Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

randiteAvatar border
TS
randite
Tahun 2015: Tidak ada lagi Tiket Kereta Api yang Murah
Sebelumnya: bukti no repost:

(ada beberapa thread, tapi ga ada hubungannya ama thread ane karena thrad2 itu ditulis di tahun 2013 dan awal 2014)


To the point aja gan, ane adalah pengguna setia KA jarak jauh setiap minggunya. Dan selama ini, ane biasa pake tiket KA ekonomi karena murah dan dapat subsidi dari pemerintah (subsidi PSO = Public Service Obligation). Nah, hari ini, ada info dari PT KAI bahwa per 1 Januari 2015, subsidi PSO akan dialihkan dari KA ekonomi jarak jauh menjadi hanya KA commuter/KA lokal: Cekidot:

Spoiler for Pengumuman PT KAI:


Berdasarkan bocoran, tarif KA ekonomi di tahun 2015 bakal naik sbb:
Spoiler for Tarif KA eko Jan 2015:


Mungkin temen-temen yang ga pernah naik Kereta Api, merasa tarif segitu udah sangat murah. Tapi kenaikan 100% membuat ane pusing mikirin gimana caranya ketemu keluarga di kampung halaman.. Lha wong gaji ane aja naiknya cuma sekitar 5-6% per tahun.

Memang sekarang KA ekonomi pun sudah sesuai tempat duduk (ga ada tiket berdiri), trus ada ACnya gan, tetapi tempat duduknya sebenernya sangat ga nyaman untuk jarak jauh (di atas 6 jam), karena kursinya tegak banget, kursi 2-3, dan hadap2an. Bayangin kalo dengkul agan ketemu dengkul orang didepan agan. Nih contoh foto tempat duduk KA ekonomi:




Jujur saja, kami sih ga masalah naik KA ekonomi yang penuh asal bisa pulang tiap minggu (ketemu keluarga di kampung halaman) asal tiket murah, dan banyak juga orang seperti ane di Indonesia ini (terutama Jakarta dan kota2 besar lainnya). Bahkan ane rasa kaskuser juga udah banyak yang jadi penglaju mingguan. Banyak orang terpaksa harus jadi penglaju mingguan karena tuntutan pekerjaan yg ga bisa ditinggalkan.


Nah dengan kemungkinan udah ga ada lagi tiket murah KA ekonomi di tahun 2015 (dan kalo harga tiket KA ekonomi naik, pasti harga tiket KA bisnis dan eksekutif juga naik... sekarang harga tiket KA bisnis dan eksekutif masih "agak normal" karena tiket KA ekonomi masih murah), maka apa yang harus ane dan temen-temen lakuin?

Segala saran bakal ane tampung dan ane rembukin sama temen-temen untuk langkah kedepan, karena bukan cuma ane aja yang bakal kena dampak karena kebijakan PT KAI, tsb tetapi juga orang-orang yang butuh transportasi murah antar kota dengan KA ekonomi.

Komen-komen menarik akan ane pajang di page one. Terima kasih.
Diubah oleh randite 30-09-2014 14:47
0
14K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.