Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NggakIngatAvatar border
TS
NggakIngat
Crop sensor vs full frame (FOV sama)
Halo agan semua.

Langsung aja, gue penasaran banget, gimana perbandingan hasil foto antara body crop sensor (CS) dengan body full frame (FF), untuk field of view (FOV) yang sama. Kalo FOV sama, maka focal length (FL) pasti beda, karena FOV di CS adalah kira-kira 1,5x atau 1,6x lebih kecil dari FF. Jadi kalo lensa 18mm di CS, FOVnya hampir sama dengan lensa 28mm di FF.

Nah, gue pingin liat perbandingan hasil fotonya. Gue coba searching di sini, tapi ternyata gak ketemu, mungkin memang belum ada yang posting. Gue coba lagi lewat google, awalnya gak nemu. Yang banyak dibahas cuma teorinya, disertai ilustrasi perbandingan dengan FL yang sama, kayak gini nih:

Spoiler for crop vs full (focal length sama):


Tapi yang gue pingin lihat, perbandingan untuk FOV yang hampir sama, antara body CS dengan FF. Misalnya (pake Canon) body 5D lensa 85mm f/1.8 dibandingin dengan body 50D lensa 50mm f/1.8.

Akhirnya gue nemu juga contohnya. Cekidot gan :

Spoiler for Canon 5D dengan lensa 50mm vs Canon 30D dengan lensa 35mm:


Spoiler for Canon 5D dengan lensa 50mm vs Canon 30D dengan lensa 35mm (pixel peep):


Spoiler for Canon 5D dengan lensa 135mm vs Canon 30D dengan lensa 85mm:


Spoiler for Canon 5D dengan 24-105mm @ 90mm vs Canon 30D dengan 17-55mm @ 55mm:


Kayaknya topik perbandingan yang ini kurang menarik, karena jarang yang ngebahas, apalagi ngasih sample fotonya. Moga-moga ada manfaatnya deh, buat yang pingin ngebandingin hasil foto body CS dengan body FF untuk FOV yang sama.

UPDATE

Maap gan, lupa belum gue sebutin, alasan gue penasaran pingin ngebandingin CS dan FF tapi FOV nya dibikin hampir sama, karena gue belum pernah megang kamera FF dan gue pingin lihat, foto yang gue ambil pake kamera CS seandainya diambil pake FF dengan FOV yang sama, seperti apa perbandingannya.

karena kameranya beda, lensanya juga beda (minimal beda di FL dan aperture supaya hasilnya secara visual hampir sama), dsb, perbandingan semacam ini bukan untuk tujuan perbandingan teknik, tapi lebih ke perbandingan estetika. kesimpulan yang gue dapat adalah bahwa kalo FOV dibikin sama, backgroundnya pun dibikin blur yang hampir sama, ya memang gak keliatan bedanya antara CS dengan FF emoticon-Hammer (S)

namanya juga lagi ngobatin rasa penasaran...

Spoiler for sumber:
Diubah oleh NggakIngat 06-10-2014 04:08
0
5.8K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
PhotographyKASKUS Official
14.2KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.