- Beranda
- The Lounge
Jenis Motor yang Sering di JUMPAI
...
TS
gado2lontong
Jenis Motor yang Sering di JUMPAI
gado2lontong THREAD
"Indahnya membaca dengan memberikan komeng, rate, atau cendol"
-Anonymus
-Anonymus
Quote:
Yah inilah thread yang dibuat karena pengamatan TS setiap hari dijalanan, khususnya ibu kota.
Siapa sih yang gak tergiur untuk memodifikasi tunggangannya? ada yang udah bosen gara-gara standard tampilannya, atau bentuknya pengen kayak yang "ngono". nah ini mungkin bisa jadi referensi juga untuk arah modif-modifannya agan-agan yah hehehe.
pasti ga repost, ini ane buat selagi iseng nunggu istirahat kantor.
Spoiler for ilustrasi:
Siapa sih yang gak tergiur untuk memodifikasi tunggangannya? ada yang udah bosen gara-gara standard tampilannya, atau bentuknya pengen kayak yang "ngono". nah ini mungkin bisa jadi referensi juga untuk arah modif-modifannya agan-agan yah hehehe.
pasti ga repost, ini ane buat selagi iseng nunggu istirahat kantor.
01
Spoiler for Tipe 01:
Nama : Motor Ceper
Nama Latin: Wilbes Pendekinesis
Penampakan :
Populasi : Bebek 70% , Motor Laki 20%, Unidentified 10%
Ubahan :
- Tangki di Modif (biar ga mentok ban). Nb : Khusus Bebek
- Swing Arm dibuat Lobang As baru yang biasanya ditengah swing arm, semakin pendek jarak wheelbasenya semakin naik kasta di komunitasnya,
- Fork Depan dipendekkan sependek-pendeknya,
- Chrome Mesin dan accessoris lainnya.
Keunggulan :
- Tampak Ceper (sesuai namanya)
- Mudah berkendara dalam macet.
- Ga bakal jinjit kalo motor berhenti, malahan ga perlu standard kalau parkir.
Kelemahan :
- Susah dan Tidak aman untuk Boncengan
- Tidak nyaman untuk melakukan manuver dalam kecepatan sedang – cepat
- Repot untuk melewati polisi tidur
- Repot untuk melewati Jalan bolong
- Tidak bisa lewat banjiran
- Tidak banyak mendapat respon positif dari orang tua.
Biaya Modif : Rp 250.000 ~ Rp 4.000.000
Rating TS : 2 / 10
Comment TS : Kurang dapat diterapkan untuk kondisi bertempur harian dijakarta. Hanya
untuk anak-anak yang masih abg (ga ada kepastian waktu seperti bekerja).
Nama Latin: Wilbes Pendekinesis
Penampakan :
Populasi : Bebek 70% , Motor Laki 20%, Unidentified 10%
Ubahan :
- Tangki di Modif (biar ga mentok ban). Nb : Khusus Bebek
- Swing Arm dibuat Lobang As baru yang biasanya ditengah swing arm, semakin pendek jarak wheelbasenya semakin naik kasta di komunitasnya,
- Fork Depan dipendekkan sependek-pendeknya,
- Chrome Mesin dan accessoris lainnya.
Keunggulan :
- Tampak Ceper (sesuai namanya)
- Mudah berkendara dalam macet.
- Ga bakal jinjit kalo motor berhenti, malahan ga perlu standard kalau parkir.
Kelemahan :
- Susah dan Tidak aman untuk Boncengan
- Tidak nyaman untuk melakukan manuver dalam kecepatan sedang – cepat
- Repot untuk melewati polisi tidur
- Repot untuk melewati Jalan bolong
- Tidak bisa lewat banjiran
- Tidak banyak mendapat respon positif dari orang tua.
Biaya Modif : Rp 250.000 ~ Rp 4.000.000
Rating TS : 2 / 10
Comment TS : Kurang dapat diterapkan untuk kondisi bertempur harian dijakarta. Hanya
untuk anak-anak yang masih abg (ga ada kepastian waktu seperti bekerja).
02
Spoiler for Tipe 02:
Nama : Motor Drag
Nama Latin: Bahu Pegeliosis
Penampakan :
Populasi : Matic 70% , Bebek 20%, Motor Laki 5%, Unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki khusus dari bahan yang ringan dan seringkas mungkin
- Bore up Mesin, Piston Oversize
- Saringan Udara lepas
- Semua kosmetik dilepas, hanya menyisakan rangka utama
- Stang Jepit
- Velg Jari-jari dengan ban cacing
- Penggantian part mesin yang biasa menjadi part racing
- Jok hanya lurus dan minim busa (kayak papan skate board)
- Komstir distel sangat kaku.
- Airbrush (biasanya berakhir di warna terang kayak kuning dan oranye)
- Knalpot Racing.
Keunggulan :
- Sangat Kencang !!!!! (DRIVE WITH EXTREME CAUTION!!!!!!).
Kelemahan :
- Kalau kena macet mesin sangat cepat overheat
- Biasanya sangat ringan, sangat berbahaya jika ada genangan air dalam keadaan kecepatan tinggi.
- Beloknya susah dan berat
- Kalau manuver di jalan macet sama aja kayak hari pertama fitness, pegel!
- Ada kecendrungan bahaya pecah di bagian head mesin / piston (dikarenakan bore up extreme)
- Memiliki tingkat bising yang tinggi (>110 db)
Biaya Modif : Rp 1.500.000 ~ Rp 12.000.000
Rating TS : 4 / 10
Comment TS : Kalau mau balapan, balapanlah di sirkuit! Jangan dijalan umum.
Nama Latin: Bahu Pegeliosis
Penampakan :
Populasi : Matic 70% , Bebek 20%, Motor Laki 5%, Unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki khusus dari bahan yang ringan dan seringkas mungkin
- Bore up Mesin, Piston Oversize
- Saringan Udara lepas
- Semua kosmetik dilepas, hanya menyisakan rangka utama
- Stang Jepit
- Velg Jari-jari dengan ban cacing
- Penggantian part mesin yang biasa menjadi part racing
- Jok hanya lurus dan minim busa (kayak papan skate board)
- Komstir distel sangat kaku.
- Airbrush (biasanya berakhir di warna terang kayak kuning dan oranye)
- Knalpot Racing.
Keunggulan :
- Sangat Kencang !!!!! (DRIVE WITH EXTREME CAUTION!!!!!!).
Kelemahan :
- Kalau kena macet mesin sangat cepat overheat
- Biasanya sangat ringan, sangat berbahaya jika ada genangan air dalam keadaan kecepatan tinggi.
- Beloknya susah dan berat
- Kalau manuver di jalan macet sama aja kayak hari pertama fitness, pegel!
- Ada kecendrungan bahaya pecah di bagian head mesin / piston (dikarenakan bore up extreme)
- Memiliki tingkat bising yang tinggi (>110 db)
Biaya Modif : Rp 1.500.000 ~ Rp 12.000.000
Rating TS : 4 / 10
Comment TS : Kalau mau balapan, balapanlah di sirkuit! Jangan dijalan umum.
03
Spoiler for Tipe 03:
Nama : Cb / Cb jadi-jadian
Nama Latin: Terjebakis Masalaluis
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 97 %, Unidentified 3 %
Ubahan :
- Tangki diganti menjadi seperti cb atau menggunakan tangki cb
- Swing arm dibuat menjadi bulat, tidak kotak.
- Cover Aki menggunakan dari cb atau custom.
- Chassis / Frame belakang dibuat rata agar tampilan jok rata
- Knalpot diganti knalpot cb,
- Spakbor depan dan belakang ambil dari cb,
- Velg Jari (It’s a MUST!!)
- Chrome Batok Lampu, Kaca Spion, Knalpot, dll.
- Untuk mesin biasanya menggunakan part GL atau TIGER
Keunggulan :
- Tampil Retro (ya iyalah)
- Dudukan ga cepat pegal, sangat cocok untuk touring (jarak jauh)
Kelemahan :
- Kalau mau ngejer ori harus berdompet tebal
- Tidak nyaman kalau di parkiran (takut kegesek / baret)
- Tangki harus sering dikuras, biasanya menggunakan tangki 2nd yang sudah di las alasnya jadi untuk mengurangi resiko rembes.
- Nyucinya repot (banyak lipetan)
Biaya Modif : Rp 500.000 ~ Rp 30.000.000
Rating TS : 7 / 10
Comment TS : Untuk harian sangat baik, dan masih banyak diminati para bikers. Lagipula
Bentuknya itu loh gan, siapa yang bisa menahan godaan cb?
Nama Latin: Terjebakis Masalaluis
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 97 %, Unidentified 3 %
Ubahan :
- Tangki diganti menjadi seperti cb atau menggunakan tangki cb
- Swing arm dibuat menjadi bulat, tidak kotak.
- Cover Aki menggunakan dari cb atau custom.
- Chassis / Frame belakang dibuat rata agar tampilan jok rata
- Knalpot diganti knalpot cb,
- Spakbor depan dan belakang ambil dari cb,
- Velg Jari (It’s a MUST!!)
- Chrome Batok Lampu, Kaca Spion, Knalpot, dll.
- Untuk mesin biasanya menggunakan part GL atau TIGER
Keunggulan :
- Tampil Retro (ya iyalah)
- Dudukan ga cepat pegal, sangat cocok untuk touring (jarak jauh)
Kelemahan :
- Kalau mau ngejer ori harus berdompet tebal
- Tidak nyaman kalau di parkiran (takut kegesek / baret)
- Tangki harus sering dikuras, biasanya menggunakan tangki 2nd yang sudah di las alasnya jadi untuk mengurangi resiko rembes.
- Nyucinya repot (banyak lipetan)
Biaya Modif : Rp 500.000 ~ Rp 30.000.000
Rating TS : 7 / 10
Comment TS : Untuk harian sangat baik, dan masih banyak diminati para bikers. Lagipula
Bentuknya itu loh gan, siapa yang bisa menahan godaan cb?
04
Spoiler for Tipe 04:
Nama : Street Fighter
Nama Latin: Limbahanis Mogeus
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 93 %, unidentified 7%
Ubahan :
- Tangki diganti dengan tangki moge (limbah)
- Swing arm Limbah moge
- Upside down limbah moge
- Jok dibuat seperti sengkedan
- Chassis / Frame menjadi fitur utama, jadi ferring dan penutup lain tidak diperlukan
- Knalpot diganti knalpot racing
- Velg Racing (depan min 3”, belakang min 4.25”)
- Ban Gambot (depan min 120 belakang min 140)
- Mesin Dirombak dikit biar bisa kuat ngebawa kaki yang guede.
Keunggulan :
- Baru Motor Laki namanya
- Susah selip
- Ditikungan sangat nyaman walaupun dalam kecepatan tinggi, karena menggunakan part-part limbah moge yang memiliki teknologi sudah sangat baik. (harus pinter nyarinya )
- Traksi maksimal! Ban gede masa traksi minimum?
Kelemahan :
- Berat!
- Part sangat mahal (biasanya)
- Harus dengan montir yang sudah berpengalaman, jangan sekali-sekali menggunakan montir amatir, karena banyak yang diketahui olehi para montir yang berpengalaman untuk urusan memasang part limbah ke motor kita.
Biaya Modif : Rp 3.000.000 ~ Rp 70.000.000
Rating TS : 6 / 10
Comment TS : Terlalu mahal sih untuk hitungan hobby, tapi kalau ngeliat pasti pengen
Hehehe.
Nama Latin: Limbahanis Mogeus
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 93 %, unidentified 7%
Ubahan :
- Tangki diganti dengan tangki moge (limbah)
- Swing arm Limbah moge
- Upside down limbah moge
- Jok dibuat seperti sengkedan
- Chassis / Frame menjadi fitur utama, jadi ferring dan penutup lain tidak diperlukan
- Knalpot diganti knalpot racing
- Velg Racing (depan min 3”, belakang min 4.25”)
- Ban Gambot (depan min 120 belakang min 140)
- Mesin Dirombak dikit biar bisa kuat ngebawa kaki yang guede.
Keunggulan :
- Baru Motor Laki namanya
- Susah selip
- Ditikungan sangat nyaman walaupun dalam kecepatan tinggi, karena menggunakan part-part limbah moge yang memiliki teknologi sudah sangat baik. (harus pinter nyarinya )
- Traksi maksimal! Ban gede masa traksi minimum?
Kelemahan :
- Berat!
- Part sangat mahal (biasanya)
- Harus dengan montir yang sudah berpengalaman, jangan sekali-sekali menggunakan montir amatir, karena banyak yang diketahui olehi para montir yang berpengalaman untuk urusan memasang part limbah ke motor kita.
Biaya Modif : Rp 3.000.000 ~ Rp 70.000.000
Rating TS : 6 / 10
Comment TS : Terlalu mahal sih untuk hitungan hobby, tapi kalau ngeliat pasti pengen
Hehehe.
05
Spoiler for Tipe 05:
Nama : Cafe Racer
Nama Latin: Buntutus Buntungis
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 95 %, unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki Costum sendiri atau bisa dari tangki motor batang jadul
- Swing arm musti bulat
- Cover shock depan
- Jok dibuat rata dengan adanya buntut yang dibuat dari galvanis atau fiber
- Chassis / Frame dipotong sesuai yang dibutuhkan (MUTILASI!!!! )
- Knalpot diganti knalpot racing 3/4
- Velg jari dengan balutan ban jadul (avon, , shinko, etc )
- Usahakan ban depan dan belakang sama ukurannya (kalau depan 120 ya belakang 120 atau usahakan beda 1 ukuran)
- Stang ada 2 Varian : clubman (rekomended) dan stang jepit
- Aki ditaruh didalam / dibawah jok, filter udara diganti filter racing.
Keunggulan :
- Bentuknya unik, dan mempunyai citarasa tersendiri
- Cocok untuk agan yang suka menjadi bahan perhatian
- One of a kind, kalo agan buatnya dari 0, (total custom)
Kelemahan :
- Ga bisa boncengan (fatal kalo lagi PDKT )
- Kalau hujan silahkan dinikmati (ga ada spakbor bro )
- Harus pintar memilih bengkel custom, dan selalu harus diawasi perkembangannya. bayangan cukup tiap orang beda.
Biaya Modif : Rp 5.000.000 - Rp 25.000.000/U]
Rating TS : 5 / 10
Comment TS : Kalau agan suka menjadi bahan perhatian, motor ini sangat cocok untuk agan. tapi untuk kesehariannya rada susah kayaknya yaaaa
Nama Latin: Buntutus Buntungis
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 95 %, unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki Costum sendiri atau bisa dari tangki motor batang jadul
- Swing arm musti bulat
- Cover shock depan
- Jok dibuat rata dengan adanya buntut yang dibuat dari galvanis atau fiber
- Chassis / Frame dipotong sesuai yang dibutuhkan (MUTILASI!!!! )
- Knalpot diganti knalpot racing 3/4
- Velg jari dengan balutan ban jadul (avon, , shinko, etc )
- Usahakan ban depan dan belakang sama ukurannya (kalau depan 120 ya belakang 120 atau usahakan beda 1 ukuran)
- Stang ada 2 Varian : clubman (rekomended) dan stang jepit
- Aki ditaruh didalam / dibawah jok, filter udara diganti filter racing.
Keunggulan :
- Bentuknya unik, dan mempunyai citarasa tersendiri
- Cocok untuk agan yang suka menjadi bahan perhatian
- One of a kind, kalo agan buatnya dari 0, (total custom)
Kelemahan :
- Ga bisa boncengan (fatal kalo lagi PDKT )
- Kalau hujan silahkan dinikmati (ga ada spakbor bro )
- Harus pintar memilih bengkel custom, dan selalu harus diawasi perkembangannya. bayangan cukup tiap orang beda.
Biaya Modif : Rp 5.000.000 - Rp 25.000.000/U]
Rating TS : 5 / 10
Comment TS : Kalau agan suka menjadi bahan perhatian, motor ini sangat cocok untuk agan. tapi untuk kesehariannya rada susah kayaknya yaaaa
06
Spoiler for Tipe 06:
Nama : Super Moto
Nama Latin: Belalangis Tempurulus
Penampakan :
Populasi : Motor Trail 55%, Motor Laki 30 %, Bebek 10%, unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki Trail (yang bentuknya segitiga gitu)
- Swing Arm Tebal
- Cover shock depan (khusus trail)
- Jok Rata
- Knalpot nungging (custom pipa knalpot)
- Bodyset Trail, yang klo ada buat narok nomernya lebih bagus lagi.
- Velg jari harus lebar dengan balutan ban yang lebar dan jangan menggunakan ban yang tebal (misal 120-80/17, akan lebih baik menggunakan 150-55/17 atau 130-70/17)
- Stang Fatbar
- Hand Protector dan accesoris motor trail lainnya
Keunggulan :
- All Around
- Ga usah permasalahkan jalanan rusak, genangan, banjir... HAJAR
- Bisa menjadi yang tertinggi (kalau yang terdepan kan udah pasti yam*h* hehehe)
- Untuk tikungan pun masih tergolong "enak"
Kelemahan :
- Kalau boncengan yang boncengan pahanya panas, deket knalpot
- Kalau yang punya (maaf) pendek, akan susah untuk posisi diam.
Biaya Modif : [U]Rp 10.000.000 - Rp 60.000.000/U]
Rating TS : 8 / 10
Comment TS : Untuk keseharian dan gaya motor jenis ini paling juara, mungkin yang menjadi penghalang adalah harga part-part pendukung yang masih mahal
Nama Latin: Belalangis Tempurulus
Penampakan :
Populasi : Motor Trail 55%, Motor Laki 30 %, Bebek 10%, unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki Trail (yang bentuknya segitiga gitu)
- Swing Arm Tebal
- Cover shock depan (khusus trail)
- Jok Rata
- Knalpot nungging (custom pipa knalpot)
- Bodyset Trail, yang klo ada buat narok nomernya lebih bagus lagi.
- Velg jari harus lebar dengan balutan ban yang lebar dan jangan menggunakan ban yang tebal (misal 120-80/17, akan lebih baik menggunakan 150-55/17 atau 130-70/17)
- Stang Fatbar
- Hand Protector dan accesoris motor trail lainnya
Keunggulan :
- All Around
- Ga usah permasalahkan jalanan rusak, genangan, banjir... HAJAR
- Bisa menjadi yang tertinggi (kalau yang terdepan kan udah pasti yam*h* hehehe)
- Untuk tikungan pun masih tergolong "enak"
Kelemahan :
- Kalau boncengan yang boncengan pahanya panas, deket knalpot
- Kalau yang punya (maaf) pendek, akan susah untuk posisi diam.
Biaya Modif : [U]Rp 10.000.000 - Rp 60.000.000/U]
Rating TS : 8 / 10
Comment TS : Untuk keseharian dan gaya motor jenis ini paling juara, mungkin yang menjadi penghalang adalah harga part-part pendukung yang masih mahal
UPDATE!!
07
Spoiler for Tipe 07:
Nama : Scrambler
Nama Latin: Melanglang Buanas
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 85%, Bebek 10%, unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki model CB / DS / Custom
- Swing Arm yang Tahan Banting
- Ban menggunakan yang bisa on/off-road (rada kembang tahu gitu)
- Jok Rata tapi Tebal dan Empuk
- Knalpot sebatas bawah lutut, dan menggunakan cover guard
- Bodyset tidak ada yang special kecuali dop aki, dan menggunakan Spakbor CB / Trail
- Velg jari harus besar seperti 17"~18"
- tambahan : semakin banyak dekil-dekilan bekas tanah/tanah merah lebih baik
Keunggulan :
- Pemakan segala bentuk jalanan
- Banjir? apaan tuh?
- Bagi agan yang menginginkan petualangan baru, melewati jalan yang tidak mainstream
Kelemahan :
- Harus sering cek & servis (apalagi bagian kaki-kaki)
- Mencuci akan menjadi hobby baru anda atau bahkan menjadi musuh anda
- Sensasi hawa knalpot dibagian kaki (karena knalpot dekat dengan kaki)
Biaya Modif : [U]Rp 1.500.000 - Rp 20.000.000
Rating TS : 9 / 10
Comment TS : Pengubahan bentuk yang tidak terlalu extrim dan bisa menggunakan kocek tipis, tapi masih terlihat baik untuk penggunaan keseharian
Nama Latin: Melanglang Buanas
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 85%, Bebek 10%, unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki model CB / DS / Custom
- Swing Arm yang Tahan Banting
- Ban menggunakan yang bisa on/off-road (rada kembang tahu gitu)
- Jok Rata tapi Tebal dan Empuk
- Knalpot sebatas bawah lutut, dan menggunakan cover guard
- Bodyset tidak ada yang special kecuali dop aki, dan menggunakan Spakbor CB / Trail
- Velg jari harus besar seperti 17"~18"
- tambahan : semakin banyak dekil-dekilan bekas tanah/tanah merah lebih baik
Keunggulan :
- Pemakan segala bentuk jalanan
- Banjir? apaan tuh?
- Bagi agan yang menginginkan petualangan baru, melewati jalan yang tidak mainstream
Kelemahan :
- Harus sering cek & servis (apalagi bagian kaki-kaki)
- Mencuci akan menjadi hobby baru anda atau bahkan menjadi musuh anda
- Sensasi hawa knalpot dibagian kaki (karena knalpot dekat dengan kaki)
Biaya Modif : [U]Rp 1.500.000 - Rp 20.000.000
Rating TS : 9 / 10
Comment TS : Pengubahan bentuk yang tidak terlalu extrim dan bisa menggunakan kocek tipis, tapi masih terlihat baik untuk penggunaan keseharian
Spoiler for Biasakan setelah membaca:
rate
cendol
Sumber Photo : Tempo, Asianews, Jakartapost , Economist, Return of The Cafe Racer, Google.
kalau ada waktu mungkin akan ane update yaaaa
Sekian dan terima kasih
Diubah oleh gado2lontong 29-11-2013 02:07
0
87.4K
Kutip
1.1K
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.3KThread•84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru