Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arkikuntoroAvatar border
TS
arkikuntoro
Ini Masukan KPU untuk SBY Terkait Perppu Pilkada Langsung

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta masukan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (perppu) tentang pemilihan kepala daerah.

Ketua KPU Husni Kamil Manik, akhirnya datang ke Kantor Presiden hari ini, Kamis 2 Oktober 2014. Husni mengatakan, KPU tak bisa memberikan komentar mengenai perppu yang disusun oleh presiden. Namun, dia hanya memberikan catatan mengenai pengalaman KPU terhadap proses pilkada.

Beberapa poin yang dia sampaikan kepada SBY, kata Husni, adalah bahwa pilkada perlu dikakukan serentak pada provinsi dan kabupaten/kota. Hal ini akan mengurangi biaya penyelenggaraan.

"Begitu juga dalam pengelolaan pemilu. Serentak akan lebih sederhana dana efektif baik pihak rentang horisontal maupun internal pemilu secara vertikal," kata Husni di Kantor Presiden.

Selain itu, dia juga menyampaikan soal hasil akhir pemilu legislatif dan presiden 2014 lalu. KPU , ujarnya, memiliki sistem informasi yang bisa digunakan di pilkada, yaitu sistem informasi logistik dan sistem informasi daftar pemilih.

Lebih lanjut, Husni mengatakan, KPU sependapat dengan pemerintah agar mempublikasikan biodata calon kepala daerah secara terbuka.

"Kami menyediakan fasilitas media online yang bisa memberikan informasi secara luas agar masyarakat bisa melakukan semacam uji publik," ujar dia.

Selain itu, untuk menekan biaya pilkada langsung, kata Husni, KPU mengatur penggunaan alat peraga kampanye. "Pembatasan jenis, ukuran dan volume. Hal ini dapat mengurangi biaya kampanye," ujar dia.

Menurut Husni, fasilitas kampanye di media massa juga perlu dianggarkan di anggaran penyelenggara dan setiap pasangan calon diberikan porsi yang sama.
"Agar tidak jor-joran pasangan calon yang memiliki media," kata dia.

Kemudian, setelah perhitungan suara di TPS selesai seluruh dokumen dapat ditarik dan dihitung di tingkat kabupaten/kota.

"Dalam kesempatan itu Presiden apresiasi KPU yang laksanakan pileg dan pilpres yang dalam penilaian beliau cukup baik," kata dia.

Presiden, kata dia, merespons agar pendidikan politik yang dilakukan selama ini perlu dilakukan kembali. "Presiden katakan pemilukada oleh DPRD demokratis namun masyarakat saat ini lebih memilih pemilukada dilakukan secara langsung," ucapnya.

SBY, menurut Husni, meminta pandangan KPU mengenai perppu yang telah diterbitkannya. Namun, Husni sendiri tak mau memberikan pendapatnya. Sebab, KPU hanyalah lembaga pelaksana UU saja.

"Sebagaimana pembahasan UU pemilukada di DPR kami tak bersikap menolak atau menerima karena kami penyelenggara dan implementasi UU dan kami menghormati wewenang presiden," ujarnya.


Ini Masukan KPU untuk SBY Terkait Perppu Pilkada Langsung
0
958
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.