Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ajgmj.asliAvatar border
TS
ajgmj.asli
(Awas Tetangga) Indonesia 'TERANCAM' Tak Bisa Patenkan Kopi Luwak !!!!
(Awas Tetangga) Indonesia 'TERANCAM' Tak Bisa Patenkan Kopi Luwak !!!!


Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, meminta pemerintah untuk segera mematenkan kopi luwak. Ada kekhawatiran,brand kopi tersebut bisa diambil negara lain. Salah satunya, ancaman dari negara tetangga Malaysia.

Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, Leman Pahlevi atau akrab disapa Agam, mengatakan, jangan sampai kopi luwak Indonesia brand-nya diambil Malaysia. Seperti batik yang telah di klaim oleh negara tetangga tersebut."Kami ingin, pemerintah lebih cepat lagi dalam mematenkan kopi luwak," ujarnya, Jumat (10/10). 

Kopi luwak tanah air, saat ini telah terkenal di mancanagera. Kopi hasil fermentasi hewan luwak tersebut, memiliki rasa yang sangat unik dan khas. Karena rasanya ini, maka harga kopi luwak sangat mahal. Mencapai 125-150 dolar AS per kilogramnya.

Karena itu, pihaknya ingin supaya kopi luwak ini segera dipatenkan. Sebab, hak paten tersebut sebagai upaya proteksi terhadap komoditi tersebut.

Sementara itu, Wamen Perdagangan Bayu Krisnamurthi, mengatakan, keinginan pengusaha yang meminta kopi luwak segera dipatenkan, sepertinya akan sulit. Sebab, untuk mematenkan produk kopi ini arah harus ke geogrifika identifikasi. Jadi, berbeda dengan batik atau lainnya, yang proses pematenannya mudah.

"Kopi luwak ini, di proses dari binatang luwak. Jadi, kalau mau dipatenkan harus merujuk ke identitas geografisnya," ujarnya.

Kalau untuk komoditi kopi, lanjutnya, sebenarnya sudah banyak yang dipatenkan. Seperti, Kopi Toraja, Gayo, Mansailing, dan Jember. Selanjutnya, khusus untuk kopi luwak ini sepertinya tidak akan bisa menyaingi Indonesia. "Kalau kopi luwak, ya berarti itu Indonesia," ujar Bayu.


(Awas Tetangga) Indonesia 'TERANCAM' Tak Bisa Patenkan Kopi Luwak !!!!

http://m.republika.co.id/berita/nasi...kan-kopi-luwak

ayo segera proses (Awas Tetangga) Indonesia 'TERANCAM' Tak Bisa Patenkan Kopi Luwak !!!!emoticon-coffee
Diubah oleh ajgmj.asli 10-10-2014 15:24
0
2.7K
28
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.