Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ilurkerAvatar border
TS
ilurker
[PKI, DI/TII,PRRI/Permesta, NII]Sama-sama Pemberontak Namun Apa yang Membuat Berbeda?
Salam Gans.

Saya sudah coba cari beberapa thread tentang gerakan pemberontak di atas. Memang ada di Kaskus tapi terpisah-pisah jadi saya kira ini tidak repost.
Spoiler for bukti repost..?:


Ada thread juga yang bahas semua bahkan sampai yang terbaru (GAM, RMS, Papua Merdeka) tapi hanya sebatas sejarah yang "diketahui" saja, karena itu saya coba buat thread ini karena penasaran dengan opini, pendapat bahkan mungkin kebenaran dari agan-agan sekalian, para sepuh dan mastah sejarah emoticon-thumbsup

Spoiler for permintaan maaf:


Saya tergelitik membuat thread ini karena iseng-iseng, tadi baru saja membaca artikel dari kompasianatentang kenapa mantan kader PDIP Ribka Tjiptaning dipermasalahkan karena dia adalah anak dari seorang PKI tapi kenyataan Prabowo adalah anak Pemberontak PRRI/Permesta yaitu Soemitro tidak diperdulikan..?

Saya membuat thread ini terlepas dari situasi pasca pilpres. Ini murni karena keingintahuan saya saja. Jadi saya mohon pendapat agan-agan sekalian tidak membawa isu-isu pilpres. Saya tidak membahas GAM, RMS dan Papua Merdeka karena menurut saya karena kejadian tersebut masih "baru".

Yang ingin saya tanyakan, PKI, DI/TII, PRRI/Permesta, NII merupakan bentuk pemberontakan. Pemberontak di atas adalah upaya untuk memecah belah bangsa Indonesia. Mereka sama saja kan? Namun kenapa nama PKI begitu santer dan terlihat PKI itu "hukumnya" haram sekali di Indonesia.. Terjahat dari yang paling jahat.

Pertama PKI

Sebelum mendalami lebih jauh ada lebih baiknya saya lampirkan penjelasan tentang apa itu paham Komunis.
Komunisme adalah sebuah ideologi. Penganut paham ini berasal dari Manifest der Kommunistischen yang ditulis oleh Karl Marx dan Friedrich Engels
Dari wikipedia saya ambil di laman Ide Dasar paragraf ketiga
Quote:


Dan dari sumber lain,
Spoiler for Definisi Komunis:

saya simpulkan paham Komunis ini menentang penindasan rakyat kecil dan mengupayakan kesejahteraan merata.

Yang saya tangkap kenapa masyarakat Indonesia begitu alergi dengan nama PKI tentu saja karena peristiwa tidak berperikemanusiaan yang dinamakan G-30S/PKIDAN pengaruh dari kurikulum pendidikan masa Orde Baru yang menurut saya adalah tindakan offensive pada orang-orang PKI terlepas semua orang PKI apakah jahat atau tidak (agan yang kelahiran 90 an pasti tau). Bahkan sampai ada pendapat semua keluarga PKI dari orangtua sampai anak harus dihabisi sampai akar-akarnya. Akan tetapi apa benar semua orang PKI sama bejatnya dengan pelaku G-30S/PKI? Apakah masyarakat menilai kekejaman PKI akan diwariskan oleh anak-anak mereka? Apakah masyarakat takut jika anak dari orang PKI akan membentuk kembali PKI?

Satu lagi.. di masa sekarang saya melihat paradigma sebagian masyarakat Indonesia adalah PKI = Komunis. Mereka membenci dan menyetarakan kalau Komunis itu ya PKI. Padahal seperti yang sudah saya kutip tujuan dari paham Komunis ialah menentang penindasan rakyat kecil dan mengupayakan kesejahteraan merata. Jadi... apakah Komunis = PKI?

Spoiler for lanjutan:


Sekarang lanjut ke PRRI/Permesta:
Awal mula gerakan ini muncul karena situasi politik dan ekonomi Indonesia yang tidak baik. Tatanan politik yang diatur oleh UUDS 1950 menuntut sikap formal-legalistik. Bangsa indonesia memasuki periode demokrasi liberal yang berdasarkan demokrasi parlementer. Para menteri bertanggungjawab kepada perdana menteri, bukan kepada presiden . Setelah dibentuknya kabinet Parlemen, kondisi politik Indonesia semakin kacau. Pergantian kabinet secara terus menerus yang terjadi hampir setiap tahun. Berbagai kebijakan silih berganti tiap periode menimbulkan keadaan yang tidak kondusif.
Pecahnya Dwi-tunggal Soekarto-Hatta memperburuk kondisi perpolitikan bangsa. Pada 1 Desember 1956 Hatta mengundurkan diri secara resmi dari jabatanya sebagai wakil presiden. Hubungan Soekarno-Hatta mulai retak sejak tahun 1955. Perbedaan pendapat dan latar belakang walaupun keduanya sebagai tokh muslim yang nasionalis, namun Soekarno cenderung ke Marxis serta bermain api dengan komunis, sedangkan Hatta cenderung ke Sosialis dan anti komunis .
Akhir tahun 1956, Bung Karno telah sering mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap sistem parlementer yang ada dan berencana memperbaharui sistem pemerintahan menjadi sistem pemerintahan ”Demokrasi Terpimpin”,Sumber

Munculnya PPRI adalah reaksi ketidakpuasan pada pemerintah pusat karena pembangunan dan pembiayaan yang tidak merata.

Spoiler for Pembentukan PPRI:


Pada tanggal 10 Februari 1958 sebuah Dewan Perjuangan melalui RRI Padang mengeluarkan pernyataan “Piagam Jakarta” yang berisi sejumlah tuntutan yang ditujukan pada Persiden Soekarno agar “bersedia kembali kepada kedudukan yang konstitusional menghapus segala akibat dan tindakan yang melanggar UUD 1945 serta membuktikan kesediaannya itu dengan kata dan perbuatan…”. Tuntutan tersebut diantaranya adalah:
Quote:


Tuntutan-tuntutan ini ditolak oleh pemerintah pusat. Reaksi dari PRRI adalah dengan mengumumkan pendirian Pemerintahan Tandingan yaitu Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) lengkap dengan kabinetnya pada tanggal 15 Februari 1958. Susunan Kabinet PRRI adalah sebagai berikut:
Quote:


Spoiler for selengkapnya:


Lanjutan dibawah...
Diubah oleh ilurker 22-08-2014 06:42
0
38.7K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.