada2nya searah jarum jam.
C - G - D - A - E - B
2. Ubah jadi diatonic scale.
Misal, ane mau pke scale C Major. Ubah sesuai family chord scale C Major. C - G - Dm - Am - Em - Bdim.
3. Kita bisa make nada2nya dari awal ke akhir atau akhir ke awal.
Contoh:
C - G - Am - C atau Dm - G - C
4. Setiap progresi chord harus balik lagi ke chord dasar.
Kurang lebih gitu sih..
Contoh: Family Chord dari Scale C Major kan C, Dm, Em, F, G, Am, Bdim. Nah, kita bisa nge-eksplor chord2 itu deh..
Contoh lain:
C - Dm - D7 - G7 - C
Lho? D7 kan bukan family chord dari scale C Major, tapi knp bisa harmonis?
Nah, D7 ini bisa disebut sbg Bridge Chord. Bridge chord disini merupakan V7 (dominant). D7 itu adalah tingkat ke-5 dari scale G Major. G7 adalah tingkat ke-5 dari scale C Major.
Jadi posisi 1 itu biasanya berpindah - pindah dlm suatu lagu. Nada dasar utamanya tetep C Major, G Major cuma sbg tonika sementara, yg nantinya bakal balik lagi ke nada dasar utama.
Atau kita bisa buat progresi chord make Circle of Fifths.
Spoiler for Circle of Fifths:
Cara makenya gmn sih?
1. Liat nada2nya searah jarum jam.
C - G - D - A - E - B
2. Ubah jadi diatonic scale.
Misal, ane mau pke scale C Major. Ubah sesuai family chord scale C Major. C - G - Dm - Am - Em - Bdim.
3. Kita bisa make nada2nya dari awal ke akhir atau akhir ke awal.
Contoh:
C - G - Am - C atau Dm - G - C
4. Setiap progresi chord harus balik lagi ke chord dasar.
Kurang lebih gitu sih..
Spoiler for Tambahan tentang Main Melodi:
Quote:
Quote:
Original Posted By jeeper03►Pagi, mau tanya yang masih penasaran. Apa ya bedanya Cmaj dengan C yang biasa.
Sama, teknik dasar main melodi. Kok yang ane liat, misalnya yang main ritem main di G, terus yang main melodi notnya beda2. Apakah yg bermain melodi mengikuti nada2 dari si G..?
Sama, teknik dasar main melodi. Kok yang ane liat, misalnya yang main ritem main di G, terus yang main melodi notnya beda2. Apakah yg bermain melodi mengikuti nada2 dari si G..?
Quote:
Original Posted By astrobix►
CMaj sama C sama aja gan. Sama - sama C Major. Cuma penamaannya aja yg beda.
Bisa. Agan bisa main melodi sesuai chordal tone dari chord G Major. G = G - B - D. Tapi bakal kedengeran monoton kalau cuma main di 3 nada itu. Tapi, agan bisa jadi'in ke-3 nada ini sbg target note. Target note itu not2 yg dimainin terus-menerus (berulang-ulang) saat main melodi. Tujuannya untuk menciptakan karakter suatu scale/ modes.
Nah, biar ga monoton, agan perlu ngasih nada2 lain selain dari chordal tone nya. Nada2 yg lain itu bisa agan dapetin dari scale yg sesuai sama progresi chordnya.
Misal, progresi chordnya: C Am Dm G.
Nah, klo progresi chordnya kayak gini, agan bisa main di scale C Major atau scale A minor. Knp? Karena C, Am, Dm, & G itu adalah family chord dari scale C Major. Dan A minor adalah relative minor nya scale C Major.
Jadi pas agan ketemu chord C, agan mainin chordal tone nya dulu, bisa C, E, atau G. Trus tambahin nada2 lainnya dari scale C Major/ A minor. Abis itu pas chord Am agan bisa mainin A, C, atau E sbg target not nya. Trus mainin nada2 yg lain, dst.
Tapi agan juga bisa mainin nada2 di luar scale yg jadi progresi chordnya ko.. Kan tadi kita make C Major sama A minor. Nada2nya kan C, D, E, F, G, A, B. Nah, kita bisa mainin not2 selain 7 not itu, tapi cenderung ga enak. Tujuan mainin outside not adalah untuk menciptakan tension (ketegangan).
Jadi, peringkat nada2 terenak:
1. Sesuai chordal tone.
2. Sesuai scale dari progresi chord.
3. Nada2 diluar scale yg jadi progresinya.
CMaj sama C sama aja gan. Sama - sama C Major. Cuma penamaannya aja yg beda.
Bisa. Agan bisa main melodi sesuai chordal tone dari chord G Major. G = G - B - D. Tapi bakal kedengeran monoton kalau cuma main di 3 nada itu. Tapi, agan bisa jadi'in ke-3 nada ini sbg target note. Target note itu not2 yg dimainin terus-menerus (berulang-ulang) saat main melodi. Tujuannya untuk menciptakan karakter suatu scale/ modes.
Nah, biar ga monoton, agan perlu ngasih nada2 lain selain dari chordal tone nya. Nada2 yg lain itu bisa agan dapetin dari scale yg sesuai sama progresi chordnya.
Misal, progresi chordnya: C Am Dm G.
Nah, klo progresi chordnya kayak gini, agan bisa main di scale C Major atau scale A minor. Knp? Karena C, Am, Dm, & G itu adalah family chord dari scale C Major. Dan A minor adalah relative minor nya scale C Major.
Jadi pas agan ketemu chord C, agan mainin chordal tone nya dulu, bisa C, E, atau G. Trus tambahin nada2 lainnya dari scale C Major/ A minor. Abis itu pas chord Am agan bisa mainin A, C, atau E sbg target not nya. Trus mainin nada2 yg lain, dst.
Tapi agan juga bisa mainin nada2 di luar scale yg jadi progresi chordnya ko.. Kan tadi kita make C Major sama A minor. Nada2nya kan C, D, E, F, G, A, B. Nah, kita bisa mainin not2 selain 7 not itu, tapi cenderung ga enak. Tujuan mainin outside not adalah untuk menciptakan tension (ketegangan).
Jadi, peringkat nada2 terenak:
1. Sesuai chordal tone.
2. Sesuai scale dari progresi chord.
3. Nada2 diluar scale yg jadi progresinya.
Spoiler for Tambahan tentang Posisi Jari:
Quote:
Quote:
Original Posted By biagunderson►yo gan, ada ga cara lain biar tekan senar kagak sakit jarinya ?
Quote:
Original Posted By apoyando►
1. sering2 main
2. usahain jempolnya ditempelin (sekedar disentuh aja jgn diteken) ke tengah2 neck kaya di gambar ini: (oh iya posisi jempolnya kurang lebih dibelakang jari manis kita)
cara megang kaya gini sebenernya adlh cara terbaik, karena tenaga yg dibutuhkan buat neken senar juga jd lebih kecil dan jangkauan jari kita bisa lebih luas... TAPIIIIIcara megang neck yg kaya gini ga bagus buat main teknik vibrato dan bending... jadi ya di sesuaikan aja...
kalau mau main scale yg panjang atau chord atau arpeggio usahain cara megangnya kaya gini... (biasanya pemain gitar klasik yg kaya gini)
3. Usahain neken senarnya pake bagian atas jari sebelah kanan (untuk jari manis dan kelingking) dan sebelah kiri (utk jari tengah dan telunjuk):
4. Usahain posisi jari tangan kiri kita sedekat mungkin dengan fret yg di sebelah kanan jari (tapi jgn sampai neken fretnya yaak, klo cm nyentuh gpp yg penting jgn diteken!!)... dengan cara ini tenaga yg kita butuhkan jadi lebih kecil...
5. Main gitarnya harus pakai celana
1. sering2 main
2. usahain jempolnya ditempelin (sekedar disentuh aja jgn diteken) ke tengah2 neck kaya di gambar ini: (oh iya posisi jempolnya kurang lebih dibelakang jari manis kita)
Spoiler for posisi jempol::
cara megang kaya gini sebenernya adlh cara terbaik, karena tenaga yg dibutuhkan buat neken senar juga jd lebih kecil dan jangkauan jari kita bisa lebih luas... TAPIIIIIcara megang neck yg kaya gini ga bagus buat main teknik vibrato dan bending... jadi ya di sesuaikan aja...
kalau mau main scale yg panjang atau chord atau arpeggio usahain cara megangnya kaya gini... (biasanya pemain gitar klasik yg kaya gini)
3. Usahain neken senarnya pake bagian atas jari sebelah kanan (untuk jari manis dan kelingking) dan sebelah kiri (utk jari tengah dan telunjuk):
Spoiler for gambarnya::
4. Usahain posisi jari tangan kiri kita sedekat mungkin dengan fret yg di sebelah kanan jari (tapi jgn sampai neken fretnya yaak, klo cm nyentuh gpp yg penting jgn diteken!!)... dengan cara ini tenaga yg kita butuhkan jadi lebih kecil...
5. Main gitarnya harus pakai celana
Spoiler for Tambahan tentang Scale, Lick, Riff, & Fingerstyle:
Quote:
Quote:
Original Posted By Lautrz►Sis.. nanya dong
Yang dimaksud dengan scale, lick, dan riff itu apa ya?
dan gimana sih, orang orang yang mainin fingerstyle/classical itu nyari nada/notenya? agar iringan/bass dengan melodynya itu sesuai?
apakah gak beda jauh dengan cara main genjreng genjreng aja?
Makasih
Yang dimaksud dengan scale, lick, dan riff itu apa ya?
dan gimana sih, orang orang yang mainin fingerstyle/classical itu nyari nada/notenya? agar iringan/bass dengan melodynya itu sesuai?
apakah gak beda jauh dengan cara main genjreng genjreng aja?
Makasih
Quote:
Original Posted By astrobix►Scale = Rangkaian nada2 sesuai interval yg terdengar harmonis.
Lick = Phrasing singkat.
Riff = Phrasing pendek yg diulang - ulang.
Phrase = Melodi singkat yg terbentuk dari beberapa motif.
Hmm..ane sih kurang ngikutin dunia per-fingerstyle-an Tapi ane mau coba bantu jwb
Setau ane biar bass sama melodinya harmonis yaa bassnya mesti sesuai sama chordal tone nya.
Misal, agan mau main melodi yg harmonis sama chord A Major. Brarti agan bisa manin bassnya di A, C#, atau E. Atau mungkin agan mau main di chord CHalfdiminished, brarti bassnya bisa di C, Eb, Gb, atau Bb. Atau chordnya C7sus4, brarti agan bisa main di C, F, G, atau Bb.
Kurang lebih gitu lah..
Lick = Phrasing singkat.
Riff = Phrasing pendek yg diulang - ulang.
Phrase = Melodi singkat yg terbentuk dari beberapa motif.
Hmm..ane sih kurang ngikutin dunia per-fingerstyle-an Tapi ane mau coba bantu jwb
Setau ane biar bass sama melodinya harmonis yaa bassnya mesti sesuai sama chordal tone nya.
Misal, agan mau main melodi yg harmonis sama chord A Major. Brarti agan bisa manin bassnya di A, C#, atau E. Atau mungkin agan mau main di chord CHalfdiminished, brarti bassnya bisa di C, Eb, Gb, atau Bb. Atau chordnya C7sus4, brarti agan bisa main di C, F, G, atau Bb.
Kurang lebih gitu lah..
Quote:
Original Posted By armstrongjoe►gw coba bantu jawab setau gw
scale itu dasar pembentuk lick,
kalo riff itu yg paling keren menurut gw hahhaha karna gw lebih suka ngeriff, bisa dibilang ritym juga tapi lebih maen improvisasi.
contoh simpelnya tangan di konci Dmaj open chord , trus pas struming klingking ikut neken-lepas -neken-lepas di fret ke-3 di senar high e , bisa lebih funky gimana gitu
semua itu ada hubunganya sama scale tapi gw sadarnya pas abis praktekin , sebelumnya sih "its all about feeling dude" baru dicocokin sama teori dan untungnya cocok, kebalik ya? hahahahahah
scale itu dasar pembentuk lick,
kalo riff itu yg paling keren menurut gw hahhaha karna gw lebih suka ngeriff, bisa dibilang ritym juga tapi lebih maen improvisasi.
contoh simpelnya tangan di konci Dmaj open chord , trus pas struming klingking ikut neken-lepas -neken-lepas di fret ke-3 di senar high e , bisa lebih funky gimana gitu
semua itu ada hubunganya sama scale tapi gw sadarnya pas abis praktekin , sebelumnya sih "its all about feeling dude" baru dicocokin sama teori dan untungnya cocok, kebalik ya? hahahahahah
Quote:
Original Posted By apoyando►
saya jg bingung jelasinnya, ahihihih
tapi kurang lebih begini:
scale itu tangga nada yg dibentuk brdasarkan pola interval tertentu
kalau riff dan lick ini masih merupakan ikhtilaf diantara ulama musik
sebagian berpendapat kalau riff itu adalah tema dr bagian lagu tapi sebagian lagu berpendapat klo riff itu tema dr bagian lagu tp buat permainan chord nya aja...
kalau lick itu semacam jurus/potongan melodi yg dimaininnya satu satu (bukan chord)...
hmmm kalau soal fingerstyle ini sih pada dasarnya sama aja kaya bikin musik yg lain, cm yg bikin susah ngafalin dan ngelancarinnya yg lama bgt
kalau ttg pemilihan iringan dan bass ya tergantung kemampuan dan keinginan si pembuatnya...
tapi umumnya kalau pemain fingerstyle yg basicnya itu klasik pemilihan nada bass dan iringannya serta pola ketukannya lebih variatif...
sementara yg otodidak atau yg ga ada basic classic biasanya mainin bassnya ga jauh2 dari nada 1.3 dan 5 (yg ini tentu lebih monoton, makanya mereka sering ngakalin dgn banyak2 main strumming jd biar kerasa rame)...
kalau urusan fingerstyle ini yg jelas makin sedikit ilmu dan pengalaman maka permainan kita bakal cenderung monoton...
kalau mau contoh coba aja dengerin aransemennya om jubing kristianto misalnya yg judulnya becak fantasy, di lagu itu dia main melodi yg sama tapi karena pola bass, iringan dan tekniknya variatif makanya musiknya jd kedengeran kaya bgt...
saya jg bingung jelasinnya, ahihihih
tapi kurang lebih begini:
scale itu tangga nada yg dibentuk brdasarkan pola interval tertentu
kalau riff dan lick ini masih merupakan ikhtilaf diantara ulama musik
sebagian berpendapat kalau riff itu adalah tema dr bagian lagu tapi sebagian lagu berpendapat klo riff itu tema dr bagian lagu tp buat permainan chord nya aja...
kalau lick itu semacam jurus/potongan melodi yg dimaininnya satu satu (bukan chord)...
hmmm kalau soal fingerstyle ini sih pada dasarnya sama aja kaya bikin musik yg lain, cm yg bikin susah ngafalin dan ngelancarinnya yg lama bgt
kalau ttg pemilihan iringan dan bass ya tergantung kemampuan dan keinginan si pembuatnya...
tapi umumnya kalau pemain fingerstyle yg basicnya itu klasik pemilihan nada bass dan iringannya serta pola ketukannya lebih variatif...
sementara yg otodidak atau yg ga ada basic classic biasanya mainin bassnya ga jauh2 dari nada 1.3 dan 5 (yg ini tentu lebih monoton, makanya mereka sering ngakalin dgn banyak2 main strumming jd biar kerasa rame)...
kalau urusan fingerstyle ini yg jelas makin sedikit ilmu dan pengalaman maka permainan kita bakal cenderung monoton...
kalau mau contoh coba aja dengerin aransemennya om jubing kristianto misalnya yg judulnya becak fantasy, di lagu itu dia main melodi yg sama tapi karena pola bass, iringan dan tekniknya variatif makanya musiknya jd kedengeran kaya bgt...
Thanks KASKUS
0
23.8K
Kutip
185
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Help, Tips & Tutorial Music
3.9KThread•2KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya