Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pecintasateAvatar border
TS
pecintasate
Pendukung Jokowi Ketakutan Jika Pelantikan Jokowi di Gelar Malam Hari
Pendukung Jokowi Ketakutan Jika Pelantikan Jokowi di Gelar Malam Hari

Oktober 13, 2014

Tampaknya sikap paranoid pendukung Jokowi masih saja ada, sehingga masalah waktu pelantikan Jokowi pun diperdebatkan. Padahal, MPR, DPR, KMP, TNI, Polri dan sudah semua elemen penting negara menjamin pelantikan Jokowi 20 Oktober 2014 nanti akan berjalan mulus dan lancar, tanpa ada jegal menjegal. Tapi semua itu belum memberikan keyakinan penuh kepada pendukung Jokowi. Jika ini bukan paranoid, lalu apa namanya?

Pendukung Jokowi Ketakutan Jika Pelantikan Jokowi di Gelar Malam Hari

Pusat Kajian (Pusaka) Trisakti menolak dengan tegas rencana pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla pada 20 Oktober 2014 digelar malam hari, dilansir Okezone, Senin (13/10/2014).

“Ada skenario khusus agar pelantikan Jokowi-JK di luar kelaziman pada malam hari yang berpotensi mereduksi kemeriahan dan partisipasi publik,” kata Ketua PusaKa Trisakti Rian Andi Soemarno di Jakarta, Minggu (12/10/2014).

Ia mengatakan hingga hari ini pimpinan MPR dan DPR termasuk komisioner KPU tidak memberikan penjelasan apakah Jokowi-JK dilantik pada siang atau malam hari. Saat ini berkembang wacana pelantikan Jokowi-JK pada malam hari untuk menghindari tindakan anarkis.

“Adanya potensi gagalnya pelantikan Jokowi-JK dan kekosongan kekuasaan jika MK tidak segera menafsirkan beberapa pasal krusial di UU MD3 yang dapat dijadikan alat untuk menunda pelantikan Jokowi-JK pada 20 Oktober 2014,” terangnya.

Pihaknya berharap keberadaan Rumah Transisi sejak awal didirikan hingga dibubarkan juga menganalisa dan memberikan masukan hal paling krusial pada Jokowi-JK segala potensi “ancaman kudeta konstitusional” proses transisi kekuasaan dari SBY ke Jokowi-JK.

“Jika Jokowi-JK gagal dilantik maka program visi-misi Trisakti tidak bisa diwujudkan,” tegasnya.

Ia mengatakan Pusaka Trisakti mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat, relawan dan civil society untuk menyiapkan diri adanya ancaman kudeta konstitusional dan demokrasi.

“Pasal-pasal di UU MD3 dapat menjadi ‘bungkusan konstitusional’ untuk melegitimasi penundaan transisi kekuasaan sekaligus memunculkan kekosongan kekuasaan,” ujarnya.

http://silontong.com/2014/10/13/pend...ar-malam-hari/
0
1.6K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.