Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jimmy.kAvatar border
TS
jimmy.k
JOKOWI MENGUNDURKA DIRI DARI JABATAN GUBERNUR DKI
Jokowi Mengundurkan Diri, Ahok Kembali Jadi Plt Gubernur


JAKARTA, KOMPAS.com — DPRD DKI Jakarta berencana menggelar sidang paripurna mengenai pengunduran diri Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta, Kamis (2/10/2014).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama mengatakan, ia akan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI jika Jokowi telah resmi mengundurkan diri.
"Secara peraturan, saya otomatis jadi Plt (Gubernur)," kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Hal tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Menurut dia, masih ada proses administrasi yang harus dilalui sebelum resmi menjabat sebagai Gubernur DKI.

Jabatannya sebagai Plt Gubernur DKI itu berlaku hingga menteri dalam negeri melantiknya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Setelah Jokowi resmi mundur jadi gubernur, maka Basuki-lah yang akan menerima "tongkat estafet" mengelola seluruh pemerintahan Ibu Kota. [Baca: Kapan Ahok Dilantik Jadi Gubernur Baru DKI?]

Seluruh kebijakan DKI berada di tangannya. "Pak Jokowi kalau sudah mundur (mengundurkan diri dari gubernur), sudah enggak ngantor lagi (di Balaikota)," kata Basuki.

Basuki juga sempat menjadi Plt Gubernur saat Jokowi fokus menjalani kampanye Pemilu Presiden 2014 lalu.

DPRD DKI Jakarta sepakat menyelenggarakan rapat paripurna pada Kamis (2/10/2014) besok untuk memproses pengunduran diri Jokowi sebagai Gubernur DKI.

Lima dari sembilan fraksi di DPRD, yakni PDI Perjuangan, Demokrat-PAN, Nasdem, PKB, dan Hanura, menghadiri rapat tersebut dan menyepakati paripurna pengunduran diri Jokowi.

Sementara Partai Gerindra, PPP, Golkar, dan PKS tidak menghadiri rapim. Jika pengunduran diri ditolak, Jokowi akan merangkap jabatan sebagai presiden dan Gubernur DKI Jakarta. DPRD belum mengagendakan paripurna pengangkatan Basuki sebagai Gubernur DKI.
sumur

Siang Ini, DPRD DKI Bahas Rencana Mundur Jokowi


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan DPRD DKI Jakarta direncanakan menggelar rapat untuk membahas pengunduran diri Gubernur Joko Widodo, Selasa (30/9/2014) siang ini.

Rapat dilakukan menyusul telah diterimanya surat pengunduran diri Jokowi pada tanggal 26 September 2014 lalu.

"Besok siang akan dirapatkan dengan pimpinan (di DPRD)," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (29/9/2014).

Pras menjamin, DPRD DKI Jakarta tidak akan menghambat pengunduran diri Jokowi yang akan segera dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober 2014 mendatang. "Pokoknya secepatnya dan on schedule," ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Seperti yang diketahui, saat ini Jokowi telah menyandang status sebagai presiden terpilih. Ia akan dilantik oleh MPR RI pada 20 Oktober mendatang, di Gedung Parlemen.

Dengan demikian, dia sudah harus mundur dari jabatannya saat ini sebelum tanggal tersebut.

Mundurnya Jokowi akan membuat wakilnya, Basuki "Ahok" Tjahaha Purnama naik jabatan mengisi posisinya. Sedangkan posisi yang ditinggalkan Ahok nantinya akan diisi oleh orang yang dipilih oleh DPRD DKI.

Orang tersebut merupakan satu dari dua nama yang diajukan oleh PDI Perjuangan dan Gerindra, dua partai pengusung duet Jokowi-Ahok pada Pilkada DKI 2012.
sumur
jokowi the next president emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh jimmy.k 02-10-2014 01:49
0
1.6K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.