Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hanschristianwAvatar border
TS
hanschristianw
50 Tahun Perjalanan Shinkansen, Merubah 'Wajah' Jepang



Spoiler for Shinkansen tempo dulu :


Pada 10:00 pada tanggal 1 Oktober 1964, kurang dari satu setengah minggu dimulainya Olimpiade Tokyo, dua kereta perdana Hikari super Inn Shinkansen, atau "kereta peluru," tiba di tujuannya, Tokyo dan Osaka. Mereka tepat waktu. Ratusan orang telah menunggu semalam di setiap terminal untuk menyaksikan peristiwa bersejarah ini, seperti Olimpiade.

Perjalanan antara dua kota terbesar di Jepang dengan kereta api sebelumnya, ditempuh hampir tujuh jam. Dan Shinkansen telah membuat perjalanan lebih cepat, hanya  dalam waktu empat jam saja.

Ini adalah kereta komersil pertama di dunia, dengan kecepatan tinggi. Kereta ini merayakan ulang tahun ke-50 tahun ini, dan telah menghubungkan lima pedalaman di Jepang, antara lain ke Edo, kota yang di pertengahan 1800-an menjadi Tokyo-nya Jepang.

Istilah "shinkansen" secara harfiah berarti "jalur trunk baru." Semua kereta api sebelumnya dirancang untuk melayani dan menghubungkan daerah-daerah terpencil. Sedangkan tujuan Tokaido Shinkansen, sesuai dengan namanya, adalah untuk membawa orang ke ibukota. 

Setelah perang Tokyo berakhir, pembangunan kembali dilanjutkan sesuai rencana semula. Saat itu sebagai besar industri condong ke kota, sehingga orang-orang muda berbondong-bondong ke Tokyo untuk bekerja, dan ketika mereka mulai berkeluarga, mereka didorong untuk membeli rumah.

Pada awal 1950-an kereta konvensional yang berjalan penuh sesak. Dan kecepatan kereta api hanya bisa mencapai kecepatan 145km/jam, Jepang National Railways (JNR) memutuskan untuk mengembangkan kereta lebih cepat, dan pada April 1959 pembangunan Tokaido Shinkansen dimulai dengan awal anggaran ¥200 miliar (£ 1,1 miliar), meskipun biaya akhirnya akan dua kali lipat.

Dalam sebuah wawancara di surat kabar Tokyo Shimbun, Takashi Hara, seorang sarjana politik dan ahli rel kereta api Jepang, mengatakan kebijakan memperluas Shinkansen diumumkan secara resmi oleh Kakuei Tanaka, perdana menteri Jepang dari 1972 sampai 1974, "Tujuannya adalah untuk menghubungkan wilayah regional ke Tokyo," kata Hara.

"Dan saat ini jaringan Shinkansen nasional, benar-benar mengubah wajah Jepang. Waktu perjalanan diperpendek dan getaran yang berkurang, sehingga memungkinkan untuk tujuan bisnis dan kesenangan di perjalanan lebih nyaman," tambahnya.


Spoiler for Shinkansen Modern:


Kereta Tokaido shinkansen sendirian sekarang beroperasi sekitar 323 kereta per hari, dan mengambil penumpang 140 juta per tahunnya, jauh melebihi penduduk Jepang. Hal ini memiliki efek penting terhadap bentuk fisik kota. Dan hasilnya dari layanan ini, Tokyo menjadi lebih padat, dengan lebih banyak penumpang Shinkansen datang ke ibukota.

Sedangkan untuk menghubungkan Tokyo ke Nagoya pada 2027, kini sedang dibangun jalur sekitar 40 meter di bawah tanah. Dan teknologi maglev adalah tahap berikutnya dalam evolusi perjalanan kereta api berkecepatan tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk menjadi pendorong semangat, untuk industri kereta api Jepang.

Perkembangan Shinkansen sendiri tidak dapat dipisahkan dari geografi Jepang, yang sekitar 86 persen berupa pegunungan. Sehingga untuk mensiasatinya, mereka membuka jalur di bawah tanah. Sampai saat ini, Shinkansen adalah cara terbaik untuk bepergian dari ke Tokyo ke seluruh penjuru Jepang.


Spoiler for sumber:



Diubah oleh hanschristianw 31-10-2014 10:39
0
4K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.